Cara Klaim Asuransi Mobil TLO Dan All Risk dengan Mudah

Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu mengetahui cara klaim asuransi mobil jika terjadi masalah yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan yang seperti kita tahu saat ini sering terjadi dan akan terus meningkat resikonya karena ketidakdisiplinan pada aturan lalu lintas.  

Itulah sebabnya Asuransi bisa jadi pelindung jika suatu saat mengalami masalah pada mobil, seperti kecelakaan atau kerusakan. Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan jika ingin mengajukan klaim asuransi mobil karena kesalahan sendiri atau karena sebab lainnya. 

Jenis Asuransi Mobil

Sebelum membahas tentang cara klaim asuransi mobil, simak jenis asuransi mobil yang bisa Anda gunakan, jika Anda mengalami masalah terkait mobil Anda seperti berikut ini: 

1. All Risk

Jenis asuransi mobil All Risk memiliki arti harfiah “semua risiko”. Asuran ini adalah metode klaim asuransi mobil, di mana perusahaan asuransi  membayar semua jenis klaim, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat dan kerugian. 

Anda dapat sepenuhnya melindungi mobil kesayangan Anda dengan membayar premi asuransi berjangka waktu tetap yang  ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Jenis asuransi ini sangat cocok untuk mobil atau kendaraan bernilai tinggi. 

Jika Anda hanya memiliki goresan, jenis asuransi All Risk bisa jadi cara klaim asuransi mobil lecet. Tentu saja, manfaat asuransi mobil sangat lengkap terhadap berbagai risiko sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengambil asuransi mobil dengan risiko Anda sendiri. 

Selain itu, jenis asuransi ini juga mencakup klaim dari asuransi kewajiban kendaraan bermotor.

2. TLO (Total Loss Only)

TLO atau Total Loss Only memiliki arti harfiah “(jika) kerugian total saja”. Artinya, klaim asuransi hanya dapat dilakukan jika terjadi “kerugian total”. Asuransi kendaraan memahami bahwa kerugian total adalah ketika kendaraan rusak lebih dari 75%.

TLO bisa jadi cara klaim asuransi mobil hilang karena pencurian atau penyitaan. Jenis asuransi mobil ini tidak dapat diklaim jika kerusakan yang terjadi kurang dari ketentuan yang ditentukan. Mobil sudah pasti tidak bisa digunakan kembali, sehingga diberi patokan 75%. 

Cara Klaim Asuransi Mobil 

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil di atas, maka Anda sudah bisa menentukan akan mengajukan klaim asuransi mobil yang mana dengan cara klaim asuransi mobil seperti berikut ini: 

1. Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Anda mungkin saja mengalami mobil lecet yang bisa sangat merugikan. Maka Anda bisa melakukan klaim asuransi mobil lecet seperti berikut ini: 

a. Melapor ke Pihak Asuransi

Pertama, Anda perlu mengajukan klaim  untuk mobil lecet ke pihak asuransi. Hubungi langsung pihak asuransi saat mobil mengalami lecet tersebut. Jangan lupa dokumentasi bagian mobil yang mengalami kelecetan untuk proses klaim berikutnya. 

b. Lampirkan Bukti Foto Bagian Mobil yang Lecet

Berdasarkan hasil dokumentasi foto bagian mobil yang lecet ini bisa dilampirkan saat mengajukan klaim asuransi sebagai bukti pelaporan. Foto tersebut jadi syarat yang harus Anda punya jika ingin pengajuan asuransi mobil Anda diterima. 

c. Siapkan Dokumen

Cara mendapatkan asuransi mobil yang lecet berikutnya adalah menyiapkan dokumen. Antara lain seperti fotokopi STNK, Fotokopi SIM, formulir klaim asuransi, fotokopi polis asuransi mobil dan surat keterangan polisi yang menyatakan bahwa mobil Anda mengalami kelecetan. 

d. Isi Form Pengajuan Klaim Mobil Lecet

Setelah semua dokumen yang disebutkan di atas sudah siap, maka Anda sudah bisa mengajukan klaim asuransi. Selanjutnya isi formulir untuk pengajuan asuransi yang sudah disiapkan pihak asuransi. Baik secara online atau datang langsung ke kantor asuransinya. 

