Mengajarkan sikap hormat pada diri anak

Inilah Cara Mengajari Anak Sikap Hormat dengan Cara Menghargai Mereka

 

Peran Orang Tua Dalam Mengajarkan Rasa Hormat Pada Diri Anak

Untuk mengajar atau anak memperlakukan orang lain dengan hormat dan bermartabat, mereka juga harus diperlakukan seperti itu.

Dan masa kanak-kanak adalah masa bagi anak untuk belajar tentang dunia, termasuk bagaimana bergaul dengan orang lain.

Orang tua memainkan peran penting dalam mengajar anak-anak bagaimana membentuk hubungan yang sehat dan tumbuh menjadi individu yang mahir secara sosial. Kompetensi sosial ini memungkinkan anak untuk bersikap kooperatif dan murah hati, mengungkapkan perasaan mereka, dan berempati dengan orang lain.

Cara Efektif Mengajarkan Rasa Hormat

  • Mendorong tindakan kedermawanan melalui berbagi dan kerjasama.
  • Beri tahu anak Anda saat giliran orang lain dengan mainan atau di ayunan dan puji kemampuan mereka untuk mengenalinya sendiri.
  • Ucapkan terima kasih kepada mereka karena bersikap sopan dan penuh hormat dan karena telah berbagi dan bekerja sama.

Cara paling efektif untuk mengajarkan pelajaran ini kepada anak-anak adalah dengan mencontohkan perilaku yang ingin Anda dorong. Setiap kali Anda mengatakan “tolong” atau mengulurkan tangan membantu, Anda menunjukkan kepada anak-anak Anda bagaimana Anda ingin mereka bertindak.

Mintalah bantuan anak-anak Anda dengan tugas sehari-hari, dan terimalah tawaran bantuan mereka. Pujilah perilaku dan sifat baik anak Anda sesering mungkin, dan bantu mereka menyadari betapa senangnya di dalam hati untuk melakukan perbuatan baik atau bermurah hati dengan orang lain.

Anak yang kompeten secara sosial adalah anak yang memiliki rasa harga diri dan kepentingan yang kuat. Ketika seorang anak merasa baik tentang diri mereka sendiri, mudah bagi mereka untuk memperlakukan orang lain dengan cara yang positif dan membantu.

BACA JUGA :  Komunikasi Dua Arah yang Sukses dengan Anak Anda

Anak-anak tahu dari pengalaman mereka sendiri bahwa kata-kata bisa menyakitkan, dan bahwa menyebut nama, menggoda, atau mengucilkan orang lain memengaruhi perasaan orang. Anak-anak ingin diperlakukan dengan adil, tetapi mereka tidak selalu mengerti bagaimana memperlakukan orang lain dengan cara yang sama.

Salah satu cara untuk mengajarkan keadilan adalah dengan menjelaskan aturan kepada anak Anda, dengan menunjukkan bahwa aturan itu berlaku untuknya dan juga orang lain.

Rasa hormat adalah sikap. Menjadi hormat membantu seorang anak berhasil dalam hidup. Jika anak-anak tidak memiliki rasa hormat terhadap teman sebaya, otoritas, atau diri mereka sendiri, hampir tidak mungkin bagi mereka untuk berhasil.

Seorang anak yang penuh hormat menjaga barang-barang dan tanggung jawab, dan seorang anak yang hormat bergaul dengan teman sebayanya.

Sekolah mengajarkan anak-anak tentang rasa hormat, tetapi orang tua memiliki pengaruh paling besar pada bagaimana anak-anak menjadi hormat. Sampai anak-anak menunjukkan rasa hormat di rumah, kecil kemungkinan mereka akan menunjukkannya di tempat lain.

Cara menunjukkan rasa hormat kepada anak Anda

  • Jika Anda melakukan sesuatu yang salah, akui dan minta maaf.
  • Jangan mempermalukan, menghina, atau mengolok-olok anak Anda.
  • Pujilah mereka dan biarkan anak Anda membuat pilihan dan bertanggung jawab.
  • Dengarkan cerita dari sisi anak Anda sebelum membuat keputusan tentang suatu isu atau masalah.
  • Bersikap sopan dan gunakan “tolong” dan “terima kasih” saat meminta mereka melakukan sesuatu.
  • Ketuk sebelum memasuki kamar anak Anda. Menepati janji.
  • Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda bersungguh-sungguh dengan apa yang Anda katakan. Dan berikan anak Anda perhatian penuh.

Dan yang paling penting, ajari anak-anak Anda bahwa rasa hormat itu diperoleh. Pastikan bahwa Anda memimpin dengan memberi contoh dan mencontohkan perilaku hormat. Jadilah warga negara yang taat hukum. Tunjukkan kepedulian Anda terhadap lingkungan, hewan, dan orang lain. Diskusikan secara terbuka dan jujur ​​contoh-contoh ketidakhormatan yang disaksikan.

BACA JUGA :  Inilah Pentingnya Quality Time Bersama Anak Anda

Tanamkan pada diri anak Anda dengan mengajarinya cara untuk menghargai diri sendiri.

Harga diri merupakan  bentuk penghormatan yang paling penting. Setelah kita menghargai diri sendiri, akan lebih mudah untuk menghargai orang lain.
Bantu mereka menetapkan dan mencapai tujuan. Dorong kejujuran dan ajari mereka bahwa orang membuat kesalahan, dan bahwa itu adalah cara terbaik untuk belajar.

Yang terpenting, pujilah anak Anda sesering mungkin atas perbuatan, perilaku, atau sifat yang baik, dan beri tahu mereka bahwa Anda mencintai mereka setidaknya beberapa kali setiap hari. Anda pasti akan membesarkan anak yang mampu memberi dan mendapatkan rasa hormat.