Contoh Motivation Letter Beasiswa agar Dilirik Reviewer
Contoh Motivation Letter Beasiswa agar Dilirik Reviewer

Contoh Motivation Letter Beasiswa agar Dilirik Reviewer

Beragam beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi semakin banyak dibuka bagi para calon mahasiswa, S1 maupun S2. Tak jarang salah satu dokumen yang jadi syarat pendaftaran adalah motivation letter. Bagaimana contoh motivation letter beasiswa yang baik?

Selain untuk mendaftar kerja, Motivation letter sendiri umumnya disusun untuk memenuhi syarat administrasi pengajuan seleksi beasiswa. Nah, seiring perkembangan teknologi, kini mahasiswa semakin akrab dengan internet untuk mencari berbagai informasi.

Bagi Anda yang saat ini masih bingung dan mencari contoh motivation letter beasiswa, berikut adalah beberapa contoh motivation letter beasiswa lpdp beserta tips penulisan yang benar. Barangkali uraian berikut dapat menjadi referensi untuk menulis motivation letter.

Apa Itu Motivation Letter?

Menurut International Hellenic University, Motivation letter merupakan surat pengantar yang menyertai dokumen lain seperti CV. Umumnya, motivation letter menjadi tolok ukur atau alasan yang membuat Anda layak diterima sebagai awardee suatu beasiswa.

Adapun, bentuk motivation letter biasanya berbentuk esai yang berisi uraian tentang kelebihan dan tujuan hidup yang dimiliki.

Dengan begitu reviewer dapat mengetahui sosok penulisnya. Banyak contoh motivation letter untuk daftar kuliah atau beasiswa yang dapat dijadikan referensi.

Hal itulah yang akan menjadi pertimbangan lebih bagi para penyeleksi untuk meloloskan Anda pada tahap selanjutnya.

Untuk itu, pastikan Anda menulisnya dengan baik dan benar agar penyeleksi melirik tulisan Anda. Kini telah banyak disediakan contoh motivation letter beasiswa pdf dan lainnya.

Cara Membuat Motivation Letter Beasiswa

Motivation Letter bisa dibilang menjadi ‘gerbang utama’ Anda untuk dapat dipercaya sebagai awardee beasiswa, baik Lpdp atau yang lainnya. Tak sedikit contoh motivation letter beasiswa S2 luar negeri, dalam negeri, dan sebagainya.

Meski begitu, sebaiknya Anda mengetahui cara menyusun Motivation letter terlebih dahulu sebelum melihat contoh-contohnya. Berikut adalah cara menyusunnya yang dapat Anda ikuti.

1. Pembuka

Hampir sama seperti surat yang lainnya, motivation letter juga memiliki tiga bagian, yakni pembuka, isi, dan penutup. Nah, pada bagian pembukaan ini, Anda perlu mengenalkan nama, asal sekolah/universitas, serta aktivitas yang sedang Anda jalani.

Kemudian berikan alasan singkat hal yang membuat Anda tertarik untuk mendaftar program beasiswa tersebut. Jangan lupa juga untuk menuliskan ucapan salam pada bagian ini seperti ‘Yth (nama lembaga beasiswa)’ atau ‘To Whom It My Concern,’ apabila menulis dalam bahasa Inggris.

Agar tak terlihat spaneng, boleh juga jika Anda tambahkan quote yang berhubungan dengan program studi yang relevan dengan permasalahan saat ini. Hal ini akan menarik perhatian penyeleksi untuk membaca keseluruhan suratmu.

2. Bagian Isi

Contoh motivation letter beasiswa yang baik adalah yang mengandung bagian isi yang menarik para reviewer. Lantas, hal apa saja yang sebaiknya dicantumkan pada bagian ini?

Nah, pada bagian ini sebaiknya Anda menguraikan beberapa kegiatan, prestasi, dan keahlian lainnya.

Tentu saja kegiatan dan keahlian tersebut yang sesuai dengan bidang yang Anda minati saat hendak mendaftar beasiswa. Meski demikian, alangkah baiknya jika Anda menyertakan bukti pendukung terhadap kemampuan yang dimiliki.

