atlet indonesia yang mendunia_

Daftar Nama Atlet Indonesia Yang Mendunia 

Jumlah penduduk Indonesia yang besar, ternyata di sisi lain membawa banyak sekali keuntungan. Salah satunya yaitu kalangan usia muda yang sedang berada di masa produktif mampu untuk mengharumkan nama bangsa menjadi atlet Indonesia yang mendunia.

Kalangan atlet ini bertanggung jawab menjadi wakil negara pada banyak ajang internasional dan mampu menyabet banyak gelar prestasi. Oleh karena itu Indonesia pernah dijuluki sebagai macan Asia oleh dunia, berkat banyaknya prestasi tersebut.

Jika Anda ingin tahu siapa saja nama atlet Indonesia yang mendunia dari berbagai cabang olahraga mulai dari lari hingga renang, silahkan simak uraiannya berikut ini.

Cabang Olahraga Lari

Ada banyak atlet Indonesia yang mendunia berasal dari cabang olahraga lari. Berikut ini beberapa nama yang unggul pada salah satu cabang olahraga atletik ini. 

1. Mohammad Sarengat

atlet Indonesia yang mendunia cabang lari yang pertama bernama Mohammad Sarengat. Mohamad Sarengat ini pernah menorehkan prestasi dengan meraih medali pada perhelatan akbar Asian Games di tahun 1962. 

Saat itu atlet kelahiran tahun 1939 ini berhasil mengokohkan dirinya untuk menjadi pelari paling cepat di Asia Tenggara. Prestasi itu diraih pada lari 100 meter.

Hebatnya lagi, rekor Sarengat dapat dipertahankan hingga tahun 1987. Artinya selama 25 tahun rekornya tak terpecahkan.

2. Purnomo

Berikutnya, atlet Indonesia yang mendunia adalah Purnomo. Atlet lari yang lahir pada tahun 1962 ini merupakan satu-satunya pelari asal Asia yang mengikuti Olimpiade pada tahun 1984.

Bukti kehebatan Purnomo di kancah internasional ini dicapai dengan mendapatkan sebutan sebagai pelari cepat di Asia pertama yang bisa masuk semifinal. Hal itu Purnomo dapatkan pada jenis cabang lari 60 M dan 200 M. Bisa dibilang saat itu Purnomo adalah penerus Mohammad Sarengat.

3. Mardi Lestari

Yang tak kalah heboh sebagai atlet lari Indonesia yang mendunia di kancah internasional adalah Mardi Lestari, seorang atlet kelahiran 1968. Pada 1988, Mardi Lestari berhasil masuk Olimpiade tingkat semifinal yang diadakan di Seoul, Korea Selatan dan mengalahkan rekor Purnomo.

Capaiannya sebagai pelari tercepat se-Asia Tenggara didapatkan dengan waktu lari 10,2 detik, pada jenis lari 60 meter. Sedangkan pada jarak 200 meter, rekor Mardi di angka 21,47 detik. Gelar tak terpecahkan hingga 20 tahun lamanya lho. 

4. Suryo Agung Wibowo

Atlet atletik kelahiran Surakarta tahun 1983 yang bernama Suryo Agung Wibowo ini merupakan pemecah rekor Mardi Lestari. Torehan waktu 10,17 detik dihasilkan Suryo Agung Wibowo pada event SEA Games 2009. 

Bahkan pada kesempatan yang sama Suryo juga mampu memecahkan rekor milik Nakhon Ratchasima sehingga dinobatkan sebagai pelari tercepat se-Asia Tenggara pada saat itu.

5. Dedeh Erawati

Dedeh Erawati adalah atlet Indonesia yang mendunia dan asalnya dari Jawa Barat. Prestasi spektakulernya ditorehkan saat mampu menjadi atlet lari Indonesia satu-satunya yang maju pada kejuaraan Atletik Grand Prix Asia pada 2006-2011. 

Prestasi Dedeh sebelumnya adalah memecahkan rekor nasional pada nomor lari 100 meter gawang putri pada tahun 2005. Kemudian Dedeh mampu mencapai garis finish dalam waktu 13,20 detik saat bertanding di Asian Games di Guangzhou, China pada 2010.

