cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur, Akurat!

Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur – Setiap wanita pastinya menginginkan berat badan yang ideal. Selain menjaga tubuh anda tetap sehat, memiliki berat badan yang ideal juga menjadikan anda terlihat lebih menarik. Tapi, bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur?

Mempunyai berat badan yang ideal menjadi dambaan setiap kaum wanita. Pasalnya dengan idealnya berat badan anda, anda lebih mudah untuk beraktifitas dan tentunya menjadikan anda tetap sehat juga. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita?

Jika anda memiliki berat badan yang terlalu rendah, nantinya akan berdampak bagi kesehatan anda. Karena, beberapa penyakit seperti osteoporosis, anemia, menstruasi tidak lancar dan resiko melahirkan prematur akan berdampak pada anda. Begitupun sebaliknya.

Memiliki berat badan yang berlebihan juga tidak sehat untuk kesehatan anda. Nah, untuk mengetahui berat badan anda ideal atau tidak, anda harus menghitungnya sendiri. Karena, saat ini sudah tersedia cara menghitung berat badan ideal wanita

Untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, anda bisa menggunakan rumus dan kalkulator. Karena, dengan adanya rumus menghitung berat badan ideal wanita, anda jadi lebih mudah untuk menghitungnya. Simak caranya berikut ini!

Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Broca

Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur tertera dalam buku dr. Iskandar Junaidi yang terbit tahun 2021 dalam 56 lembar. Bukunya berjudul “Mencegah & Mengatasi Berbagai Penyakit Sendi: Asam urat, rematik, dan Penyakit Sendiri Lainnya”.

Buku tersebut menyebutkan salah satu rumus bernama broca untuk menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur. Dalam buku ini dijelaskan bahwa jika berat anda melebihi 15 persen dari berat badan ideal, maka dikategorikan gemuk.

Rumus broca ini sangat cocok sebagai cara menghitung berat badan ideal wanita dewasa. Selain itu, rumus ini juga cocok digunakan untuk anak yang masih remaja. Paul Broca adalah orang yang menemukan Rumus Broca untuk pertama kalinya.

Paul Broca menggunakan rumus ini untuk membedakan berat badan ideal antara wanita dan pria. Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur menggunakan rumus broca hasilnya akan lebih spesifik. Karena, rumus ini dibedakan berdasarkan kelamin.

Meskipun, perhitungan rumus berat badan ideal antara wanita dan pria berbeda, namun rumus ini mudah digunakan. Berikut rumus untuk menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur menggunakan Broca:

1. Rumus Broca untuk Pria

Berat badan ideal pria dalam kilogram.

= (tinggi badan [cm] – 100) – (tinggi badan [cm] – 100) x 10%

2. Rumus Broca untuk Wanita

Berat badan ideal pria dalam kilogram.

= (tinggi badan [cm] – 100) – (tinggi badan [cm] – 100) x 15%

Contoh Perhitungan Berat Badan

Sebagai contoh jika anda ingin menghitung berat badan ideal pria dengan tinggi badan 180 cm. Maka cara menghitungnya adalah (180-100) – (180-100) x 10% = 72 kg. Sehingga, berat badan ideal anda (jika pria) adalah 72 kg.

Bagaimana dengan wanita? Perhitungannya juga sama seperti pria hanya beda rumus broca saja. Misalnya jika anda memiliki tinggi badan 155 cm, bagaimana cara menghitung berat badan wanita yang ideal? Caranya adalah:

(155-100) – (155-100) x 15% = 46,75 kg

Sehingga, berat badan ideal anda (jika wanita) adalah 46,75 kg dengan tinggi 155 cm. Bagaiman? Mudah bukan untuk menggunakan rumus broca ini?

Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Kalkulator BMI

Selain menggunakan rumus broca, ada juga cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur menggunakan kalkulator. Kalkulator menghitung berat badan ideal yang dimaksud adalah kalkulator BMI. 

BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index. BMI ini menjadi salah satu cara untuk menghitung berat badan ideal wanita maupun pria. Jika rumus broca bisa digunakan oleh semua kalangan dari remaja hingga dewasa, berbeda dengan kalkulator BMI ini.

Pengukuran menggunakan kalkulator BMI ini hanya berlaku bagi anda yang memiliki usia dewasa. Umurnya berkisar antara 20 tahun sampai 65 tahun. Selain itu, ada pengecualian juga dalam menggunakan rumus kalkulator BMI ini.

Jika anda seorang atlet, binaragawan, ibu hamil atau menyusui, maka rumus berat badan ini tidak berlaku bagi anda. Kenapa tidak berlaku? Tentunya karena dipengaruhi massa otot tubuh yang dimiliki dari kebanyakan orang pada biasanya.

Kalkulator menghitung berat badan ideal menggunakan BMI ini sangat mudah digunakannya. anda juga bisa mengetahui apakah berat badan anda masuk kategori ideal/kurus/overweight

Sebelum mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur menggunakan rumus BMI, kenali beberapa faktanya berikut ini:

  1. Jika indeks massa tubuh anda <18,5: kategori kurus
  2. Jika indeks massa tubuh anda 18,5 sampai 25: kategori normal atau ideal
  3. Jika indeks massa tubuh anda 25,1 sampai 27: kategori overweight
  4. Jika indeks massa tubuh anda 27: kategori obesitas
  5. Jika indeks massa tubuh anda melebihi 40, maka segera temui dokter

Jika anda sudah mengetahui beberapa fakta kategori dalam kalkulator BMI, anda bisa menghitung langsung. Berikut ini cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur anda menggunakan rumus BMI.

  • Rumus kalkulator BMI: 

Berat badan (kg) : tinggi badan (m) x tinggi badan (m)

Contoh Perhitungan Berat Badan

Sebagai contoh jika anda ingin menghitung berat badan ideal anda menggunakan kalkulator BMI. Jika berat badan anda 55 kg dan tinggi badan 1,60 m, maka menghitungnya adalah:

55 : (1,60 x 1,60) = 55 : 2,56 = 21,48

Sehingga, indeks massa tubuh anda (jika wanita) adalah 21,48. Jika dilihat dari fakta kategori diatas, maka indeks massa tubuh anda masuk dalam kategori normal atau ideal. 

Kesimpulan

Dengan menggunakan kedua rumus diatas, baik rumus broca maupun kalkulator BMI anda bisa mengetahui ideal atau tidaknya tubuh anda. Setiap orang pastinya memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan keunikannya masing-masing.

Meskipun begitu, dengan memiliki badan yang ideal anda akan menjadi lebih percaya diri dalam segala hal. Selain itu, akan berdampak juga bagi Kesehatan anda, karena badan yang ideal akan merasa bugar dan sehat sepanjang waktunya.

Dengan adanya cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, anda mulai bisa menghitungnya dari sekarang. Dari kedua rumus diatas, rumus kalkulator broca lebih menyeluruh karena tidak ada spesifik aturan penggunaan didalamnya.

Jika anda ingin secara spesifik dan sudah berumur diatas 20 tahun, Kalkulator menghitung berat badan ideal BMI cocok untuk digunakan. Dengan mengetahui indeks massa tubuh, anda bisa mengetahui kategori tubuh anda ideal atau tidak.

Dengan menghitung melalui kedua rumus ini, anda tidak perlu aplikasi untuk menghitung berat badan ideal wanita online. Dengan cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur melalui rumus broca dan BMI akan lebih mudah dan tepat.

Jadi, tunggu apalagi untuk mengetahui kategori tubuh anda? Gunakan kedua cara diatas untuk mengetahuinya segera!