Ciri-Ciri Keputihan Yang Bahaya, Pastikan Tahu!

Keputihan adalah sesuatu yang normal yang terjadi pada wanita. Bahkan keputihan ini memiliki fungsi yang cukup penting,  yaitu untuk menjaga kebersihan vagina. Namun ternyata keputihan juga bisa berbahaya lho. Inilah ciri-ciri keputihan yang bahaya.

Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Keputihan?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bahaya dari keputihan. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari keputihan.

Apa itu keputihan?

Secara sederhana, keputihan merupakan suatu cairan berwarna bening atau putih yang keluar dari vagina seorang wanita. Cairan keputihan ini bisa berwujud cair ataupun seperti lendir yang biasanya tidak memiliki bau dan juga tidak menyebabkan rasa gatal.

Apakah keputihan itu normal?

Ya, seorang wanita yang mengalami keputihan itu merupakan hal yang lumrah terjadi. Karena pada dasarnya, cairan keputihan yang keluar ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk mencegah infeksi virus dan juga untuk menjaga kebersihan vagina anda.

Jadi, anda tidak perlu merasa khawatir jika mengalami keputihan.

Apakah ada keputihan yang berbahaya?

Jawabannya adalah ada. Jika anda mengalami keputihan namun gejala atau ciri-ciri keputihan anda tidak seperti gejala keputihan normal. Maka anda wajib segera menghubungi dokter untuk mengecek kondisi  kesehatan anda.

Hal ini karena gejala keputihan yang abnormal, bisa saja merupakan tanda-tanda pernyakit berbahaya.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut, apakah keputihan yang anda alami ini berbahaya atau tidak. Berikut sudah kami rangkum ciri-ciri keputihan yang bahaya.

Ciri-Ciri Keputihan yang Bahaya

Tanda-tanda keputihan yang abnormal dan perlu anda waspadai:

1. Keputihan yang Berwarna Selain Bening atau Putih

Normalnya, cairan keputihan akan berwarna bening atau putih susu. Jadi, jika anda mengalami keputihan namun cairan yang keluar berwarna selain itu, mungkin berwarna kuning atau hijau, ini dapat menjadi tanda anda mengalami penyakit kelamin, seperti klamidia dan gonore.

Lainnya, jika keputihan yang anda alami berwarna abu-abu dengan bau menyengat. Hal ini bisa saja merupakan tanda jika anda mengalami infeksi bakteri. Atau juga yang dikenal dengan nama vaginosis bakterialis. 

Kondisi ini biasanya juga dibarengi dengan gejala lain, seperti ada rasa nyeri saat ingin buang air kecil, dan juga muncul rasa gatal pada vagina.

Namun, untuk mengetahui lebih pasti. Segera konsultasikan keluhan anda kepada dokter agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Keputihan yang Disertai Rasa Gatal

Ciri-ciri keputihan yang bahaya berikutnya adalah keputihan yang menyebabkan rasa gatal. Keputihan yang normal tidak akan membuat anda merasakan gatal. 

Namun jika anda mengalami keputihan disertai rasa gatal, gejala ini merupakan tanda jika terdapat jamur Candida albicans yang tumbuh di vagina anda.

Jika ini dibiarkan begitu saja, dampak kedepannya akan semakin parah. Anda bisa saja mengalami pembengkakan vagina ataupun efek samping lainnya.

3. Keputihan yang Disertai Munculnya Darah

Kondisi keputihan yang abnormal selanjutnya adalah ketika keputihan yang anda alami disertai dengan keluarnya darah diluar masa haid.

Jika anda mengalami kondisi ini, kasus ini merupakan hal yang sangat berbahaya. Karena, gejala ini dapat menjadi tanda adanya infeksi pada vagina, radang panggul, atau bahkan kanker serviks.

Oleh sebab itu, jika anda mengalami keputihan dan ada darah yang muncul. Segera lakukan pemeriksaan dokter.

Penutup

Demikianlah beberapa ciri-ciri keputihan yang bahaya dan patut anda waspadai. Sekali lagi, jika anda mengalami tanda-tanda keputihan yang abnormal, sangat dianjurkan bagi anda untuk segera memeriksakannya ke dokter. 

Hasil Cek Plagiarisme