asuransi kendaraan MSIG

Mengenal Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

Jenis-jenis asuransi yang ada saat ini sangat beragam. Salah satu jenis asuransi yang kini banyak diminati adalah asuransi kendaraan MSIG. Asuransi ini tentunya memberikan jaminan perlindungan untuk kendaraan bermotor dan pemiliknya.

Apa itu asuransi kendaraan? Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari jenis asuransi MSIG? Bagaimana cara beli dan klaim asuransi tersebut? Melalui artikel ini, mari mengenal asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas!

Pengertian Asuransi Kendaraan MSIG

Perusahaan asuransi MSIG adalah salah satu perusahaan asuransi umum yang sudah ada sejak tahun 1975. Kantor pusat PT Asuransi MSIG Indonesia berada di Jakarta. Perusahaan asuransi ini memiliki banyak jenis asuransi yang ditawarkan, baik untuk perusahaan atau individu.

Salah satu jenis produk asuransi yang ditawarkan adalah asuransi kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan MSIG adalah jenis asuransi untuk kendaraan bermotor yang dapat dimiliki oleh perseorangan/ individu maupun perusahaan.

Manfaat Asuransi Kendaraan MSIG

Asuransi mobil MSIG sebaiknya dimiliki oleh setiap orang sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir kerugian finansial ketika mobil mengalami masalah. Selain itu, memiliki jenis asuransi yang satu ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk pemiliknya.

Berikut ini manfaat dari memiliki asuransi MSIG Indonesia, yaitu:

  • Memberikan rasa tenang dan aman ketika sedang berkendara.
  • Sebagai salah satu cara dalam merencanakan keuangan.
  • Dapat bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran ketika mobil mengalami kerusakan.
  • Jaminan penggantian kerusakan rangka kendaraan karena peristiwa tidak terduga, seperti kecelakaan, benturan, tabrakan, dan lain sebagainya sesuai dengan polis yang berlaku.
  • Bermanfaat untuk mempertahankan harga mobil ketika nantinya mobil akan dijual kembali.

Kelebihan Asuransi Kendaraan MSIG

Asuransi kendaraan di Indonesia sangat beragam dan masing-masing tentu saja memiliki karakteristik serta kelebihannya tersendiri. Sebagai asuransi kendaraan terpercaya, asuransi MSIG untuk kendaraan bermotor juga memiliki banyak kelebihan.

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh asuransi MSIG untuk kendaraan bermotor, yaitu:

1. Pembelian Asuransi Mudah dan Praktis

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh jenis asuransi kendaraan ini adalah proses pembelian asuransi mudah dilakukan. Selain mudah dilakukan, proses pembelian asuransi juga dapat berlangsung dalam waktu relatif tidak lama karena prosesnya praktis atau tidak ribet.

Selain itu, harga asuransi kendaraan juga terjangkau dan tetap tidak kalah saing dengan perusahaan penyedia asuransi kendaraan lainnya. Perusahaan asuransi MSIG bahkan sering kali memberikan promo harga kepada para pembeli asuransi di waktu tertentu.

2. Cara Klaim Asuransi Mudah Dilakukan

Selain mudah dalam membeli asuransi kendaraan, cara klaim asuransi kendaraan juga mudah untuk dilakukan asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Perusahaan asuransi tentu saja tidak akan mempersulit pihak tertanggung ketika melakukan proses klaim.

Sebaliknya, perusahan asuransi akan membantu pihak tertanggung untuk mendapatkan uang santunan atau uang klaim sesuai dengan hak mereka. Proses klaim uang santunan atau jaminan asuransi juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Dijamin Keamanan dan Legalitasnya

Contoh asuransi yang aman dan terpercaya adalah asuransi dari PT Asuransi MSIG Indonesia. Perusahaan asuransi ini sudah memiliki izin resmi dan legal dalam menjalankan asuransi kendaraan dan jenis asuransi lainnya untuk masyarakat Indonesia.

Selain dijamin keamanannya, perusahan asuransi ini juga sudah sangat berpengalaman dan profesional dalam bidang asuransi. Buktinya, sejak awal berdirinya di tahun 1975, perusahaan asuransi ini masih tetap bertahan dan terus berkembang serta memiliki semakin banyak client.

