Cara Membuat Kuesioner Penelitian Google Form, Mudah!
Cara Membuat Kuesioner Penelitian Google Form, Mudah!

Cara Membuat Kuesioner Penelitian Google Form, Mudah!

Di era teknologi saat ini, mahasiswa atau para peneliti dimudahkan dengan adanya kuesioner online untuk pengambilan data. Sudah banyak contoh kuesioner online yang terbukti lebih cepat gaet responden. Lantas, bagaimana cara membuat kuesioner penelitian online?

Untuk itu, membuat kuesioner penelitian google form harus dikuasai oleh para mahasiswa yang hendak mengerjakan suatu karya ilmiah. Pasalnya, cara ini sangat membantu penelitian lebih efisien dan hemat waktu serta tenaga.

Apalagi kuesioner online dapat dibuat dan disebarkan dengan menggunakan gadget saja, seperti gawai atau laptop. Sehingga, dengan adanya kuesioner secara online ini dianggap lebih praktis.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat kuesioner penelitian di google form.

Cara Membuat Kuesioner Penelitian Online

Cara membuat kuesioner penelitian online salah satunya dapat Anda lakukan melalui google form. Cara ini dibutuhkan oleh mahasiswa atau para peneliti untuk berbagai keperluan. Khususnya, para mahasiswa yang tengah mengerjakan karya ilmiah hingga evaluasi.

Google Form sendiri merupakan salah satu platform yang cukup populer digunakan sebagai cara membuat kuesioner penelitian. Terdapat banyak keuntungan dengan menggunakan platform yang satu ini. Di antaranya, mudah dibuat dengan gratis dan mudah disebarkan.

Selain itu, Google Form dinilai lebih memudahkan karena hasilnya dapat dimasukkan ke Google Sheet. Dengan begitu, data dapat langsung diunduh dan diolah dengan lebih mudah dan sederhana. Pengguna juga dapat mengolah data melalui Microsoft Excel atau SPSS Statistics.

Hal itulah yang membuat Google Form menjadi salah satu platform yang banyak digandrungi sebagai cara membuat kuesioner penelitian skripsi atau yang lainnya. Meski begitu tak jarang pula yang belum tahu cara membuatnya. Nah, berikut akan dijelaskan langkah-langkahnya.

Cara Membuat Google Form

Tak sedikit orang yang telah menggunakan Google Form sebagai cara mengumpulkan data. Karena itulah tak jarang pula kita temui kuesioner google form skripsi atau yang lainnya. Berikut adalah beberapa cara membuat Google Form sebagai kuesioner penelitian:

1. Membuat Google Form Melalui Google Drive

Cara membuat kuesioner penelitian Google Form yang pertama adalah melalui Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan.

  • Buka akun Google Drive
  • Pilih menu ‘New’ yang terletak di sebelah kiri atas pada tampilan Google Drive.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan layanan Google. Anda dapat pilih menu Google Forms
  • Anda sudah dapat mengakses dan membuat kuesioner yang Anda butuhkan.

2. Membuat Google Form Melalui Link Google

Cara membuat Google Form yang kedua yakni melalui link Google. Anda dapat mengunjungi laman docs.google.com. Dengan begitu Anda dapat melihat tampilan pilihan layanan Google. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pilih menu Google Forms pada tampilan pilihan layanan Google.
  • Pilih formulir kosong (blank) atau Anda dapat menggunakan template yang telah disediakan.
  • Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman editor untuk menyesuaikan formulir kuesioner.

3. Membuat Google Form di HP

Membuat kuesioner online secara online kini juga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Pasalnya, hal itu dapat Anda lakukan dengan telepon genggam Anda. Nah, berikut adalah langkah membuat Google Form melalui HP.

Membuat Google Form di HP cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi laman forms.google.com pada aplikasi browser Anda. Selanjutnya Anda bisa langsung membuat kuesioner. Hal itulah yang membuat kita sering menemui contoh kuesioner penelitian online.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan cara pembuatan kuesioner di Google Form, berikut akan dijelaskan langkah-langkahnya.

