Game Edukasi Anak Lengkap Untuk PC Dan Mobile
Game Edukasi Anak Lengkap Untuk PC Dan Mobile

Game Edukasi Anak Lengkap Untuk PC Dan Mobile

Bermain game edukasi anak lengkap yang mendidik atau mengedukasi anak bisa menjadi alternatif untuk belajar di rumah menggunakan gadget. Anda bisa memanfaatkan PC atau gadget mobile yang anda miliki untuk bermain game edukasi.

Tentunya sudah menjadi kewajiban bagi orang tua agar bisa mendidik atau memberikan edukasi kepada anaknya dengan baik. Walaupun terkadang anak merasa kesulitan untuk bisa memahami pembelajaran, untuk mengakalinya Anda bisa menggunakan game yang menarik.

Game Edukasi Anak Lengkap Untuk PC

Seiring dengan berkembangnya teknologi semakin banyak pula game edukasi anak lengkap yang bisa dimainkan untuk berbagai jenis gadget. Apa saja game edukasi tersebut simak berikut beberapa pilihan terbaik untuk dimainkan anak dan tidak mudah membuatnya bosan:

1. Coloring Book

Seperti namanya game ini merupakan salah satu game mewarnai yang sangat cocok untuk anak-anak belajar warna. Ada banyak sekali pilihan gambar yang bisa dipilih sesuai keinginan dari berbagai macam tema, setidaknya ada 50 gambar yang dapat Anda pilih.

Selain itu tersedia juga berbagai macam palet warna yang sangat beragam untuk membuat pewarnaan anak menjadi lebih kreatif. Selain belajar warna anak juga bisa belajar mengenai hewan maupun tumbuhan dan berbagai macam objek lain sesuai dengan tema pewarnaannya.

Anda bisa download game edukasi anak PC offline gratis ini melalui berbagai website toko aplikasi yang banyak tersedia di internet. Atau melalui toko aplikasi resmi yang disediakan oleh windows.

2. Maze Book

Maze book adalah game edukasi yang bisa digunakan secara offline gratis tanpa dipungut biaya apapun. Game ini juga mempunyai ukuran yang ringan yaitu 1,99 MB dan mempunyai banyak fitur yang cocok digunakan untuk anak-anak yang berusia 6 – 11 tahun.

Game ini mempunyai fitur atau permainan yaitu misteri labirin yang dapat menguji kemampuan evaluatif anak ditambah dengan berbagai warna-warni yang menarik. Selain itu anak juga bisa belajar mengenal objek dan warna yang beragam.

Cara download game edukasi anak lengkap PC Maze Book ini sangat mudah, anda hanya perlu mengunduhnya melalui berbagai website unduhan aplikasi PC. Walaupun biasanya website mengandung banyak iklan namun bisa diunduh secara gratis tanpa biaya.

3. World Of Zoo

Game edukasi yang satu ini termasuk dalam jenis game untuk pc yang bisa digunakan secara offline namun berbayar. Anak bisa belajar untuk berkomunikasi bersama hewan dengan membuat kebun binatang sendiri di dalam game.

Tentunya dengan lebih dari 90 spesies hewan yang ada anak bisa belajar mengenal banyaknya ragam hewan dari berbagai jenis spesies. Game World of zoo juga sudah banyak digunakan sebagai game edukasi anak TK PC yang dimainkan di sekolah.

4. Nancy Drew

Ini juga merupakan game edukasi anak lengkap PC yang bisa digunakan secara offline namun berbayar dan memiliki genre game detektif. Di dalam game ini anak akan belajar untuk menyelidiki masalah dan menyamar sampai menyelesaikan masalah yang ada.

Dengan gameplay yang menarik dan alur cerita yang tidak bisa ditebak game ini bisa memberikan pembelajaran sembari berpetualang. Di dalam game anak juga akan diberikan berbagai macam teka-teki yang bisa mengasah mental serta kemampuan berpikirnya.

5. Cake Mania 3

Game selanjutnya yaitu cake mania 3, seperti namanya ini merupakan game yang memiliki genre cooking atau memasak. Dalam game ini anak bisa belajar dan bermain sebagai seorang koki yang bertugas untuk menyiapkan pernikahan dan membangun toko kue.