4. Produk Asuransi Kendaraan Beraneka Ragam

Produk asuransi yang ditawarkan oleh MSIG memang sangat beragam. Salah satunya adalah produk asuransi kendaraan bermotor. Jenis asuransi kendaraan bermotor yang ditawarkan oleh MSIG juga beragam, baik itu untuk individu maupun perusahaan.

Jenis asuransi kendaraan untuk perorangan atau individu diajukan secara pribadi atas kendaraan bermotor yang dimilikinya. Seluruh proses pengajuan dan berbagai proses lainnya dapat dilakukan oleh individu terkait.

Sementara jenis asuransi kendaraan untuk perusahaan atau korporat diajukan oleh suatu perusahaan. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk menjamin lebih dari satu kendaraan bermotor milik perusahaan tersebut.

Review asuransi kendaraan MSIG dari setiap client baik itu perorangan maupun perusahaan pastinya bernilai positif.

Semua client yang menggunakan produk asuransi dari MSIG ini sangat puas sejak awal pembelian asuransi, proses pembayaran premi, bahkan hingga proses klaim dan mendapatkan uang santunan dari asuransi tersebut.

5. Memberikan Jaminan atau Perlindungan Terhadap Berbagai Risiko

Asuransi kendaraan MSIG sebagai jenis asuransi kendaraan terbaik tentunya memberikan berbagai jaminan atas risiko yang terjadi terhadap kendaraan maupun pemiliknya. Kelebihan dari asuransi kendaraan yang satu ini memberikan banyak keuntungan bagi pemilik asuransi.

Apa saja jaminan yang diberikan oleh pihak MSIG selaku perusahaan penyedia asuransi kendaraan? Berikut ini jaminan yang diberikan oleh pihak MSIH kepada pihak tertanggung atas asuransi kendaraan yang dimilikinya, yaitu:

5.1 Jaminan Kendaraan Rusak

Anda pastinya tidak akan pernah tahu kejadian apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bisa jadi ketika sedang berkendara, tiba-tiba kendaraan yang dikemudikan mengalami kecelakaan ringan maupun berat.

Kecelakaan ini dapat menyebabkan kerusakan ringan maupun parah pada kendaraan. Tentu saja diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk kembali memperbaiki kendaraan yang rusak.

Ketika kendaraan memiliki asuransi, maka pihak asuransi akan memberikan jaminan perbaikan kerusakan kendaraan. Seluruh biaya kerusakan kendaraan tersebut akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Pihak perusahaan asuransi juga akan mengurus segala keperluan dengan bengkel rekanan MSIG ketika proses perbaikan dilakukan hingga akhirnya mobil dapat digunakan kembali.

Selain kerusakan akibat kecelakaan, pihak asuransi MSIG juga akan memberikan jaminan perbaikan ketika kendaraan mengalami kerusakan karena kerumunan demo atau huru hara yang tiba-tiba terjadi.

5.2 Jaminan Kendaraan Hilang

Ketika sedang berada di tempat umum, mungkin Anda perlu meninggalkan kendaraan karena urusan tertentu. Pastinya Anda sudah memarkirkan kendaraan dan mengunci kendaraan dengan sebaik mungkin.

Namun, bisa jadi kejadian pencurian mobil secara paksa dapat terjadi apalagi di tempat asing dan sepi yang belum Anda kenal. Mobil pun hilang dicuri tanpa disengaja. Tentunya kejadian pencurian atau hilangnya mobil ini akan memberikan kerugian yang besar bagi Anda.

Ketika mobil hilang tanpa sengaja, Anda sebagai pemilik kendaraan dapat mendapat jaminan ganti rugi dari pihak penanggung atau perusahaan asuransi.

5.3 Jaminan Biaya Kecelakaan untuk Korban

Selain menanggung biaya perbaikan kendaraan yang rusak karena kecelakaan, pihak asuransi juga akan memberikan jaminan biaya kecelakaan mobil bagi korban kecelakaan. Seluruh proses pengobatan akan dibayarkan oleh pihak asuransi.

