aplikasi siklus menstruasi

7 Aplikasi Siklus Menstruasi Lacak Siklus Haid

Ada beberapa orang yang memerlukan aplikasi siklus menstruasi hal ini dikarenakan siklus menstruasinya setiap bulan berbeda-beda. Menstruasi merupakan salah satu keadaan yang sering dikhawatirkan oleh kaum hawa setiap bulannya. 

Menstruasi dapat membuat mood perempuan berubah-ubah apalagi ketika mengalami rasa sakit yang luar biasa di bagian perut. Oleh karena itu adanya aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengetahui kapan perubahan mood terjadi. 

Aplikasi Siklus Menstruasi

Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang akan memudahkan pengguna untuk mengetahui ovulasi, gejala dan siklus serta kesuburan seorang perempuan. Ada banyak informasi menarik lainnya yang akan Anda dapatkan dengan beberapa aplikasi berikut ini. 

1. Period Tracker Period Calendar

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan adalah period tracker period calendar. Fungsi dari aplikasi ini adalah mengetahui tanggal Anda mengalami menstruasi, ovulasi, siklus dan kemungkinan terjadinya perubahan. Terdapat beberapa fitur lain pada aplikasi period tracker period calendar.

Contoh fiturnya adalah suasana mood atau hati Anda, berat badan, gejala dan suhu tubuh. Aplikasi ini cocok sekali digunakan oleh pasangan yang baru menikah dan ingin segera memiliki buah hati dengan memanfaatkan fitur menghitung siklus haid untuk program hamil. 

2. Clue

Jika ingin mencoba aplikasi lainnya maka jawabannya adalah Clue. Clue merupakan aplikasi yang akan menginformasikan kepada Anda mengenai pola unik dalam siklus datang bulan. Clue adalah aplikasi yang bisa digunakan pada iOS dan android. 

Jurnal Obstetrics and Gynecology mengatakan bahwa Clue merupakan sebuah aplikasi pelacak siklus haid terbaik. Tidak hanya digunakan sebagai pelacak siklus menstruasi tetapi aplikasi ini juga lengkap dengan beberapa fitur seperti olahraga, mood, kesehatan dan siklus.

3. Period Dairy

Sesuai dengan namanya, salah satu aplikasi siklus menstruasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengecek siklus menstruasi. Period dairy merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Bellabeat memberikan banyak informasi menarik. 

Contohnya adalah 20 mood yang bisa Anda catat dan 30 gejala dari datang bulan. Secara umum aplikasi ini digunakan untuk menghitung berat badan, gejala datang bulan, kesuburan, suasana hati dan ovulasi dari seorang perempuan. 

4. Eve 

Eve adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat gejala sebelum menstruasi, siklus, ovulasi dan sebagainya. Hal menarik dari Eve adalah informasi yang disajikan ada dalam bentuk kuis dan Anda akan mendapatkan informasi terbaru mengenai kesehatan wanita. 

Agar tidak bosan, Anda juga bisa lho bergabung dalam komunitas-komunitas sesama perempuan untuk berbagi masalah kesehatan wanita. Tentunya Anda akan mendapatkan banyak teman baru yang menyenangkan. 

5. Period Tracker Flo

Aplikasi berikutnya bernama period tracker flo yang digunakan dalam ponsel berbasis android. Aplikasi ini dapat menjadi kalkulator menstruasi yang tepat untuk memprediksi kapan Anda mengalami menstruasi serta hari kesuburan Anda. 

Aplikasi ini cocok digunakan pada perempuan yang mengalami permasalahan dalam siklus menstruasi seperti tanggalnya tidak teratur. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai kalender kehamilan dan menstruasi untuk bulan berikutnya. 

6. My Calender

My Calender adalah aplikasi siklus menstruasi lain yang bisa Anda unduh di ponsel. Aplikasi ini dapat disesuaikan dengan pengguna baik yang mengalami menstruasi teratur atau tidak. Beberapa fiturnya adalah suasana hati, berat badan dan suhu tubuh. 

7. Glow

Terakhir adalah aplikasi bernama Glow yang akan membantu Anda untuk merekam aktivitas seksual, pengobatan pengguna, suasana hati dan gejala menstruasi. Glow juga dapat membantu Anda untuk mengatur jarak kehamilan agar bisa menghindari kehamilan. 

Penutup

Beragam aplikasi siklus menstruasi telah tersedia jadi bagi Anda yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur dapat menggunakan aplikasi ini. Anda bisa mencoba salah satu aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan.