klub sepak bola terbaik di dunia

Klub Sepak Bola Terbaik di Dunia Sepanjang Sejarah

Sepak bola adalah satu jenis olahraga yang dimainkan oleh para atlet dunia. Pertandingan antar klub sepak bola di dunia selalu menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu. Di antara banyaknya klub sepak bola yang ada, manakah klub sepak bola terbaik di dunia?

Seperti apa profil dari masing-masing klub sepak bola terbaik di dunia saat ini? Jika Anda penasaran akan jawabannya, maka pastikan untuk membaca artikel ini. Ya, artikel ini akan memberikan informasi  tentang daftar klub sepak bola terbaik di dunia!

Daftar 11 Klub Sepak Bola Terbaik di Dunia

Klub sepak bola yang menjadi klub terbaik pastinya didukung oleh beragam faktor. Misalnya, pemain, manajemen, pelatih, dana atau anggaran, dan lain sebagainya. Memangnya, apa saja klub sepak bola terbaik di dunia banyak fansnya? Apa klub terbaik di dunia?

Berikut ini informasi tentang daftar klub sepak bola terbaik di dunia 2022, yaitu:

1. Real Madrid

Siapa yang tidak mengenal klub sepak bola bernama Real Madrid? Pastinya semua pecinta sepak bola sudah tahu mengenai Real Madrid sebagai salah satu klub terbaik di dunia saat ini. Klub bola ini didirikan sejak tahun 1902 di Madrid, Spanyol.

Selain memegang gelar klub sepak bola terbaik di dunia nomor 1, Real Madrid juga merupakan klub terkaya di dunia. Berapa total kekayaan Real Madrid? Klub terbaik abad 21 yang satu ini memiliki total kekayaan kurang lebih senilai $ 5,1 Miliar atau setara dengan Rp 74,2 Triliun.

Prestasi

Sejak didirikan, Real Madrid mencetak banyak prestasi. Di tahun 1950, Real Madrid bahkan disebut-sebut sebagai kekuatan utama sepak bola Spanyol dan juga Eropa. Pada abad ke-20 pun, FIFA menyebutkan bahwa Real Madrid menjadi salah satu klub terbaik.

Gelar klub sepak bola terbaik dipegang oleh Real Madrid karena berbagai alasan. Prestasi yang dimiliki klub sepak bola asal Spanyol ini memang sangat banyak. Real Madrid sudah memenangkan piala kejuaraan di berbagai liga sepak bola dunia hingga saat ini.

Sebagai klub bola paling sukses, Real Madrid berhasil memperoleh 14 gelar juara di Eropa. Piala ke-14 berhasil diraih Real Madrid dalam Liga Champions setelah mengalahkan Liverpool dalam pertandingan final di Paris bulan Mei 2022 lalu.

Selain Liga Champions, prestasi lainnya yang diperoleh Real Madrid di dunia olahraga Eropa adalah menjuarai Piala UEFA (1984-1985, 1985-1986) dan Piala Super UEFA (2002, 2014, 2016, dan 2017).

Di ajang sepak bola dunia, Real Madrid pernah menjuarai Piala Interkontinental pada tahun 1960,1998, dan 2002. Selain itu klub ini juga menjadi juara Piala Dunia Antarklub FIFA pada tahun 2014,2016,2017, dan 2018.

2. Bayern Munchen

Selain Real Madrid, salah satu klub terbesar di dunia adalah Bayern Munchen. Klub sepak bola dari Jerman ini sudah didirikan sejak 1900 dan saat itu dipimpin oleh Franz John.

Prestasi

Pada tahun 1932, Bayern Munchen berhasil memenangkan pertandingan pertama. Bayern Munchen meraih kesuksesan pada pertengahan tahun 1970-an. Saat itu, klub sepak bola ini berhasil memenangkan kejuaraan Piala Champions tiga kali berturut-turut yaitu di tahun 1974-1976. 

Hingga saat ini sudah ada 6 piala kejuaraan Liga Champions yang diperoleh Bayern Munchen sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia FIFA. Piala kejuaraan ke-6 diraih pada tahun 2020 lalu.