  • Anda dapat mengunjungi Google Form dengan cara-cara seperti di atas. Pilih salah satu cara di atas untuk sampai pada halaman Google Form.
  • Pilih ikon Plus atau Blank.
  • Anda dapat mengisikan judul kuesioner dengan klik kolom Untitled Form.
  • Selanjutnya cantumkan kata pengantar atau keterangan lebihh lanjut mengenai kuesioner pada kolom Form Description.
  • Kemudian isi kolom pertanyaan dan pilih tipe jawaban yang Anda butuhkan datri responden. Terkait tipe jawaban ini, terdapat beberapa pilihan. Di antaranya, yakni jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, unggahan berkas, tanggal, atau waktu.
  • Jika Anda menghendaki jawaban yang wajib dari responden, hidupkan pilihan Required di bawah halaman.
  • Untuk menambahkan sejumlah pertanyaan klik tombol (+).

Setting Google Form untuk Kuesioner yang Dibutuhkan

  • Anda cukup mengulangi cara yang sama seperti langkah-langkah sebelumnya untuk membuat pertanyaan dan tipe jawaban. Anda dapdat mengubah jenis respon yang diinginkan di setiap pertanyaan.
  • Setelah selesai dengan semua daftar pertanyaan, Anda bisa mengatur Google Form dengan klik menu Setting pada pojok kanan atas.
  • Terdapat beberapa hal yang dapat diatur melalui menu ini. Di antaranya seperti pertanyaan apakah responden dapat merevisi jawaban, apakah kuesioner berupa penilaian, apakah responden dapat melihat hasil jawaban mereka, dan sebagainya.
  • Setelah melakukan berbagai pengaturan, Anda bisa mengirimkan Google Form melalui email atau tautan dengan cara ketuk Send pada pojok kanan atas halaman.

Bagikan Google Form

Cara membuat kuesioner penelitian online bisa dibilang cukup mudah dan efisien. Setelah kuesioner Anda siapkan, Anda tinggal membagikan link kuesioner itu kepada sasaran yang dibutuhkan.

Terdapat berbagai cara untuk membagikan kuesioner Google Form ini. Di antaranya yakni melalui email atau link dan melalui embed website.

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Tak ragu lagi, telah banyak contoh kuesioner penelitian. Apalagi contoh kuesioner penelitian kuantitatif. Cara membuat kuesioner penelitian online ini sangatlah membantu para mahasiswa maupun peneliti pada umumnya karena berbagai kelebihannya.

Namun pastikan tahu secara keseluruhan kelebihan dan kekurangan dari google form untuk bahan pertimbangan:

1. Kelebihan Google Form

Meski begitu, setiap platform tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun, kelebihan dari Google Form sendiri salah satunya adalah pengguna dapat mengaksesnya dengan gratis tanpa mengeluarkan biaya apa pun.

Bahkan, pengguna dapat memakai seluruh fitur yang tersedia tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Selain itu, platform ini sangat mudah digunakan dan terhubung dengan Google Sheet. Lebih dari itu, ia memili fitur summary berupa grafik dan diagram.

Anda juga dapat membagikan formulir kuesioner dengan cukup mudah. Adanya fitur adds-ons juga dapat menambah fungsi dan mempermudah pembuatan form.

2. Kekurangan Google Form

Nah, di sisi lain, Google Form memiliki sejumlah kekurangan. Di antaranya adalah desain dan opsi ekspor yang terbatas. Pengguna perlu mengaktifkan secara manual sistem yang memungkinkan mereka untuk menerima email notifikasi apabila ada responden yang mengisi kuesioner.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat kuesioner penelitian secara online yang dapat Anda ikuti. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan dan mengolah data penelitian Anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga penelitianmu lancar!