Apakah berat badan mempengaruhi haid

Apakah Berat Badan Mempengaruhi Haid? Ini Jawabannya

Kenaikan maupun penurunan berat badan bisa mempengaruhi banyak hal. Mulai dari perubahan metabolisme tubuh, perubahan selera makan hingga kesehatan seksual. Fokus pembahasan kali ini, mengungkap jawaban apakah berat badan mempengaruhi haid?

Beberapa dari Anda mungkin mengalami kondisi tersebut. Sering kali banyak wanita mengeluhkan siklus menstruasinya yang tidak teratur hingga haid yang tidak lancar. Untuk mengetahuinya, Anda perlu menyimak info bermanfaat berikut.

Pengaruh Perubahan Berat Badan pada Siklus Haid

Apakah berat badan mempengaruhi haid? Jawabannya iya, berpengaruh. Siklus haid yang tidak teratur patut diwaspadai oleh Anda. Karena perubahan siklus haid bisa pertanda Anda mengidap suatu penyakit yang mungkin tidak anda sadari.

Siklus menstruasi Anda teratur ketika datangnya di setiap 24 hingga 38 hari. Tapi jika siklusnya tidak menentu kadang terlalu cepat atau terlalu lambat maka bisa dikategorikan siklus haid Anda tidak teratur. 

Salah satu penyebab siklus haid tidak teratur bisa dikarenakan adanya perubahan berat badan. Perubahan berat badan disini bisa jadi kegemukan dan bisa juga karena terlalu kurus.

Suatu penelitian membuktikan bahwa ketika berat badan naik maka akan mempengaruhi produksi hormon estrogen dan progesteron. Rendahnya kedua hormon tersebut akan membuat menstruasi tidak lancar dan siklus haid berubah-ubah.

Kenaikan berat badan akan memicu resiko terjadinya sindrom ovarium polikistik atau PCOS yang berakibat pada siklus haid tidak teratur.

Tidak hanya dikarenakan berat badan yang naik sehingga siklus haid tidak menentu. Tapi juga bisa dikarenakan penurunan berat badan secara drastis. Beberapa wanita memilih diet ekstrim untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Diet yang kurang sehat seperti ini akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Termasuk di dalamnya siklus menstruasi tidak teratur. Hal ini dikarenakan produksi hormon yang berperan saat menstruasi terganggu. 

Pola Makan Untuk Menjaga Siklus Haid Teratur

Setelah tahu jawaban pertanyaan apakah berat badan mempengaruhi haid, sekarang saatnya mengetahui pola makan yang benar untuk menjaga siklus haid tetap teratur.

Agar berat badan Anda tetap ideal, siklus haid teratur, dan tubuh lebih sehat maka Anda perlu menerapkan pola makan yang baik dan teratur. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh terlalu banyak bisa mengganggu siklus haid Anda. 

Tapi terlalu membatasi konsumsi makanan saat menjalani diet juga tidak akan bagus bagi siklus haid Anda. Karena tubuh tetap butuh nutrisi dan mineral harian yang perlu Anda cukupi.

Menjaga pola makan dengan diet seimbang dan mengkonsumsi makanan kaya vitamin dan zat antioksidan bagus untuk menjaga siklus haid tetap teratur. Berikut beberapa bahan makanan yang membantu Anda menjaga siklus haid.

1. Buah dan Sayur yang Kaya Antioksidan 

Ada banyak jenis sayur dan buah-buahan segar yang kaya akan zat antioksidan. Diantaranya, Anda bisa mengkonsumsi jeruk, apel, anggur, stroberi, mangga, wortel, paprika merah, kecambah, dan lain-lain.

2. Makanan Kaya Omega 3  dan Omega 9

Wanita seringkali disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya omega 3 dan Omega 9. Senyawa tersebut banyak terkandung dalam ikan sarden, ikan tuna, kacang-kacangan, brokoli, selada, dan lain sebagainya. 

Selain menjaga siklus haid teratur, nyeri haid ketika menstruasi datang akan berkurang. Selain mengkonsumsi bahan makanan di atas, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin agar metabolisme tubuh tetap baik dan pada akhirnya siklus haid akan teratur.

Sekarang Anda sudah tahu jawaban atas pertanyaan apakah berat badan mempengaruhi haid ? Jadi, mulai sekarang Anda harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik buat tubuh.