Apakah Haid Boleh Keramas?

Apakah Haid Boleh Keramas? Simak Faktanya Disini!

Apakah haid boleh keramas – Haid atau datang bulan sudah dialami setiap wanita yang sudah baligh (dewasa). Adapun mitos tentang haid cukup banyak diperbincangkan misalnya apakah haid boleh keramas, memotong kuku, mencabut bulu ketika?

Mitos-Mitos Seputar Haid 

Banyak sekali mitos-mitos tentang haid yang bisa membuat geleng kepala. Bagaimana tidak mitos tersebut menyebar tidak berdasarkan fakta ilmiah yang kuat. Berikut beberapa mitos seputaran haid. Bagian terakhir akn terjawab apakah haid boleh keramas atau tidak sebenarnya.

1. Keramas Saat Haid Menyebabkan Kanker

Larangan keramas saat haid merupakan mitos belaka. Banyak references mengatakan bahwa tidak ada kaitannya saat datang bulan dilarang keramas. Justru para Dokter kesehatan dan kecantikan menyarankan untuk merawat rambut meskipun sedang haid.

Mitos terparah apakah keramas saat haid dapat menyebabkan kanker. Jauh sekali hubungan rambut yang berada diatas kepala dengan Rahim didalam perut wanita. Ini semua tidak benar dan tidak ada kaitannya sama sekali. Penting bahwa siklus haid yang tidak lancar dapat memicu kanker rahim. 

2. Dilarang Memotong Rambut dan Kuku Saat Haid

Apakah boleh memotong rambut saat haid? Tidak ada dalil yang shahih mengenai larangan memotong rambut dan kuku. Wanita bisa kapan saja menyisir rambut saat haid, bahkan memotongnya. Mungkin masuk akal rambut menjadi rontok saat datang bulan mempengaruhi hormon lain.

Lebih baik memangkas rambut untuk menghindari rambut semakin rontok. Permasalahan lainnya dilarang memotong kuku saat haid apakah juga mitos? Tentu saja semua ini mitos. Membersihkan kuku saat haid shah-shah saja dilakukan. 

3. Dilarang Minum Es Saat Hhaid

Tadi sudah terjawab apakah haid boleh keramas atau tidak juga sama dengan mitos yang menyebar yaitu dilarang minum es saat haid. Belum ditemukan penelitian tentang minum es saat haid dapat menyebabkan darah didalam haid dapat membeku. 

Apakah Haid Boleh Keramas atau Tidak dalam Islam?

Apakah ada dalil yang kuat ketika rambut rontok saat haid harus disimpan? Bahkan rambut tersebut harus ikut dibersihkan saat mandi hadas junub? Anda hanya perlu menemukan hadis shahih atau kuat untuk menjawab semua pertanyaan berhubungan dengan agama. 

Setiap yang berhubungan dengan najis pastinya harus dibersihkan terutama wanita muslim dapat mengikuti tata cara mandi junub dimulai dari niat hingga proses mandinya.  Hukum mandi wajib dalam islam adalah wajib. 

Cara Keramas Yang Benar Saat Haid

Menjaga keindahan bisa dengan merawatnya baik dengan produk pasaran maupun secara alami. Ini cara keramas yang benar saat haid bisa dimulai dari:

Menyisir rambut pelan-pelan dengan jari jemari. Hal ini dapat mengurangi jumlah rambut yang rontok saat haid. Lakukan ini sebelum mengeramas rambut. Bisa juga sisir yang terbuat dari kayu tidak membuat rambut mudah rontok.

  • Gunakan shower langsung ke rambut. Shower yang mengalir dengan lambat tidak membuat rambut mudah rontok. Jika tidak ada shower, bisa juga menggunakan gayung.
  • Keramaslah rambut sebaiknya dengan air dingin saja daripada air hangat. Air dingin lebih sehat dan menyegarkan untuk akar rambut.
  • Tuanglah shampoo secukupnya. Pastikan mengusap rambut dengan perlahan sesuai arahnya. Jangan mengucek rambut atau rambut akan semakin rontok pada saat ladies datang bulan.
  • Diamkan sebentar hingga shampoo menyatu dengan rambut. Dan bagian terakhir bisa menambahkan hair conditioner, lalu bisa rambut perlahan sampai bersih. 

Jangan ragu dengan pertanyaan apakah haid boleh keramas atau tidak. Pastinya setiap wanita ingin menjaga kebersihan dan kesehatan rambut apapun kondisi yang sedang terjadi.