Download Aplikasi Google Meet dan Ketahui Cara Penggunaannya

Download Aplikasi Google Meet dan Ketahui Cara Penggunaannya

Download Aplikasi Google Meet – Apakah kamu sudah download aplikasi Google Meet dan mempergunakan untuk kebutuhan kerja? Terutama yang bekerja di belakang meja diharuskan memiliki aplikasi ini di desktop maupun perangkat pintar masing-masing.

Seiring majunya teknologi, ditemukan banyak perangkat dan software yang mampu membantu pekerjaan manusia. Bukan hanya dalam segi penyelesaian pekerjaan, tapi juga untuk membantu pertemuan kerja atau rapat agar bisa berlangsung lebih fleksibel.

Dengan menggunakan rapat daring, maka tidak ada keharusan untuk melakukan pertemuan langsung sehingga bisa sangat menghemat sumber daya. Sebagai platform yang banyak digunakan, Google juga menyediakan ruang melaksanakan meeting yaitu Google Meet.

Berkenalan dengan Google Meet, Solusi Konferensi Daring

Tidak dapat ditampik kecanggihan telah merajai segala bidang. Hal ini juga berpengaruh pada perkembangan dunia bisnis, perdagangan, pendidikan, dan sektor lainnya. Terutama setelah ditemukannya smartphone dan berkembangnya dunia internet.

Google sebagai entitas berpengaruh dunia digital, tentu saja ikut andil dalam perkembangan ini. kamu tentu tidak asing dengan Gmail, layanan bertukar surel dari platform Google.

Sekarang akun Gmail kamu tidak hanya bisa digunakan bertukar pesan, tapi juga untuk download aplikasi Google Meet. Google meet atau Gmeet, merupakan sebuah apk yang dapat digunakan melakukan konferensi jarak jauh.

Selama masa pandemi, pertemuan-pertemuan daring ini makin banyak dilakukan. Terutama dilakukan untuk melakukan pertemuan bisnis, rapat, webbinar, dan berbagai keperluan kerja lainnya.

Selain Gmeet ada juga berbagai platform lainnya menawarkan layanan melakukan pertemuan daring. Namun, Gmeet punya banyak kelebihan sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan utama. Ini dia beberapa kelebihan Gmeet:

Kelebihan Google Meet

  1. Terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, termasuk rapat/kelas daring dengan peserta mencapai 500 orang.
  2. Bisa melakukan rapat daring dengan anggota 100 orang berdurasi 60 menit per pertemuan.
  3. Siaran live stream sampai 100 ribu audiens hanya dengan satu domain saja.
  4. Bisa digunakan untuk bisnis, sekolah, maupun organisasi lainnya.
  5. Download aplikasi Google Meet dapat dilakukan oleh pribadi pengguna produk dari platform Google. Masuk saja ke salah satu layanan kemudian bisa akses Gmeet.
  6. Dapat dimanfaatkan sebagai instrumen bisnis, terutama jika sudah menjadi pengguna Workspace. Cukup memanfaatkan akun surel yang sudah ada.
  7. Sudah include dalam Google Workspace dan G Suite for Education sehingga dapat digunakan oleh admin Google Workspace.

Versi Desktop atau Download Aplikasi Google Meet

Ada dua cara penggunaan Gmeet, bisa menggunakan personal komputer maupun perangkat pintar. Jika kamu menggunakan desktop/pc/laptop hanya perlu memanfaatkan browser saja.

Misalnya menggunakan Chrome hanya perlu membuka laman Gmeet dan mengirimkan undangan ke pengguna Gmail untuk masuk ke dalam room. Jika ingin mengadakan pertemuan lebih dari 2 orang, bisa kirimkan undangan sekaligus ke banyak alamat mail.

Bagi yang ingin mengakses menggunakan ponsel pintar atau tablet, maka perlu mengunduh app-nya terlebih dahulu. Silahkan download aplikasi Google Meet dari toko resmi perangkat pintar, hanya butuh beberapa menit.

Untuk memulai pertemuan baru, kamu tinggal login ke akun Gmail, bisa sign up apabila belum ada. Masuk ke akun tersebut, lalu buat ruang rapat baru. Selanjutnya tinggal kirimkan undangan ke pengguna Gmail lainnya (jika mengakses layanan gratis).

Apabila kamu bukan admin atau pembuat acara, maka perlu bergabung ke ruang rapat menggunakan kode undangan. Selain invitation code, bisa juga penyelenggara mengundang lewat link atau menyediakan nomor telepon maupun PIN.

Kebijakan jenis invitation akan tergantung dari masing-masing admin atau penyelenggara pertemuan. kamu hanya perlu mengikuti ketentuannya saja.

Agar lancar dalam mengikuti pertemuan, kamu harus download aplikasi Google Meet terbaru dan gunakan perangkat yang mendukung dari segi gambar maupun audio. Jika menggunakan PC tanpa kamera, kamu harus menambahkan kamera juga menggunakan headphone.

Kamera dan headphone merupakan perangkat tambahan penting yang harus ada untuk mendukung kamu bergabung dalam pertemuan daring. Ada baiknya tes dulu kedua perangkat tersebut sebelum membuat ruang atau bergabung dalam ruang rapat daring.

Perkembangan dunia teknologi menuntut kamu harus turut serta dalam penggunaannya, terutama jika kamu bekerja sebagai karyawan atau pegawai. Salah satunya dengan mengenal Gmeet, platform rapat daring yang memudahkan terlaksananya pertemuan di dunia maya.

Agar bisa menggunakannya di pc pengguna perlu memiliki akun Gmail. Apabila menggunakan ponsel pintar. Maka perlu download aplikasi Google Meet terlebih dahulu agar bisa mempergunakannya.