e. Beri Informasi Tentang Kronologi Kejadian

Setelah itu pihak asuransi akan menanyakan kronologi kejadian mobil Anda bisa lecet. Maka Anda bisa memberi mereka informasi tentang kronologi yang terjadi dengan jujur dan detail  agar pengajuannya klaimnya bisa diterima dengan mudah. 

f. Perhatikan Proses Pengajuan Klaim Sampai Selesai

Biasanya, pihak asuransi tidak akan langsung memberi keputusan diterima atau ditolak. Maka Anda perlu memantaunya melalui aplikasi resmi mereka atau bisa langsung menghubungi customer service mereka untuk memastikannya. 

g. Libatkan Jasa Bengkel Rekanan

Setelah pengajuan klaim asuransi sudah diterima, maka datanglah ke bengkel rekanan pihak asuransi yang bersangkutan. Selanjutnya bengkel akan melakukan perbaikan sesuai yang disetujui oleh pihak asuransi. 

2. Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Lalu bagaimana cara klaim asuransi mobil kredit? apakah bisa mengajukan klaim asuransi? Jawabanya bisa Anda baca penjelasan berikut ini: 

a. Lapor Jika Ada Kerusakan

Dalam jangka waktu pinjaman tetap ada resiko berbagai kerusakan. Pemilik mobil kredit yang ingin mengklaim asuransi harus segera melaporkan kerusakan tersebut kepada perusahaan asuransi. Tunjukan juga kronologi kejadian sehingga mobil bisa rusak.

b. Siapkan Dokumen

Siapkan dokumen yang sesuai dengan ketentuan klaim asuransi mobil penerbit. Dokumen untuk klaim asuransi  kredit antara lain  fotokopi STNK, polis asuransi mobil, fotokopi SIM Anda, dan surat keterangan  polisi bahwa mobil Anda rusak lebih dari 70%. 

c. Ajukan Klaim Digital

Saat ini klaim asuransi mobil  bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan mengajukan klaim perlindungan  mobil secara online. Sudah banyak polis asuransi yang menawarkan cara klaim asuransi mobil melalui satu aplikasi untuk mempermudah proses klaim kerusakan mobil.

d. Pantau Proses Pengajuan Klaim dari Aplikasi

Setelah proses pengajuan berhasil, pastikan Anda terus memantau perkembangan penagihan. Anda dapat memeriksa kemajuan aplikasi menggunakan formulir aplikasi yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Sehingga tidak perlu bolak-balik ke kantor asuransi.

e. Mendatangi Kantor Asuransi

Tidak semua orang yang mengklaim asuransi mobil melalui aplikasi berhasil dan diterima. Jika laporan kerusakan aplikasi tidak  diproses atau  gagal, satu-satunya cara yang tersisa adalah pergi langsung ke kantor asuransi.

3. Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Cara klaim asuransi mobil selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara klaim asuransi mobil kecelakaan atau bisa dalam bentuk apapun, alias All Risk seperti berikut ini: 

a. Lampirkan Foto Klaim Bagian Mobil yang Rusak

Jika Anda ingin mengambil asuransi mobil all-risk, Anda harus mencatat kerusakan minimum terlebih dahulu. Segera laporkan kerusakan tersebut kepada perusahaan asuransi dengan memberikan foto bukti kerusakan dan dokumen-dokumen yang diperlukan. 

b. Hubungi Agen Asuransi Jika di Luar Kota

Pengajuan asuransi mobil all risk tidak harus dilakukan di kota tempat Anda mengajukan asuransi. Namun, Anda dapat melakukan cara mengajukan klaim asuransi mobil meskipun Anda berada di luar kota atau mobil Anda rusak.

c. Isi Form Pengajuan Klaim yang Ada di Bengkel

Setelah dirujuk ke reparasi untuk klaim asuransi Anda, isi formulir klaim yang tersedia dari reparasi. Ingatlah untuk membawa dokumen yang diperlukan nanti untuk persyaratan  mobil all-risk.

d. Konfirmasi Klaim Pada Pihak Asuransi

Jika aplikasi dan persyaratan terpenuhi, pihak bengkel akan mengirimkan konfirmasi ke agen asuransi. Bengkel akan dengan cepat memperbaiki mobil yang rusak. Klaim asuransi mobil ini memungkinkan pemegang polis untuk mengklaim dengan mudah.

Nah, itulah cara klaim asuransi mobil yang bisa diajukan untuk berbagai masalah. Cara-cara di atas bisa Anda terapkan untuk berbagai merek mobil Indonesia.