Selain Liga Champions, klub sepak bola Eropa yang satu ini juga mencetak banyak prestasi di dunia sepak bola Eropa, yaitu juara di Liga Eropa UEFA (1995-1996), Piala Winners UEFA (1966-1967), Piala Super UEFA (2003, 2020).

Di ajang sepak bola dunia, Bayern Munchen pernah menjuarai Piala Interkontinental pada tahun 1976 dan 2001. Selain itu klub ini juga menjadi juara Piala Dunia Antarklub FIFA pada tahun 2013 dan 2020.

3. Barcelona

Klub terbaik menurut FIFA lainnya adalah Barcelona. Klub asal Spanyol ini sudah didirikan sejak tahun 1899. Saat didirikan, pemain Barcelona terdiri dari pemain-pemain Swiss, Jerman, Inggris, dan Katalan. Pemimpin tim sepak bola Barcelona saat itu adalah Joan Gamper.

Barcelona terkenal dengan kostum pemain yang memiliki kombinasi warna merah dan biru. Kostum tersebut membuat Barcelona mendapat julukan Blaugrana.

Prestasi

Barcelona pantas menjadi salah satu dari 10 klub sepak bola terbaik di dunia karena segudang prestasi yang dimilikinya sejak didirikan. Klub sepak bola ini bahkan menjadi klub sepak bola pertama yang menjadi juara di Liga Spanyol.

Selain itu, sebagai salah satu klub sepak bola di Eropa Barcelona juga menjadi klub pertama yang berhasil memperoleh gelar treble. Gelar tersebut diperoleh karena berhasil menjadi juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Di dalam dunia sepak bola tipe domestik, Barcelona mencetak rekor sejarah dengan memenangkan Piala Raja Spanyol sebanyak 31 kali hingga saat ini. Kemenangan terakhirnya diperoleh pada pertandingan Piala Raja Spanyol 2020-2021.

Hingga saat ini, Barcelona berhasil meraih 5 piala juara di Liga Champions UEFA. Gelar kelima dalam liga tersebut berhasil diraih pada tahun 2014-2015. Selain Liga Champions UEFA, Barcelona juga berhasil meraih beberapa kali juara di Piala Winners UEFA, Piala Super UEFA, dan Piala Inter-Cities Fairs.

Di ajang dunia sepak bola dunia, Barcelona berhasil meraih tiga kali gelar juara pada Piala Dunia Antarklub FIFA. Gelar juara tersebut diraih pada tahun 2009, 2011, dan 2015.

4. Liverpool

Salah satu klub sepak bola terbaik di dunia adalah Liverpool. Klub sepak bola dari Inggris yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1892. Masa terbaik kesuksesan yang diraih Liverpool saat dibawah pimpinan manajer Bill Shankly. Beliau bahkan menjadi salah satu tokoh legenda di Liverpool.

Liverpool yang memiliki julukan The Reds juga merupakan salah satu klub sepak bola yang memiliki banyak fans di seluruh dunia.

Prestasi

Sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia, Liverpool memiliki banyak prestasi. Hingga saat ini Liverpool bahkan menjadi klub sepak bola Inggris yang meraih piala terbanyak di dunia sepak bola Eropa. Total piala yang diraihnya adalah 13 kali juara Piala Eropa.

Liverpool berhasil meraih juara di Liga Champions UEFA sebanyak 6 kali. Piala atau gelar keenam yang baru diraihnya di tahun 2018-2019. Selain itu, di tingkat Eropa Liverpool juga meraih beberapa kali juara di Liga Eropa UEFA, dan Piala Super UEFA.

Di dalam dunia sepak bola tingkat dunia, Liverpool berhasil menjadi juara pertama pada Piala Dunia Antarklub FIFA di tahun 2019.

5. Manchester United

Klub apa yang terbagus? Manchester United merupakan salah satu klub bola asal Inggris yang paling bagus. Selain performanya yang bagus, klub ini juga termasuk salah satu klub sepak bola paling populer. Hal ini karena Manchester United merupakan salah satu klub terbesar sepanjang masa di Liga Inggris.

