Cara Menurunkan Berat Badan Akibat KB Suntik

Cara Menurunkan Berat Badan Akibat KB Suntik, Ampuh!

Cara menurunkan berat badan akibat KB suntik – Menjadi berat badan naik merupakan salah satu efek dari penggunaan KB Suntik. Maka tak heran jika banyak ibu-ibu mencari cara menurunkan berat badan akibat KB suntik. Baik cara-cara alami maupun mengkonsumsi makanan tertentu.

13 Cara Menurunkan Berat Badan Akibat Suntik KB

Suntik KB merupakan alat kontrasepsi yang sangat berguna untuk pasangan yang ingin menunda kehamilan. Alat kontrasepsi ini bisa mencegah kehamilan hingga 99 persen lho. Tak hanya itu, KB suntik juga dinilai lebih praktis karena hanya di suntikan 3 bulan sekali.

Namun, suntik KB ini memiliki beberapa efek samping, diantaranya perubahan mood, sakit kepala, hingga peningkatan berat badan. Nah untuk efek yang terakhir tersebut membuat banyak ibu-ibu mencari cara menurunkan berat badan akibat KB suntik.

Hal ini dikarenakan peningkatan berat badan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Maka dari itu yuk lakukan cara pakai suntik KB 3 bulan agar tidak gemuk dibawah ini:

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Serat yang tinggi akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, karena serat akan memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar hormone kelaparan. Maka dari itu hal ini bisa mengurangi berat badan Anda.

Penelitian membuktikan bahwa 10 gram serat yang larut dimakan tiap harinya akan menyumbangkan 3,7% pengurangan lemak perut selama periode lima tahun lho.

2. Gunakan Piring Kecil

Mungkin cara menurunkan badan akibat KB suntik ini terlihat aneh, namun banyak orang sangat terbantu menurunkan berat badannya dengan menggunakan cara ini. Hal ini dikarenakan piring yang kecil akan membantu Anda makan dalam porsi yang sedikit.

Nah, maka dari itu Anda bisa terbiasa untuk makan dalam porsi yang sedikit dengan menggunakan piring kecil ini.

3. Olahraga Rutin

Sudah tak perlu diragukan lagi, olahraga rutin selalu menjadi cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Olahraga yang bikin kurus dan mudah salah satunya adalah jogging. Cobalah pertama kali jogging selama 20-30 menit setiap harinya.

Jika sudah terbiasa, tambah porsi waktunya dan lakukan secara rutin. Dengan olahraga ini nantinya kalori dalam tubuh akan terbakar dan nantinya tubuh Anda menjadi ideal.

4. Perbanyak Gerak

Cara menurunkan berat badan akibat KB suntik ini berbeda dengan olahraga rutin ya mom. Maksudnya disini lakukan kegiatan yang membuat tubuh Anda bergerak. Kebanyakan orang mengalami naik berat badan adalah malas bergerak dan hanya tiduran di Kasur.

Setidaknya lakukan jalan kaki ringan selama 25 menit setiap harinya, atau lakukan Gerakan apapun dalam kehidupan sehari-hari Anda sehingga kalori dalam tubuh Anda terbakar. Jika terbiasa untuk bergerak, nantinya akan menjadi kebiasaan yang baik.

5. Kurangi Konsumsi Kalori

Jika Anda sudah berusaha untuk membakar kalori dengan berolahraga namun tetap makan makanan berkalori ya sama saja bohong. Jadi kurangi makan kalori dengan mengkonsumsi makanan yang tidak membuat gemuk contohnya nabati, buah, sayur, dan lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengkonsumsi susu diet sebagai asupan pengganti makan. Penelitian membuktikan bahwa susu diet selain rendah kalori juga sudah dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang aman bagi tubuh.

6. Konsumsi Banyak Cairan

Selain mengkonsumsi makanan rendah kalori, dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak cairan. Air putih sangat membantu untuk cara mengatasi gemuk ini. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak akan menyebabkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Beberapa jurnal juga mengatakan bahwa Wanita yang kelebihan berat badan dengan minum sekitar 500 ml air 30 menit sebelum makan akan menurunkan berat badan lho. Jadi cara menurunkan berat badan akibat KB suntik ini sangat efektif.

7. Mengkonsumsi Teh Hijau

Tingkat epigallocatechin gallate pada teh hijau dianggap sebagai cara ampuh menurunkan berat badan akibat KB suntik. Tak hanya bisa menurunkan berat badan, namun senyawa ini juga bermanfaat banyak bagi Kesehatan tubuh.

Dalam penelitian mengatakan jika kombinasi kafein yang rendah dan teh hijau memiliki efek positif hal menurunkan maupun mempertahankan berat badan.

8. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Cara menurunkan berat badan akibat KB suntik selanjutnya adalah dengan mengurangi mengkonsumsi karbohidrat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengganti karbohidrat dengan biji-bijian.

Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat ini maka tingkat lapar akan turun dan Anda nantinya akan cenderung makan sedikit kalori.

9. Komitmen

Ketika Anda menginginkan berat badan turun, bukan hanya rutin untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga saja, namun harus ada komitmen jangka Panjang. Pastikan jika Anda mampu membuat perubahan secara permanen menuju gaya hidup sehat.

Dengan inilah yang bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan cara menurunkan berat badan akibat KB suntik agar lebih efektif dan menunjukkan hasil maksimal.

10. Mengganti Alat Kontrasepsi

Jika cara menurunkan berat badan akibat KB suntik tidak membuahkan hasil untuk Anda maka sangat disarankan untuk mengganti alat kontrasepsi Anda. saat ini banyak macam alat kontrasepsi selain KB suntik.

Diantaranya ada pil KB, IUD, kondom Wanita, dan masih banyak yang lainnya. Namun, sebelum mengganti merk KB suntik Anda diskusikan dulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan ada banyak juga merk pil KB ataupun kondom yang sesuai atau tidak dengan Anda.

11. Pantau Terus Berat Badan

dengan memantau berat badan setidaknya 1-2 minggu sekali akan membantu Anda untuk mengetahui apakah usaha Anda berhasil atau tidak. Jika berhasil Anda bisa melanjutkan cara menurunkan berat badan diatas. Namun jika tidak berhasil, Kembali lagi cari alat kontrasepsi lainnya.

12. Rutin Sarapan Pagi

Penelitian membuktikan bahwa orang dengan rutin makan pagi atau sarapan sukses menjaga berat badannya. Hal ini dikarenakan sarapan mampu membantu mengontrol rasa lapar ketika waktu makan selanjutnya. Maka dari itu nantinya asupan makan berikutnya semakin berkurang.

13. Hindari Makan Lebih Dari Jam 6 Sore

Jika cara menurunkan berat badan akibat KB suntik sebelumnya adalah rutin sarapan, namun pada saat jam 6 sore kalau bisa Anda sudah stop untuk memakan apapun. Hal ini dikarenakan tubuh sudah mulai beristirahat, maka Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan berat lagi.

Jika Anda lapar pada malam hari, Anda bisa menggantinya dengan memakan buah apel ataupun sayur. Namun jika tidak kuat untuk menahan lapar, Anda boleh makan, namun jangan langsung tidur setelah makan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menurunkan berat badan akibat KB suntik. Kalau bisa lakukan dengan konsisten dan kontinu, agar hasilnya maksimal dan berat badan Anda bisa berkurang dengan signifikan.

Sebenarnya ada juga efek suntik KB 3 bulan bikin kurus, namun biasanya efek ini malah berbahaya bagi tubuh. Berarti Anda tidak cocok menggunakan kontrasepsi suntik KB ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda.