Apakah Haid Boleh Minum Es

Apakah Haid Boleh Minum Es? Ini Faktanya

Apakah haid boleh minum es – Selama periode haid, perempuan dihadapkan pada berbagai pantangan yang harus dihindari. Hal tersebut karena anggapan bahwa berbagai pantangan itu dapat menimbulkan dampak negatif. Seperti halnya minum es, apakah haid boleh minum es?

Banyak informasi yang beredar, minum es pada saat haid dapat menyebabkan tumbuhnya kista di dalam rahim. Sebab, banyak orang menilai bahwa minum cairan dalam suhu dingin dapat membuat darah membeku. Lantas, benarkah anggapan tersebut? 

Penyebab Kista, Apakah Haid Boleh Minum Es?

Banyak wanita yang hingga kini masih bingung terkait persoalan hal-hal yang menjadi pantangan saat masa haid. Di antaranya adalah tidak boleh keramas, tak boleh berolahraga, hingga pertanyan apakah haid boleh minum es?

Faktanya, anggapan-anggapan tersebut dinilai tidak benar oleh sejumlah ahli. Minum air es saat haid tidak mempengaruhi menstruasi pada wanita. Air es juga tidak menimbulkan kista. 

Bahkan, minum air putih sangatlah dibutuhkan tubuh untuk mencegah dehidrasi. Baik air hangat maupun dingin, sebenarnya tidak berpengaruh pada menstruasi wanita. Lantas, apakah berarti minum es saat haid tak memiliki dampak pada perempuan haid?

Ini Dampak yang Ditimbulkan dari Minum Es 

Meski tak memiliki pengaruh terhadap menstruasi, minum es tetap memiliki dampak terhadap kesehatan. Walaupun sebenarnya dampak yang ditimbulkan pun tidak signifikan. Kendati demikian, sebaiknya Anda perlu  mengetahui dampak minum air dingin berikut.

1. Minum Es Dapat Sebabkan Sembelit

Alih-alih berdampak pada menstruasi, minum es justru berpengaruh terhadap laju pencernaan. Terlalu banyak mengonsumsi air dingin ternyata dapat menyebabkan sembelit. Pasalnya, air es dapat menyebabkan makanan menjadi lebih padat ketika melewati tubuh.

Selain itu, organ pencernaan, seperti usus pun akan berkontraksi ketika terlalu banyak mengkonsumsi air es. Hal tersebut mengakibatkan perlambatan laju pencernaan. 

2. Sakit Kepala 

Terlalu banyak mengonsumsi air es juga dapat mendinginkan banyak saraf sensitif pada tulang belakang. Fenomena tersebut sering dikenal dengan istilah ‘brain freeze‘. Akhirnya, proses tersebut mengantarkan sinyal ke otak dan menyebabkan sakit kepala.

3. Air Es Dapat Menumpuk Lemak

Persoalan yang satu ini barangkali sudah sering Anda dengar. Selain berpengaruh pada sistem pencernaan, ternyata minum air es juga mempengaruhi pemecahan lemak. 

Hal tersebut diakibatkan oleh suhu dingin dalam tubuh akan membuat lemak mengeras. Akibatnya, akan lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Demikian fakta seputar pertanyaan apakah haid boleh minum es? Ternyata, minum es dan haid tidak memiliki hubungan yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi siklus menstruasi wanita ataupun Kista

Lantas, Faktor Apa Saja yang Dapat Menimbulkan Kista? 

Faktanya, minum es ketika haid bukan merupakan penyebab timbulnya kista. Lalu apa penyebab kista? Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menimbulkan pertumbuhan kista.

  • Masalah hormonal
  • Infeksi dan tumor
  • Masalah genetik
  • Penyumbatan kelenjar
  • Embrio yang tidak berkembang
  • Sel yang cacat
  • Peradangan kronis dan sebagainya

Namun, Anda tetap harus tetap menjaga pola hidup sehat. Pasalnya, kista yang memiliki ukuran sangat kecil tidak menimbulkan gejala.

Ketika ukurannya kian membesar, barulah kista memiliki gejala seperti perut kembung dan membengkak. Biasanya terasa nyeri pada bagian panggul dan punggung bawah.

Itulah beberapa penyebab munculnya kista pada rahim. Jadi, minum es bukan menjadi salah satu penyebab pertumbuhan kista. Semoga pertanyaan Anda tentang apakah haid boleh minum es dapat terjawab, ya!