Apakah Investasi Crypto Aman

Apakah Investasi Crypto Aman?

Trend invesasi saat ini semakin merajalela di kalangan masyarakat dengan iming-iming keuntungan yang besar. Salah satu investasi yang banyak diminati adalah investasi crypto. Namun apakah investasi crypto aman, khususnya bagi para pemula?

Setiap investasi pasti memiliki risiko tersendiri. Investor harus memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi dalalm berinvestasi dan jangan hanya terpaku pada keuntungan besar. Pemula yang minim ilmu bisa menjadi sasaran empuk oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mengenal Crypto

Sebelum membahas mengenai apakah investasi crypto aman, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian crypto. Crypto merupakan mata uang digital yang dilindungi oleh cryptography. Cryptography sendiri merupakan sistem yang menjaga crypto dari ancaman keamanan.

Sebagai uang digital, crypto tidak memiliki bentuk fisik dan hanya bisa digunakan untuk transaksi online. Walaupun berbentuk digital uang ini sulit untuk dipalsukan karena memiliki perlindungan yang sangat ketat dari cryptography. Kalau begitu bukankah crypto itu aman?

Keamanan investasi crypto bukan hanya dilihat dari objek crypto itu sendiri namun lebih kepada risiko dari investasi tersebut. Crypto banyak diminati karena return-nya yang tinggi. Tapi dibalik hal itu, ada risiko kerugian yang tinggi pula jika tidak memahaminya.

Risiko Investasi Crypto

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan investasi adalah menimbang kemungkinan risiko yang akan didapatkan. Nah, berikut adalah risiko yang harus Anda pertimbangkan ketika akan berinvestasi crypto:

1. Kenaikan dan Perununan Nilai Tukar yang Cepat

Nilai mata uang crypto biasanya mengalami perubahan secara cepat dan terkadang ekstrim. Oleh karena itu, apabila tidak melakukan pengamatan yang baik terhadap perubahan ini, investor bisa saja salah ambil langkah dan mengalami kerugian.

Risiko ini cukup tinggi namun apabila dapat menyiasatinya dengan baik, investor akan mendapat return yang tinggi pula. Return crypto bisa tinggi apabila melakukan penjualan ketika nilai tukarnya tinggi dan melakukan pembelian ketika nilai tukarnya rendah.

2. Ancaman Kejahatan Cyber

Dengan adanya cryptography, apakah ivestasi crypto aman dari berbagai serangan hacker? Tentu kemunginan ancaman dari kejahatan cyber itu tetap ada untuk aset-aset yang berbentuk digital. Sekuat apapun keamanan akan tetap ada celah utnuk diterobos.

Kasus peretasan aset-aset cryto juga sudah pernah terjadi. Banyak investor yang telah melaporkan kehilangan aset yang dimiliki. Salah satu kasus besarnya terjadi di berbagai negara pada tahun 2019, yaitu pembobolan exchange.

3. Regulasi yang Minim

Crypto merupakan merupakan investasi yang baru di Indonesia. Belum banyak peraturan-peraturan yang membatasi transaksi investasi ini. Jika demikian, apakah investasi crypto aman? Minimnya regulasi ini menunjukan bahwa crypto memiliki risiko yang tinggi.

Bagi masyarakat awam kurang direkomendasi untuk memilih investasi ini karena risikonya yang cukup tinggi. Terlebih jika baru pertama kali terjun ke dunia investasi. Pemula lebih baik memulai investasi pada produk-produk yang memiliki kepastian hukum,

Tips Aman Berinvestasi Crypto

Di balik tingginya risiko investasi crypto, terdapat kemungkinan keuntungan yang besar pula. Investor harus pandai mengelola risiko yang ada agar tidak menjadi boomerang bagi diri sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips aman berinvestasi crypto:

  1. Bersikap tenang ketika nilai mata uang turun
  2. Tetap lakukan pengamatan dan tunggu momen yang tepat
  3. Jangan hanya terpaku pada satu jenis mata uang, pilih mata uang lain yang juga berpotensi
  4. Pahami mata uang yang telah dipilih
  5. Gunakan untuk investasi jangka panjang

Penutup

Demikianlah informasi mengenai risiko dari investasi crypto. Jadi, apakah investasi crypto aman? Iya, investasi crypto adalah investasi yang aman jika investor telah memahami investasi ini dengan baik. Selama bisa mengelola risikonya, investasi ini akan sangat menguntungkan.