6. Lalu Muhammad Zohri

Atlet Indonesia yang mendunia berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini bernama Lalu Muhammad Zohri. Pada usianya yang baru menginjak 21 tahun. Zohri, mampu untuk bersaing pada berbagai ajang bergengsi dunia IIAF World U-20 Championships 2018 lalu.

Kemudian di Seiko Golden Grand Prix 2019 di Osaka, Jepang, Zohri mampu menyabet peringkat ketiga. Kemenangannya itu membawanya untuk ikut berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Namun sayangnya Zohri gagal untuk mempersembahkan medali.

Cabang Olahraga Bulu Tangkis

Tak hanya pada cabang olahraga lari, atlet Indonesia yang mendunia juga diraih anak bangsa lewat cabang olahraga bulu tangkis. Bahkan pada cabang olahraga ini nama Indonesia sempat menjadi buah bibir dunia. 

Berikut ini beberapa nama atlet yang mengharumkan nama Indonesia pada kancah internasional melalui berbagai event kejuaraan bergengsi.

1. Alan Budikusuma

Dari dunia bulu tangkis, nama atlet Indonesia yang mendunia contohnya adalah Alan Budi Kusuma. Debut Alan dimulai pada saat bergabung dengan PB Djarum pada tahun 1986. Ada banyak sekali torehan emas yang dimiliki Alan, antara lain adalah:

  • Juara pada Indonesia Open 1993.
  • Juara pertama pada Thomas Cup 1996.
  • Meraih medali emas di Olimpiade 1992 di Barcelona.

Selain itu Alan Budi Kusuma juga menjuarai banyak turnamen lain semisal Thailand Open, Dutch Open, dan German Open.

3. Rudy Hartono

Nama atlet bulu tangkis yang juga ikut mengharumkan nama Indonesia di berbagai kancah perbulutangkisan internasional adalah Rudy Hartono. Bisa dibilang nama yang satu ini adalah pelopor legendaris yang mampu membuat bulu tangkis Indonesia disegani oleh dunia.

Torehan emas Rudi Hartono di dunia internasional dimulai tahun 1968 dengan menjadi satu-satunya atlet yang meraih juara sebanyak 7 kali di tahun 1968 hingga 1974.

Selain itu Rudi juga termasuk tim Thomas Cup Indonesia yang menang 6 kali berturut-turut dari tahun 1970-1982. 

4. Susi Susanti

Berikutnya adalah atlet bulu tangkis wanita yang juga ikut mengharumkan nama Indonesia, yaitu Susi Susanti. Susi Susanti merupakan deretan atlet perempuan paling sukses sepanjang sejarah bulutangkis.

Berikut deretan prestasi yang diraih Susi sebagai atlet wanita Indonesia:

  • Juara Sudirman Cup
  • Juara Uber Cup selama 2 kali.
  • Juara Dunia 6 kali.
  • Meraih medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona.

5. Liem Swie King

Liem Swie King adalah atlet Indonesia yang mendunia jaman dulu. Debutnya dimulai saat bergabung dengan PB Djarum pada 1979. Masuk ke dalam deretan 10 nama atlet Indonesia yang sukses mendunia, berikut ini daftar prestasi yang diraihnya:

  • Juara Thomas Cup pada 1976, 1979, dan 1984.
  • Juara All England pada 1978, 1979, dan 1981.

6. Taufik Hidayat

Berikutnya ada nama Taufik Hidayat yang masuk ke dalam jajaran atlet indonesia yang mendunia dan ganteng. Atlet pria Indonesia ini banyak menorehkan berbagai prestasi bulu tangkis internasional melalui:

  • Juara Dunia.
  • Peraih medali emas pada event Olimpiade tahun 2004 di Athena.
  • 3 kali kemenangan pada even Juara Asia.
  • 3 kali kemenangan pada event Asian Games.
  • 2 kali meraih juara pada ajang bergengsi internasional, Thomas Cup.

10. Jonathan Cristie

Jonathan Cristie adalah salah satu nama atlet Indonesia yang mendunia jaman sekarang dari cabang olahraga bulu tangkis alias badminton. Jonathan Cristie atau yang lebih dikenal sebagai Jojo adalah atlet terkenal di Indonesia dengan segudang prestasi internasional.