5.4 Jaminan Kendaraan Mengalami Mati Total

Asuransi kendaraan MSIG juga memberikan jaminan terhadap kendaraan yang mengalami mati mesin secara total. Pada umumnya, banyak alasan yang dapat membuat mesin mobil mati total, seperti turun mesin dan penyebab lainnya.

Pihak asuransi akan menanggung semua biaya perbaikan atas kerusakan mati total yang terjadi pada mobil tersebut. Pihak asuransi juga akan bekerja sama dengan pihak bengkel terpercaya untuk memperbaiki kendaraan tersebut.

Cara Beli Asuransi Kendaraan MSIG

Asuransi kendaraan bermotor yang ditawarkan oleh PT Asuransi MSIG Indonesia memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan asuransi kendaraan lainnya. Pastinya semua kelebihan tersebut membuat Anda tertarik untuk segera melakukan pembelian asuransi, bukan?

Sebelum membeli asuransi kendaraan, sebaiknya Anda memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut ini beberapa ketentuan dan  syarat pengajuan asuransi yang harus dipenuhi ketika akan membeli asuransi kendaraan, yaitu:

  • Fotokopi STNK, SIM, dan juga kartu identitas diri atau KTP.
  • Mengisi semua formulir pembelian asuransi secara lengkap dan benar. Artinya, semua informasi harus diberikan secara jujur tanpa ada kekeliruan atau manipulasi yang disengaja.

Itulah dua syarat utama yang perlu dipersiapkan. Selain itu, pada umumnya masih ada beberapa dokumen yang perlu dilampirkan sebagai syarat pengajuan asuransi. Anda dapat langsung menghubungi pihak Call Center MSIG untuk mendapatkan informasi lengkap tentang syarat dan ketentuan tersebut.

Setelah mempersiapkan semua syarat, dokumen, dan ketentuan lainnya yang diperlukan, maka Anda bisa langsung melakukan pembelian asuransi. Anda dapat membeli asuransi kendaraan dengan datang langsung ke kantor pusat, kantor cabang, atau kantor perwakilan MSIG.

Sebaiknya, hubungi dulu pihak call center asuransi MSIG untuk memastikan kembali lokasi kantor yang dapat didatangi untuk mengurus pembelian asuransi. Anda bisa datang ke kantor terdekat dan mengurus pembelian asuransi secara langsung.

Selain datang ke kantor MSIG, pembelian asuransi kendaraan juga dapat dilakukan secara online. Proses pembelian asuransi kendaraan yang satu ini lebih praktis dan efisien karena Anda tidak perlu datang langsung ke kantor MSIG.

Proses pembelian asuransi kendaraan MSIG secara online dapat dilakukan melalui website resmi dari PT Asuransi MSIG Indonesia. Anda hanya perlu mengisi formulir online dengan data yang lengkap. Nantinya pihak perusahan asuransi akan melakukan survei.

Cara Pembayaran Iuran atau Premi Asuransi Kendaraan

Setelah resmi melakukan pembelian asuransi kendaraan MSIG, Anda harus membayar uang iuran atau premi sesuai kesepakatan atau polis yang sudah ditandatangani bersama. Besarnya premi yang harus dibayarkan tergantung kemampuan dan tingkatan premi yang dipilih oleh Anda.

Pastikan untuk membayar premi tepat waktu setiap bulannya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Proses pembayaran premi asuransi kendaraan dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang MSIG tersekat.

Selain itu, proses pembayaran iuran premi asuransi kendaraan juga dapat dilakukan dengan cara transfer bank. Anda bahkan bisa memilih sistem pembayaran autodebet, sehingga setiap bulannya uang di rekening bank akan terpotong secara otomatis untuk pembayaran asuransi.

Ketika melakukan pembayaran premi asuransi dengan tepat waktu dan tidak pernah mengalami masalah, maka Anda pun akan mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut dengan optimal. Asuransi kendaraan memang menguntungkan bagi pihak tertanggung dan pihak penanggung. 

