cara trading crypto bagi pemula

5 Cara Trading Crypto bagi Pemula Auto Cuan!

Crypto menjadi salah satu instrumen trading dan investasi yang sedang banyak diminati. Crypto berhasil mendatangkan banyak trader baru yang mana masih harus belajar banyak mengenai cara trading crypto bagi pemula dengan benar, serta menghasilkan keuntungan.

Tentunya, persiapan secara materi dan ilmu tidak cukup. Dibutuhkan pengalaman dan latihan belajar trading crypto untuk memantapkan para pemula untuk terjun langsung ke dunia trading crypto yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan banyak resiko pada cara trading crypto harian yang mungkin dialami oleh para trader. Dan trader pemula harus mengetahui hal tersebut dengan baik.

Bagaimana langkah awal belajar trading crypto untuk pemula? Berikut penjelasan mengenai cara trading crypto bagi pemula dengan langkah mudah.

Cara Kerja Aset Crypto

Cryptocurrency atau aset digital crypto adalah suatu aset yang memanfaatkan sistem kriptografi dan public ledger. Kedua sistem dan fitur ini digunakan untuk memfasilitasi transaksi online dengan sangat aman.

Selain itu, crypto juga menggunakan sistem blockchain, yang mana adalah sistem yang mampu mencatat setiap historis kepemilikan aset crypto secara desentralisasi.

Crypto termasuk trading apa? Trading crypto adalah kegiatan transaksi dengan menggunakan aset crypto sebagai alat tukarnya. Transaksi atau pertukaran yang dilakukan meliputi pembelian dan penjual secara online dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Orang yang melakukan trading crypto disebut sebagai trader. Seorang trader membutuhkan wallet yang berfungsi sebagai akun yang digunakan untuk transaksi aset digital crypto.

Trading Crypto

Sebelum melakukan trading aset crypto, cara trading crypto bagi pemula awalnya harus memiliki akun wallet dan satu set public key dan private key. Keduanya merupakan kata sandi untuk akun wallet milik trader.

Public key berfungsi sebagai alat yang mempermudah orang lain untuk mengirim crypto ke akun wallet trader. Public key juga disebut sebagai wallet address karena terhubung langsung dengan akun wallet tersebut.

Private key berfungsi untuk tahapan konfirmasi dan menyetujui atas transaksi crypto yang akan dilakukan. Seperti namanya, private key ini bersifat pribadi dan hanya diketahui oleh pemilik akun saja.

Cara Melakukan Trading Crypto untuk Pemula

Setelah mengetahui beberapa hal mendasar mengenai konsep langkah awal belajar trading crypto, selanjutnya mari simak pembahasan mengenai langkah-langkah dan cara trading crypto bagi pemula.

Perhatikan setiap step bagaimana cara trading crypto yang diberikan dengan baik, agar kegiatan belajar trading crypto anda dapat berjalan dengan lancar.

1. Mendaftar Akun Wallet

Langkah awal belajar trading crypto, dan hal utama cara trading crypto bagi pemula yang harus dilakukan untuk memulai proses trading crypto adalah memiliki akun wallet.

Karena semua transaksi yang menggunakan aset digital crypto membutuhkan media wallet sebagai wadah menyimpan aset.

Anda dapat mendaftar dan membuat akun wallet di platform trading crypto. Lebih mudahnya melalui aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi crypto terbaik Indonesia yang bisa anda gunakan untuk membuat akun wallet aset crypto.

Sebelum menentukan aplikasi trading crypto aman yang akan anda gunakan untuk membuat wallet, silakan pelajari informasi terkait aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Perhatikan poin-poin kemudahan daftar akun, biaya transaksi, dan tingkat sistem keamanan yang dimiliki aplikasi tersebut.

Setelah itu, barulah anda mengunduh aplikasi trading crypto aman yang telah dipilih untuk anda gunakan mendaftar akun wallet untuk trading crypto.

2. Melakukan Verifikasi KYC

Setelah akun wallet anda selesai dibuat dan telah melewati proses registrasi, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun wallet anda agar menjadi aktif.

Selain itu, verifikasi KYC adalah salah satu cara trading crypto bagi pemula untuk menambah data sistem keamanan wallet demi kenyamanan anda bertransaksi crypto.

