Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara mengecek HP Samsung perlu kamu lakukan untuk melihat keasliannya. Beredarnya HP palsu di masyarakat tentu saja membuat resah. kamu pasti tidak ingin mendapatkan HP dengan kualitas yang buruk. Karena nantinya perangkat ini akan digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Samsung merupakan salah satu merk HP yang populer saat ini. Jika kamu adalah pengguna baru merk ini, maka penting untuk mengetahui apakah HP Samsung kamu asli atau tidak. Perlu adanya ketelitian agar tidak tertipu barang palsu.

Berikut Ini Cara Mengecek HP Samsung

Cara untuk mengecek HP Samsung dapat dilakukan dengan memperhatikan tampilan luar ponsel, cek bagian LCD, hingga cek kode IMEI. Selain itu kamu dapat melakukan cek melalui aplikasi resmi yaitu Samsung Kies.

Berikut kami jelaskan beberapa cara mengecek HP Samsung yang dapat kamu praktikan sendiri.

1.      Mengecek HP Samsung Melalui Tampilan Luar

Cara pertama adalah perhatikan tampilan luar dari ponsel. Samsung asli mempunyai bentuk sesuai dengan gambar yang ada di box kemasan. Perhatikan pula bagian layar, pastikan tampilan layar penuh dari atas sampai bawah.

Body ponsel juga dapat menjadi acuan keaslian. Produk asli memiliki body yang kuat dan tebal. Selain itu terasa lebih kasar jika diketuk lebih dalam. Materialnya pun ringan sehingga nyaman ketika digenggam.

Lalu pastikan LCD mampu merespon saat diketuk, geser dan tahan. LCD yang asli tidak akan bergerak sendiri atau biasa disebut dengan ghost touch. Cara ini dapat kamu lakukan jika ingin membeli HP second atau bekas.

2.      Cek Menggunakan LCD Test

Cara mengecek HP Samsung berikutnya adalah dengan menggunakan LCD Test. Kamu cukup mengetik kode *#0*# pada layar dial lalu tunggu beberapa detik. Setelah itu akan muncul berbagai informasi mengenai kamera, layar sentuh, speaker dan lainnya.

Apabila setelah kamu mencoba kode namun layar tidak memunculkan informasi seperti di atas. Maka dapat dipastikan bahwa ponsel Samsung tersebut bukanlah ponsel asli alias palsu.

3.      Cek Nomor IMEI

IMEI merupakan nomor unik dari ponsel yang berlaku secara internasional. Ketik *#06# untuk mengetahui nomor IMEI. Setelah muncul nomor tersebut, kamu hanya perlu mencocokkan nomor IMEI yang tertera di layar dengan IMEI yang tertera di kotak ponsel.

Apabila IMEI tidak cocok makan dapat dipastikan bahwa ponesl merupakan produk abal-abal. Selain itu kamu dapat cek melalui situs IMEI. Caranya dengan memasukkan nomor IMEI ke situs tersebut, lalu samakan dengan nomor yang terlihat di layar ponsel.

4.      Menggunakan Samsung Kies

Samsung kies adalah aplikasi resmi Samsung untuk mengecek spesifikasi dan keaslian produk. Caranya cukup mudah yakni dengan menginstall terlebih dahulu aplikasi Kies didalam laptop kamu. Lalu hubungkan smartphone dengan komputer.

Apabila kies dapat mendeteksi dan memunculkan informasi smartphone yang terhubung, maka dapat disimpulkan bahwa ponsel merupakan produk Samsung asli. Apabila tidak muncul maka dapat dipastikan produk palsu.

5.      Cek melalui Kualitas Kamera dan Spesifikasi

Cara mengecek HP Samsung selanjutnya adalah dengan melihat kualitas kamera. Samsung asli memiliki kualitas hasil kamera tinggi, apalagi jika ponsel kamu merupakan jenis baru. Hasil kamera juga memiliki detail tajam dan jernih.

Sedangkan produk palsu akan menghasilkan foto yang lebih buram dan tidak jernih. Selain itu Samsung juga memiliki fitur zoom jauh dan ini tidak ditemukan pada produk palsu. Mungkin produk palsu memiliki fitur ini tetapi tentu tidak akan sebagus produk asli.

Spesifikasi juga dapat menjadi acuan kamu. Gunakan aplikasi CPU-Z dan AIDA 64. Aplikasi ini akan menampilkan spesifikasi HP mulai dari seri, model hingga pengaturan lengkap. Setelah spesifikasi ditampilkan segera cocokkan dengan nomor yang ada di box ponsel. Jika sesuai maka dapat disimpulkan ponsel asli.

Beberapa cara diatas dapat kamu lakukan ketika ingin membeli produk Samsung baik itu baru maupun bekas. Cara mengecek HP Samsung diatas dapat membantu kamu yang ingin memiliki produk Samsung asli dan berkualitas agar tidak mudah tertipu dengan barang palsu.