Jojo mulai berlatih olahraga bulu tangkis sejak usia 6 tahun. Prestasinya dimulai saat Jojo berhasil meraup 7 piala pada berbagai kejuaraan. Kejuaraan yang diikutinya tersebut sangat beragam, mulai dari tingkat provinsi, nasional, hingga internasional di usia 11 tahun. 

Prestasi gemilang diteruskan Jojo saat mampu menjadi juara di Indonesia International Challenge 2013, pada usia 15 tahun. Kemudian pa tahun-tahun berikutnya semakin banyak prestasi internasional yang diraihnya.

Cabang Olahraga Wushu

Nama atlet Indonesia yang mendunia juga ada yang berasal dari cabang olahraga Wushu. Dua nama atlet Wushu yang terkenal adalah:

1. Edgar Xavier Marvelo 

Nama Edgar Xavier Marvelo dikenal masyarakat tanah air ketika mampu meraih medali emas pertama pada event Asian Games 2018 di Jakarta untuk kontingen Indonesia. 

Kemudian setahun sesudahnya, yaitu 2019, Edgar kembali menyumbangkan dua medali emas pada event bergengsi tingkat regional, SEA Games. Masih di tahun 2019, prestasi gemilang kembali didapatkannya.

Prestasi Edgar tersebut didapat setelah mampu menjuarai panggung Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di Shanghai, Tiongkok. Pada saat itu Edgar menjadi pengumpul poin tertinggi yaitu sebanyak 9,663 poin. 

2. Lindswell 

Berikutnya ada Lindswell Kwok yang merupakan atlet Indonesia yang mendunia dan lolos piala dunia, juga dari cabang olahraga Wushu. Prestasi tersebut didapatkannya pada nomor Taijiquan di Kejuaraan Dunia Wushu 2017 yang berlangsung di Kazan, Rusia.

Cabang olahraga Tinju

Dari cabang olahraga tinju, ada juga beberapa nama atlet Indonesia yang mendunia. Terhitung ada 7 nama petinju yang pernah menang dalam ajang kejuaraan dunia dari tanah air. Nama-nama atlet tinju yang mengharumkan nama Indonesia tersebut adalah:

1. Ellyas Pical

Atlet Indonesia yang mendunia dan sangat terkenal dari cabang olahraga Tinju adalah Ellyas Pical. Ellyas  merupakan petinju pertama Indonesia yang mampu untuk meraih gelar juara dunia pada kelas bantam junior IBF. Gelar juara tersebut disandang pada tahun 1985-1987.

2. Nico Thomas

Nico Thomas adalah salah satu atlet terkenal di dunia dari cabang olahraga Tinju yang dimiliki Indonesia. Petinju yang berasal dari Ambon ini mampu menobatkan diri sebagai juara pada kelas terbang mini IBF pada tahun 1989.

3. Suwito Lagola

Selanjutnya masih dari cabang olahraga Tinju ada nama Suwito Lagola. Petinju yang berasal  dari Provinsi Sumatera Utara ini meraih gelar dunia pada tahun 1995 hingga 1997. Pada saat itu Suwito menjadi juara di kelas welter WBF. 

4. Chris John

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan nama Chris John bukan? Petinju yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah ini merupakan petinju Indonesia terlama yang mampu untuk mempertahankan gelar juaranya.

Chris John tercatat sebagai penyandang gelar juara dunia pada kelas bulu WBF dari tahun 2003 hingga tahun 2013. Ini artinya Chris John memegang gelar juara dunianya selama 10 tahun berturut-turut.

Cabang Olahraga Renang

Nama atlet Indonesia yang mendunia lainnya berasal dari cabang olahraga renang. Beberapa nama atlet renang Indonesia yang harum namanya pada kancah event internasional adalah sebagai berikut:

1. Elfira Rosa Nasution

Debut Elfira Rosa Nasution dimulai pada saat berhasil mencatat prestasi spektakuler di cabang olahraga renang pada tahun 1989. Pada saat itu Elfira mampu untuk memecahkan 8 rekor tingkat nasional sekaligus pada perlombaan PON (pekan olahraga nasional) di Jakarta. 