Cara Melakukan Klaim

Ketika suatu kejadian tidak terduga terjadi secara mendadak, mungkin Anda memerlukan biaya santunan untuk kendaraan, seperti biaya perbaikan kendaraan yang mengalami kerusakan. Biaya tersebut dapat diperoleh dari pihak perusahaan asuransi kendaraan.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu melakukan klaim uang asuransi kendaraan kepada pihak perusahaan penyedia asuransi. Berikut ini adalah cara klaim uang asuransi kendaraan MSIG, yaitu:

1. Memberi Informasi kepada Perusahaan Asuransi

Langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah memberikan kabar atau informasi kepada pihak perusahaan asuransi. Informasi atau kabar yang disampaikan mengenai terjadinya kejadian tidak terduga yang menimpa Anda ketika sedang mengemudi.

Oleh karena itu, Anda harus menyimpan nomor call center MSIG agar dapat dihubungi sewaktu-waktu. Anda bisa menghubungi melalui nomor telepon 021 1500 674. Pastikan untuk memberikan informasi lengkap terkait data diri Anda dan mobil yang diasuransikan.

2. Mengumpulkan Informasi sebagai Syarat Pengajuan Klaim

Setelah memberikan kabar kepada pihak MSIG, call center MSIG akan memberikan informasi dan pengarahan tentang data-data yang diperlukan untuk melakukan proses pengajuan klaim. Catat informasi tersebut dengan sebaik-baiknya agar proses klaim dapat berjalan dengan mudah.

Beberapa informasi atau data yang perlu dikumpulkan untuk persyaratan klaim asuransi kendaraan, yaitu:

  • Foto tempat kejadian kecelakaan dan foto bagian-bagian kendaraan yang mengalami kerusakan atau hilang. Pastikan untuk mendapatkan foto yang detail, lengkap, dan tidak buram.
  • Siapkan berbagai dokumen yang Anda miliki sebagai pengemudi dan pemilik kendaraan. Misalnya, kartu identitas diri, SIM, STNK, nomor ponsel, dan berbagai data lainnya.
  • Minta tolong kepada para saksi mata agar bersedia memberikan saksi atau informasi. Pastikan untuk mencatat nama, alamat, dan nomor telepon dari beberapa saksi mata yang menyaksikan kecelakaan yang Anda alami.
  • Ketika memerlukan truk derek, maka pastikan untuk menggunakan penyedia truk derek yang resmi.
  • Bawa mobil ke bengkel yang sudah bekerja sama dengan pihak penyedia jasa asuransi kendaraan MSIG.

3. Memberi Laporan Kejadian secara Detail dan Rinci

Laporkan kejadian secara mendetail ketika bertemu perwakilan dari pihak asuransi MSIG. Laporan kejadian tersebut harus lengkap dan rinci tanpa ada sesuatu yang ditambah-tambahi atau dimanipulasi. Oleh karena itu, berikan bukti berupa foto dan saksi mata kejadian tersebut.

Pastikan juga untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pihak asuransi secara detail agar proses klaim asuransi dapat dengan cepat ditangani.

Call Center Asuransi Kendaraan MSIG di Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik yang ada di Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap client. Perusahaan ini selalu memberikan produk asuransi yang beragam dan berkualitas.

Selain itu, MSIG juga memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk setiap client. Salah satu bentuk layanan terbaik yang dapat diberikan adalah memberikan kemudahan kepada setiap client untuk menghubungi Call Center MSIG.

Anda dapat menghubungi Call Center MSIG melalui beberapa kontak telepon di bawah ini, yaitu:

  • Hunting: 021 252 3110
  • Fax: 021 252 6761
  • General: 021 5206 040
  • Production: 021 252 4309
  • Claim: 021 252 4048 atau 021 252 4083

Selain itu Call Center MSIG juga dapat dihubungi melalui e-mail ke msig@id.msig-asia.com. Anda juga bisa datang langsung ke kantor pusat yang ada di Summitmas II Building 15th Floor di Jalan Jenderal Sudirman Kav 61-62, Jakarta.

Selain itu, informasi lebih lengkap tentang PT Asuransi MSIG Indonesia dan semua produk asuransi yang ditawarkannya dapat diperoleh langsung melalui website resmi. Website resmi PT Asuransi MSIG Indonesia adalah https://www.msig.co.id/.

Asuransi kendaraan MSIG merupakan jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor, seperti mobil. Jenis asuransi ini tentunya akan memberikan banyak manfaat dan jaminan ketika terjadi peristiwa tidak terduga yang menimpa kendaraan dan pengemudinya.