Tutorial Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard

Tutorial Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard

Cara shutdown laptop dengan keyboard bisa kamu lakukan dengan beberapa cara yang mudah. Namun belum tentu semua orang mengetahuinya.

Karena hampir semua orang melakukan shutdown laptop mereka menggunakan menu shutdown yang tertera pada layar. Yang mana cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan.

5 Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard yang Harus Kamu Ketahui

Selain dengan menggunakan cara tersebut ternyata terdapat cara lainnya yakni dengan menggunakan shortcut pada keyboard laptop yang kamu miliki. Cara ini berfungsi dengan baik di laptop windows yang bisa kamu lakukan dengan beberapa cara seperti yang akan kami sampaikan di bawah ini.

  1. ALT+F4

Cara shutdown laptop dengan keyboard adalah menggunakan shortcut ALT+F4. Untuk bisa melakukan cara ini dengan sempurna, terlebih dahulu harus menutup semua aplikasi yang sedang berjalan pada laptop kamu. Dengan ini kamu bisa melakukannya dengan cara berikut.

  • Pertama kamu harus menekan tombol ALT dengan F4 secara bersamaan.
  • Setelah itu kemudian kamu menekan tombol panah pada keyboard laptop kamu, kemudian klik enter.
  • Lalu laptop akan memulai proses shutdown dengan sendirinya.
  1. CTRL+ALT+DEL

Cara berikutnya untuk melakukan shutdown pada laptop adalah dengan menggunakan tombol CTRL+ALT+DEL. Cara ini bisa kamu lakukan untuk hampir semua jenis laptop dab komputer windows dengan berbagai macam versi entah itu windows versi lama ataupun versi baru. Berikut ini caranya.

  • Pertama tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan.
  • Lalu kemudian klik tombol tanda panah pada keyboard kemudian kamu klik tombol enter.
  • Setelah itu selesai, laptop akan memulai proses shutdow dengan sendirinya.
  1. Win+X

Banyak para pengguna laptop windows belum menyadari bahwa dengan menggunakan tombol windows dengan tombol X bisa digunakan untuk mematikan laptop windows yang dimilikinya. Berikut ini adalah cara untuk mematikan laptop windows dengan kombinasi tombol win dan X.

  • Langkah pertama ialah dengan menekan tombol windows dan tombol X secara bersamaan.
  • Kemudian akan muncul beberapa macam perintah yang akan ditampilkan, kemudian pilih shutdown dengan cara menekan tombol panah dan enter.
  1. Win+U+U

Cara ini merupakan salah satu cara yang jarang diketahui banyak orang karena cara ini digunakan untuk mematikan laptop dengan sisten operasi windows XP. Seperti yang kamu ketahui windows XP sudah sangat langka peredarannya, namun ada cara unik untuk mematikan laptop dengan mesin operasi ini sebagai berikut.

  • Cara ini menggunakan kombinasi keyboard windows+U+U yang dapat kamu tekan secara bersamaan.
  • Setelah itu laptop akan memulai proses shutdown dengan sendirinya dan tunggu hingga beberapa saat sampai laptop benar-benar telah dimatikan.
  1. Win+Shutdown

Cara shutdown laptop dengan keyboard adalah menggunakan tombol windows dan shutdown pada keyboard laptop kamu. Cara ini bisa dilakukan namun tidak terlalu di sarankan karena cara ini sama saja mematikan paksa perangkat komputer kamu.

Cara ini digunakan pada saat kondisi darurat seperti pada saat laptop kamu mengalami masalah atau sebuah gangguan. Dimana kamu tidak bisa menggerakan kursor untuk menekan perintah shutdown pada layar.

  • Untuk melakukan cara ini kamu bisa menekan tombol windows dan shutdown secara bersamaan.
  • Setelah kamu menekan kedua tombol tersebut maka laptop akan otomatis mati tanpa melewati proses shutdown terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan laptop kamu dengan mudah menggunakan shortcut keyboard pada laptop kamu. Selain menggunakan keyboard, kamu juga bisa melakukan shutdown menggunakan perintah di cmd untuk selain cara shutdown laptop dengan keyboard.