Prestasi berikutnya yang diraih Elfira didapatkan saat mampu meraih beberapa medali pada kancah Sea Games dan Asian Games. Selain itu Elfira pernah menjadi Atlet Terbaik Nasional SIWO/PWI Jaya pada tahun 1980, 1981 dan 1983.

Hal tersebut Elfira raih melalui persembahan 9 medali emas yang didulangnya pada berbagai kejuaraan antar klub di Jakarta tahun1983. Kemudian pada PON XI di  Jakarta tahun 1985, Elfira mendapatkan 8 emas dan 2 perak.

2. Yessy V Yosaputra

Atlet Indonesia yang mendunia dari cabang olahraga renang lainnya adalah Yessy V Yosaputra. Yessy merupakan atlet kelahiran 27 Agustus 1994. Di usianya yang ke 17 tahun, Yessy mampu memecahkan rekor di ajang perlombaan Sea Games tahun 2011. 

Saat itu Yessy Yosaputra berhasil memecahkan rekor yang telah bertahan tak dapat terpecahkan selama 18 tahun. Tentu saja ini adalah sebuah prestasi yang sangat mengagumkan dan luar biasa baik bagi Indonesia maupun Yessy sendiri.

Ingin tahu detail dari daftar prestasi yang dimiliki Yessy? Yuk intip detailnya di bawah ini.

  • Peringkat 3, pada nomor 100 meter gaya bebas di Horizon Cup tahun 2001. 
  • Menduduki peringkat pertama di Kejurnas Renang 2007, pada lomba renang nomor 100 meter gaya punggung, pada kelompok usia IV.  
  • Meraih medali perak pada nomor 10.000 meter pada event Asian Beach Games tahun 2010 yang diadakan di Oman. 
  • Mendapatkan medali emas kembali pada lomba renang nomor 200 meter gaya punggung yang digelar pada perayaan SEA Games tahun 2011.  
  • Peraih medali Perunggu 4 x 200 m estafet, gaya bebas putri pada SEA Games tahun 2011.

Cabang Olahraga Pencak Silat

Cabang olahraga pencak silat adalah salah satu cabang olahraga yang berasal asli dari Indonesia. Cabang olahraga ini pun sudah cukup dikenal dan diminati oleh banyak kalangan di dunia. 

Indonesia sebagai pewaris asli tentu ingin menjadi yang terbaik. Apalagi cabang olahraga Pencak Silat menjadi salah satu cabang olahraga wajib yang dipertandingkan di Asian Games dan SEA Games. Berikut ini beberapa atlet Indonesia yang mendunia dari cabor Pencak Silat.

1. Puspa Arumsari

Puspa Arumsari adalah salah satu nama atlet pencak silat perempuan dari Indonesia yang pernah meraih medali emas. Saat itu Puspa Arumsari mendapatkan emas dari Asian Games 2018. Medali emas tersebut Puspa dapatkan melalui spesialisasi seni di kelas tunggal putri. 

2. Pipiet Kamelia

Pipiet Kamelia juga sukses membawa pulang medali emas dari ajang Asian Games 2018. Saat itu Pipiet Kamelia berhasil mengalahkan wakil Vietnam, Nguyen Thi Cam Nhi sehingga menjadikan nama Indonesia harum.

3. Sarah Tria Monita

Masih berupa torehan medali emas dari perhelatan akbar Asian Games 2018, muncul nama Sarah Tria Monita. Pada saat itu Sarah merupakan salah satu pesilat perempuan peraih medali emas di kelas C putri. 

Sebelumnya, yaitu tahun 2016 Sarah juga meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat di tahun 2016

4. Wewey Wita

Atlet dari cabang olahraga pencak silat perempuan Indonesia lainnya adalah Wewey Wita. Wita di tahun 2018, mampu untuk ikut menyumbang emas bagi tanah air melalui ajang pencak silat di Asian Games 2018. 

Pada saat itu Wita meraih medali emasnya melalui pertandingan di kelas B putri (50-55 kg). Pada saat itu Wita mampu mengalahkan Thi Them Tran yang merupakan anggota kontingen dari Vietnam, pada partai final.

Demikianlah daftar nama atlet Indonesia yang mendunia mulai dari cabang olah raga lari hingga pencak silat, semoga menginspirasi ya!