Adapun dokumen dan berkas data diri anda yang diperlukan pada tahap verifikasi KYC ini adalah sebagai berikut.

  • Melampirkan atau mengunggah KTP asli (Untuk WNI)
  • Melampirkan atau mengunggah dokumen Paspor asli (Untuk WNA)
  • Dokumen rekening koran
  • Bukti tagihan listrik dan telepon (jika ada)

Selain itu, juga terdapat beberapa dokumen dan berkas lainnya yang dibutuhkan tergantung kebijakan masing-masing aplikasi trading crypto aman. Silakan unggah semua dokumen yang dibutuhkan.

3. Transfer Dana untuk Deposit

Pada tahap ini akun wallet anda sudah siap digunakan untuk melakukan cara trading crypto harian. Dalam posisi ini, tentunya anda belum memiliki aset crypto yang hendak digunakan untuk dijual ataupun membeli aset crypto lainnya.

Anda bisa melakukan transfer dana atau top up ke wallet untuk deposit dengan mata uang rupiah. Dengan uang deposit tersebut anda dapat membeli aset crypto yang anda inginkan.

Deposit umumnya dapat dilakukan dengan cara transfer melalui bank dan virtual account, seperti biasanya. Namun dengan fasilitas aplikasi dompet digital konvensional, anda dapat melakukan proses deposit melalui DANA, OVO, Shopeepay, dan aplikasi e-wallet lainnya.

Deposit dana secukupnya, sesuai dengan rencana trading anda. Ingat untuk tidak belajar trading crypto dengan mendepositokan uang kebutuhan sehari-hari.

Karena resiko crypto cukup tinggi. Inilah pentingnya memiliki perencanaan keuangan sebelum memulai belajar trading crypto, khususnya untuk pemula.

4. Beli Aset Crypto dengan Rupiah

Akun wallet anda telah diisi sejumlah uang untuk modal belajar trading crypto, sekarang saatnya anda melakukan pembelian aset crypto. Sebelum deal melakukan pembelian suatu aset crypto, pastikan anda memahami betul mengenai informasi terkait aset tersebut.

Apakah akan menguntungkan untuk cara trading crypto harian, apakah fundamentalnya bagus, apakah anda bersedia dengan resiko yang mungkin akan dihadapi, serta biaya transaksi yang dibutuhkan untuk membeli aset crypto tersebut.

Untuk biaya transaksi atau biaya admin, saat ini telah banyak penawaran dari aplikasi trading crypto yang memberikan layanan gratis biaya admin atas semua transaksi pembelian maupun penjualan aset crypto.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membeli aset crypto tidak terlalu besar. Berikut langkah bagaimana cara trading crypto dan cara trading crypto bagi pemula untuk membeli aset crypto melalui aplikasi secara umum.

  1. Buka dan masuk (login) ke aplikasi trading crypto yang anda gunakan.
  2. Setelah itu pilih opsi menu “Trade” untuk membeli aset crypto yang diinginkan.
  3. Pada halaman opsi “Trade”, akan banyak ditampilkan daftar aset-aset crypto yang tersedia. Anda bisa menggunakan tab pencarian untuk memudahkan anda dalam membeli aset crypto yang diinginkan.
  4. Setelah itu, pilih perintah “Buy Assets” untuk membeli aset digital crypto tersebut.
  5. Anda akan diminta untuk memilih trading pair, maksudnya rupiah yang akan ditukarkan dengan apa sesuai dengan pilihan yang ada.
  6. Umumnya opsi trading pair adalah BTC/IDR (Bitcoin dengan Rupiah) dan BTC/USDT (Bitcoin dengan Token Dollar US).
  7. Pilih juga jenis order atas transaksi yang akan anda lakukan, market order (pembelian pasar) atau limit order (pembelian terbatas).
  8. Kemudian tersedia kolom untuk mengisi jumlah dana yang ingin anda gunakan untuk membeli aset crypto tersebut. Ingat untuk mengisi nominal dengan benar.
  9. Cek kembali data yang anda isi, apakah sudah benar atau belum. Jika sudah, tekan perintah “Confirm”, untuk mengkonfirmasi pembelian.
  10. Kemudian akan muncul notifikasi pop-up mengenai detail transaksi. Baca kembali dengan teliti, jika sudah benar tekan tombol perintah “Confirm Order”.
  11. Pembelian anda telah dikonfirmasi dan anda tinggal menunggu aset crypto yang anda beli masuk ke dalam akun wallet anda.

