Cara Menghapus Cache di Iphone
Cara Menghapus Cache di Iphone

Cara Menghapus Cache di Iphone Tanpa Ribet

Cara menghapus cache di Iphone bukan merupakan suatu hal sulit. Iphone merupakan smartphone produksi Apple yang sudah terkenal di dunia. Bagi kamu pengguna baru Iphone mungkin akan bingung dengan sistem manajemen memori di perangkat Iphone.

Ketika Iphone yang kamu gunakan sudah mulai lelet, maka menghapus cache adaah salah satu solusi. Cache adalah data sampah berisi kumpulan aktivitas pengguna saat mengakses suatu aplikasi. Karena ini merupakan data sampah maka tentu harus dihapus.

Walaupun data sampah, ini bermanfaat supaya loading saat membuka aplikasi, situs web dan lainnya menjadi lebih cepat. Sehingga kamu tidak perlu menunggu lama saat membuka aplikasi atau situs web tertentu.

Cara Menghapus Cache di Iphone dan Perlukah untuk Dilakukan

Dapat menjadi masalah jika telah menumpuk dan ikut tersimpan di memori. Hal tersebut akan menghabiskan memori penyimpanan. Apabila memiliki memori cukup besar, kamu tidak perlu untuk menghapusnya.

Namun apabila kamu memiliki ruang penyimpanan tidak terlalu besar dan memori sudah hampir penuh, maka menghapus cache perlu dilakukan. Karena menumpuknya cache ini akan berefek pada kinerja ponsel menjadi lambat.

Berbeda dengan Android, berdasarkan laman resmi Apple sistem operasi IPhone akan secara otomatis menghapus cache jika perangkat membutuhkan ruang memori yang banyak. Namun kamu bisa menghapus cache di ponsel Iphone secara manual.

Cara menghapus cache di Iphone ini pun cukup mudah. Berikut beberapa cara untuk menghapusnya.

1.    Melalui Browser Safari

Cara menghapus cache di Iphone pertama yang dapat dilakukan adalah melalui Safari Browser. Tapi jika cache ini dihapus maka akun kamu yang berada di browser akan otomatis keluar. Pertama adalah dengan membuka browser Safari.

Lalu setelah browser terbuka, buka menu Setting yang ada pada browser dan pilih Account & Passwords. Selanjutnya pilih Clear History and Website Data. Setelah itu kamu dapat langsung memilih Clear History and Data sebagai konfirmasi penghapusan cache.

2.    Menghapus Melalui Aplikasi

Menghapus cache juga dapat kamu lakukan melalui aplikasi yang ada pada Iphone. Caranya dengan membuka menu Setting. Pada halaman setting pilih General, setelah sampai di halaman General pilih Iphone Storage.

Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang ada pada ponsel. Pilihlah aplikasi yang menghabiskan banyak memori. Setelah itu pilih Delete App untuk menghapus aplikasi tersebut. Apabila sudah berhasil dihapus, install kembali aplikasi.

Dengan melakukan cara ini akan membersihkan cache dari Document & Data yang banyak. Jangan khawatir dengan data yang ada di aplikasi sebab data dari aplikasi yang dihapus masih akan tetap tersimpan dan dapat digunakan kembali saat aplikasi sudah diinstall.

3.    Menghapus Cache dengan Restart Iphone

Ini merupakan cara menghapus cache di Iphone paling banyak dipakai dan paling sederhana. Tetapi cara ini hanya bersifat sementara menghapusnya. Caranya dengan menekan tombol Power, tahan selama beberapa detik hingga muncul menu Slide to Power Off.

Lalu geser menu tersebut hingga Iphone mati. Tunggu beberapa saat lalu tekan kembali tombol power tadi hingga Iphone menyala kembali. Saat Iphone menyala maka sistem iOS akan otomatis melakukan pengelolaan memori sehingga menjadi lebih bersih.

4.    Upgrade Iphone dengan Memori Lebih Besar

Apabila cara diatas masih belum dapat menangani masalah cache pada Iphone kamu, tidak ada salahnya untuk mencoba upgrade ponsel kamu ke ponsel dengan memori yang lebih besar.

Dengan kapasitas memori yang besar maka akan membuat penyimpanan data menjadi lebih luas dan file data cache tidak menumpuk pada memori ponsel. Ponsel kamu juga akan memiliki kinerja yang lebih cepat dari sebelumnya.

Cache yang menumpuk pada Iphone memang terkadang dapat menggangu kamu ketika menggunakan perangkat tersebut. Dengan menumpuknya cache mengakibatkan ponsel menjadi lambat. Semoga cara menghapus cache di Iphone yang kami jelaskan diatas dapat membantu kamu menangai masalah cache ini.