Di dalam game ini anak-anak akan belajar untuk mengatur waktu serta mengatur keadaan toko roti agar pelanggan bisa merasa puas. Dengan berbagai fitur yang menarik game ini tidak akan membuat anak merasa bosan ditambah visualnya yang lucu.

Game Edukasi Anak Lengkap Untuk Mobile

Game edukasi anak lengkap yang bisa dimainkan pada perangkat mobile bisa mempermudah anak untuk belajar menggunakan gadget untuk hal yang lebih positif. Dibandingkan jika anak menggunakan gadget mobile kebanyakan hanya dijadikan sebagai sarana bermain game online.

Simak berikut ini beberapa game edukasi anak 2 tahun sampai 11 tahun yang bisa digunakan untuk anak belajar sambil bermain :

1. Kids Puzzles – Wooden Jigsaw

Permainan puzzle yang dibuat dengan konsep atau style jigsaw bergaya kayu ini pasti sangat menyenangkan jika dimainkan. Permainan puzzle sendiri pastinya bisa saat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak apalagi dalam bentuk yang menarik.

Anak bisa belajar untuk berpikir logis dan juga mengembangkan kemampuan motoriknya serta menambah pengetahuan anak dari persepsi visual yang ada pada game. Game ini juga dibuat khusus untuk anak-anak sehingga mempunyai berbagai macam gambar yang lucu.

2. Khan Academy Kids

Aplikasi ini bisa memberikan banyak sekali permainan yang bermanfaat untuk anak mulai dari belajar membaca menulis belajar bahasa matematika dan pengembangan motorik. Bahkan game ini banyak digunakan sebagai game edukasi anak SD untuk belajar di sekolah.

3. Quick Brain

Khusus untuk game yang satu ini memiliki tema khusus perhitungan matematika dan menjadi sarana belajar matematika terbaik untuk anak. Dengan aplikasi ini anak bisa belajar perhitungan sederhana sembari mengasah otaknya dalam memproses perhitungan tersebut.

4. PreSchool Learning Games

Aplikasi ini juga termasuk dalam salah satu game edukasi anak lengkap karena di dalamnya terdapat banyak sekali fitur game yang menarik. Diantaranya mulai dari belajar huruf, belajar warna, belajar bentuk benda, angka, alfabet dan masih banyak lainnya.

Bahkan ada juga beberapa kuis yang bisa anak lakukan untuk mengetes kembali pembelajaran yang sudah dilakukannya. Aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai game edukasi anak tk online maupun offline.

5. Cooking Mama Let’s Cook

Game cooking mama ini seperti namanya merupakan game dengan genre memasak yang bisa dimainkan dalam gadget mobile. Di dalam game ini anak bisa bermain menjadi seorang koki yang memasak menu tertentu, uniknya game ini menyajikan resep yang seperti asli.

Bahkan tampilannya juga seperti nyata dalam setiap proses memasak anak dilibatkan secara langsung bisa melatih motorik maupun pengetahuannya dalam memasak. Menu yang dimasak juga beragam sehingga tidak membuat anak menjadi mudah bosan untuk bermain.

6. Doctor Kids

Game ini memiliki genre atau tema dokter bisa digunakan untuk anak Anda yang ingin menjadi seorang dokter. Dalam game ini anak bisa belajar mengetahui bagaimana pekerjaan sebagai dokter, anda bisa download game edukasi anak lengkap ini dari Playstore.

Diantaranya mulai dari melakukan pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, melakukan x-ray pada tulang sampai menggunakan mikroskop untuk meneliti bakteri. Ada juga beberapa misi yang harus dilakukan oleh anak seperti mengobati pasien yang datang.

Itulah beberapa game edukasi anak lengkap bisa anda gunakan atau mainkan pada perangkat PC maupun mobile. Dari sekian banyak game tersebut bisa anda sesuaikan mana yang paling sesuai dengan umur anak Anda agar bisa memahami pembelajaran dengan baik.