5. Jual Aset Crypto sebagai Bentuk Trading

Melakukan trading prosesnya lebih cepat dibandingkan investasi. Karena dari segi tujuan tentu saja keduanya berbeda. Investasi aset crypto diperuntukan keuntungan jangka panjang di masa mendatang.

Sedangkan trading aset crypto dilakukan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka waktu yang lebih pendek. Inilah mengapa trading crypto lebih banyak memiliki resiko dari pada investasi.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa keuntungan trading aset crypto lebih besar dari pada investasi. Ketika aset crypto yang dimiliki mengalami kenaikan nilai, dari harga beli, maka disitulah para trader bertindak.

Trader akan menjual aset crypto tersebut dan memperoleh keuntungan. Siklus cara trading crypto harian terus seperti itu, sampai keuntungan yang diperoleh sesuai dengan keinginan.

Berikut langkah bagaimana cara trading crypto dan cara trading crypto bagi pemula untuk menjual aset crypto melalui aplikasi secara umum.

  1. Masuk ke aplikasi trading crypto dan pilih menu halaman “Trade”.
  2. Tekan aset crypto yang anda miliki dan pilih opsi perintah “Sell Assets”.
  3. Sama seperti langkah membeli aset crypto, silakan pilih trading pair yang diinginkan, dan jenis order yang ingin digunakan.
  4. Masukan nominal berapa banyak jumlah aset crypto yang ingin anda jual.
  5. Setelah itu, tekan opsi perintah “Confirm”.
  6. Pada layar akan muncul notifikasi pop-up mengenai detail informasi transaksi. Baca dan cek kembali apakah sudah benar atau tidak. Jika data sudah benar, maka langsung tekan tombol “Confirm Order”.
  7. Penjualan sudah terkonfirmasi, dan anda tinggal menunggu proses rupiah masuk ke dalam wallet anda.

Bagaimana? Mudah, bukan? Nah, untuk menambah pengetahuan anda mengenai cara trading crypto bagi pemula, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika akan mulai terjun ke dunia trading.

Tips Trading Aset Crypto

Sebagai seorang pemula, tentunya perlu mengetahui dan belajar banyak terlebih dahulu mengenai seluk beluk aset crypto.

Namun untuk mempermudah trader pemula, berikut 4 tips untuk langkah awal belajar trading crypto yang bisa anda gunakan sebagai cara trading crypto bagi pemula untuk menghindari resiko trading.

1. Pelajari Cara Kerja Pasar Aset Crypto

Tips cara trading crypto bagi pemula yang pertama agar para trader pemula terhindar dari resiko trading adalah dengan mempelajari cara kerja pasar aset crypto dengan baik. Karena tentu ada perbedaan antara ciri dan karakteristik pasar crypto dengan pasar aset lainnya.

Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang bersifat terdesentralisasi. Segala transaksi dan kegiatan yang berhubungan dengan crypto beroperasi melalui sistem peer-to-peer, dan bukan terpusat (server pusat).

Ketika suatu aset crypto dibeli atau dijual, maka historis transaksinya akan dicatat dan ditambahkan ke sistem blockchain. Ledger terdesentralisasi pun juga mencatat transaksi tersebut.

Selain itu, pasar aset digital crypto juga bersifat fluktuatif. Artinya, kondisi pasar dan nilai aset crypto dapat dipengaruhi oleh hal-hal yang bersifat eksternal.

Seperti berita terkini, status dan kondisi aset crypto itu sendiri, bahkan sampai public figure yang berhubungan dengan jenis aset crypto tertentu dapat mempengaruhi kondisi pasar aset crypto.

Dengan bekal pengetahuan tersebut, anda bisa saja memprediksi bagaimana arah gerak pasar, dan potensi aset crypto mana yang dapat anda raup keuntungannya.