Tak hanya itu, ceritakan pula hal yang membuat Anda tertarik untuk mempelajari bidang tersebut. Lebih dari itu, Anda pun perlu mengaitkan kelebihan tersebut dengan visi misi program studi atau kampus yang Anda tuju.

Jangan lupa untuk menggunakan kata yang mudah dipahami. Tuangkan sedikit emosi di dalamnya sehingga dapat menarik pembaca.

3. Penutup

Nah, pada bagian akhir contoh motivation letter beasiswa ini, Anda perlu menuliskan harapan ketika Anda nantinya diterima sebagai penerima beasiswa. Tak perlu muluk-muluk, Anda dapat menuliskannya secara realistis.

Hal apa yang akan Anda lakukan ketika lulus untuk berkontribusi kepada masyarakat luas. Setelah mengutarakan harapan dan cita-cita, jangan lupa beri salam penutup dan nama lengkap di akhir surat. Cantumkan pula alamat email dan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi.

Nah, itulah bagian-bagian yang harus tercantum pada contoh motivation letter beasiswa bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tak hanya untuk beasiswa Lpdp, contoh motivation letter beasiswa bank Indonesia pun sama menggunakan susunan di atas.

Contoh Motivation Letter

Bagi Anda yang sedang mencari berbagai contoh motivation letter bi pdf atau contoh beasiswa lpdp pdf, dan beasiswa lainnya, baiknya perhatikan contoh penerapan tiga komponen penyusun motivation letter berikut terlebih dahulu.

1. Contoh Pembukaan

Yth. Panitia Penyelenggara Program Beasiswa ….

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Tak ada kesempatan yang datang begitu saja. Hal itu selalu saya pegang sedari saya kecil. Yang saya tahu, kesempatan harus dijemput dengan langkah yang berani dan kemantapan hati yang siap. Berdasarkan pada kesiapan hati, saya menjemput kesempatan meraih beasiswa dari …..

Saya, Arkadia Besuki, seorang gadis yang baru saja menyelesaikan pendidikan Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Sedari awal saya kuliah, saya menyadari bahwa terdapat banyak hal yang perlu dibangkitkan dari perekonomian Tanah Air.

2. Contoh Bagian Isi

Oleh karena itu, saya mencoba untuk terus berusaha menggali ilmu terkait bidang ekonomi dengan tujuan utama memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia. Hari ini, saya merasa ilmu yang saya miliki belum cukup.

Untuk itu, saya mengikuti berbagai organisasi, seperti StudentCatalyst dan juga AIESEC. Dengan bergabung dalam dua organisasi tersebut saya mencoba menggali ilmu lebih dalam terkait ilmu ekonomi, bisnis, dan hubungan sosial dengan orang sekitar.

Berbekal pengalaman tersebut, saya semakin berkeinginan untuk mengembangkan perekonomian Indonesia. Saya terdorong untuk membangun pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pusat UMKM tersebut berhasil saya dirikan bersama dua rekan saya. Di mana nantinya keduanya dapat membantu pada bagian pendanaan dan publikasi. Harapannya, masyarakat Indonesia semakin tertarik untuk mendukung UMKM tanah air.

Kini, saya berniat untuk menyempurnakan usaha tersebut dengan memperdalam keilmuan di bidang ekonomi. Hal itulah yang mendorong saya untuk melanjutkan studi Magister Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia.

3. Contoh Bagian Penutup

Oleh sebab itu, saya menaruh harapan besar agar Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia memberikan kesempatan bagi saya meraih beasiswa … . Jika nantinya saya terpilih, saya dapat mengembangkan usaha tersebut dan mendukung UMKM di Indonesia.

Dengan begitu pula, saya dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk membangun pusat UMKM. Sehingga dapat membangun perekonomian Indonesia. Saya meyakinii program beasiswa ini dapat pmengembangkan diri saya dan bangsa.

Demikian surat motivasi ini saya buat, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Arkadia Besuki

Penutup

Itulah uraian mengenai contoh motivation letter beasiswa yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga uraian tersebut dapat membantu kesulitan Anda menyusun motivation letter dan selamat mencoba. Pastikan teliti lebih dulu sebelum mengirimkannya ya!