2. Buat Strategi dan Teknik Trading Crypto

Setelah persiapan secara keilmuan sudah kuat, langkah selanjutnya adalah cara trading crypto bagi pemula untuk membuat rencana strategi dan teknik dalam melakukan trading crypto.

Tentu saja ini merupakan hal yang penting, baik untuk trader pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia crypto.

Strategi dan teknik trading aset crypto dapat berupa apa saja. Misal, anda telah membuat kapan persentase kenaikan nilai yang pas dan waktu yang tepat untuk menjual aset crypto dan memperoleh keuntungan.

Anda juga bisa membuat strategi ketika menghadapi kerugian, jika dirasa nilai aset crypto tersebut susah untuk pulih kembali. Misal, ketika angka kerugian pada poin 10% atau 7%, itulah waktu yang tepat untuk menjual aset crypto anda (capital loss).

Waktu membeli aset juga harus diperhatikan. Jika harga suatu aset crypto tiba-tiba melambung tinggi, jangan anda langsung membeli aset tersebut.

Karena biasanya nilai aset crypto akan mudah turun, karena dijual oleh trader lain yang membeli aset tersebut di harga yang lebih murah sebelumnya. Nah, anda bisa membeli suatu aset crypto di harga-harga murah.

Anda juga bisa menilai suatu aset dari pergerakan grafik naik dan turunnya nilai aset crypto. Biasanya berbentuk batang berwarna merah dan hijau. Pelajarilah grafik batang tersebut untuk mengetahui apakan aset tersebut patut anda miliki atau tidak.

3. Selalu Memperhatikan Kondisi Pasar Crypto

Tips dan cara trading crypto bagi pemula yang paling penting untuk para trader crypto pemula adalah untuk selalu memperhatikan kondisi pasar crypto, karena sifatnya yang fluktuatif.

Pasar crypto juga beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Jadi harga, nilai aset, dan kondisi pasar dapat berubah kapan saja.

Itulah mengapa strategi dan teknik trading sangatlah penting. Ditambah dengan kepekaan dengan kondisi pasar crypto, apakah sedang bagus atau sebaliknya.

Aset digital crypto diperdagangkan di seluruh penjuru dunia dengan perbedaan zona waktu, sehingga pasar crypto selalu aktif. Inilah yang menyebabkan pasar crypto menjadi fluktuatif, dan nilainya bisa meningkat maupun menurun kapan saja.

Ingat juga untuk tidak melakukan trading berdasarkan keinginan emosional, karena biasanya akan berakhir buruk. Miliki prinsip yang kuat agar anda tidak gampang terbawa arus pembelian masif di suatu periode atau momen yang dialami oleh suatu aset crypto.

4. Memanfaatkan Fitur Latihan Trading pada Aplikasi

Apapun hal yang ingin dilakukan dan dicapai, melakukan latihan dengan rutin adalah kuncinya!

Begitu pun juga dengan cara trading crypto bagi pemula dan belajar untuk memahami trading crypto. Anda dapat berlatih melakukan trading tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Umumnya, hampir di seluruh aplikasi crypto terbaik Indonesia menyediakan fitur main crypto dimana para trader pemula dapat berlatih melakukan trading. Fitur latihan ini menggunakan uang palsu yang disediakan dalam mode tersebut.

Modal yang diberikan sebanyak 100 juta rupiah. Dengan modal ini anda dapat berlatih melakukan trading dengan kondisi pasar crypto secara nyata (real-time).

Tentunya karena ini dalam mode belajar trading crypto, aset crypto yang anda beli juga sebagai latihan saja, tidak menjadi hak milik.

Dengan memanfaatkan mode ini, anda dapat lebih memahami cara trading crypto bagi pemula dengan mudah dan berlatih terus selama yang anda mau.

Anda juga dapat mencoba strategi dan teknik trading dalam mode belajar trading crypto. Anda dapat menguji dan melihat apakah strategi dan teknik tersebut berhasil secara maksimal atau tidak.

Sekian pembahasan mengenai cara trading crypto bagi pemula beserta tips bagaimana cara trading crypto yang bisa anda coba untuk memperoleh keuntungan maksimal. Salam sukses!