Manchester United didirikan sejak tahun 1878. Nama klub Manchester United sendiri baru digunakan sejak tahun 1902 karena sebelumnya memiliki nama Newton Heath LYR Football Club. Kini, klub yang memiliki julukan The Red Devils ini memiliki stadion kandang di Old Trafford.

Prestasi

Sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia, Manchester United memiliki banyak prestasi. Klub sepak bola ini berhasil meraih juara sebanyak 3 kali di Liga Champions UEFA.

Selain itu, di tingkat sepak bola Eropa, Manchester United berhasil meraih juara di Piala Winners UEFA (1990-1991), Liga Eropa UEFA (2016-1017), dan Piala Super Eropa (1991).

Sementara di tingkat internasional, Manchester United berhasil meraih juara pertama Piala Interkontinental (1999) dan Piala Dunia Antarklub FIFA (2008).

6. Ajax

Klub sepak bola Ajax juga masuk ke dalam rangking klub terbaik di dunia. Klub bola yang satu ini berasal dari Belanda dan didirikan pada tahun 1900. Hingga saat ini, Ajax juga merupakan klub sepak bola terbaik yang ada di Belanda.

Klub sepak bola paling bagus ini juga dikenal memiliki sistem pembinaan pada pemain muda sepak bola. Ajax bahkan menjadi salah satu klub sepak bola yang terus melahirkan pemain-pemain handal dan berbakat di Belanda.

Prestasi

Klub sepak bola Ajax menjadi salah satu klub sepak bola Eropa paling sukses. Ajax berhasil meraih peringkat ke tujuh sebagai klub bola Eropa tersukses pada abad 20. Gelar tersebut diberikan oleh IFFHS kepada Ajax.

Selain itu, di tingkat dunia sepak bola internasional, Ajax juga memiliki segudang prestasi. Klub sepak bola Belanda ini berhasil meraih 4 kali kemenangan di Piala Liga Champions.

Selain itu, Ajax juga pernah menjadi juara di Piala Winners Eropa (1986-1987), Piala UEFA (1991-1992), Piala Super UEFA (1973, 1995), Rangers First Centenary (1972), Piala Interkontinental (1972, 1995), dan Karl Rappan Cup (1962).

7. Inter Milan

Klub sepak bola terhebat lainnya adalah Football Club Internazionale Milano atau Inter Milan. Klub sepak bola asal Italia ini sudah didirikan sejak 9 Maret 1908. Kini stadion utama atau stadion kandang Inter Milan adalah stadion San Siro dengan kapasitas kurang lebih 80.018.

Inter Milan memiliki tiga julukan yaitu il Bicone, il Nerazzurri, dan La Beneamata. Pesaing utama atau rival dari Inter Milan adalah AC Milan.

Prestasi

Masa kejayaan Inter Milan kedua sejak berdiri adalah tahun 2006 hingga 2010. Pada masa tersebut, Inter Milan berhasil meraih lima gelar sekaligus. Klub ini berhasil menjuarai Liga Champions UEFA, Serie A, Coppa Italia, Piala Super Italia, dan Piala Dunia Antarklub FIFA (2010).

8. AC Milan

Rival ketat Inter Milan adalah AC Milan yang juga menjadi salah satu klub sepak bola terbaik. AC Milan didirikan pada tahun 1899. Pada awal pendiriannya, klub ini didirikan sebagai klub kriket dan sepak bola Milan. 

Kini AC Milan juga dikenal sebagai salah satu klub raksasa Italia. Kostum pemain yang menjadi andalan AC Milan berwarna merah hitam bergaris.

Prestasi

Apa saja prestasi AC Milan? AC Milan berhasil meraih juara sebanyak tujuh kali dalam Liga Champions UEFA. Gelar ketujuh berhasil AC Milan dapatkan pada pertandingan tahun 2006-2007. Selain itu, AC Milan juga berhasil menjuarai Piala Winners UEFA sebanyak dua kali di tahun 1967-1968 dan 1972-1973.

Di tingkat Eropa, AC Milan bahkan meraih juara Piala Super UEFA sebanyak lima kali. Piala kejuaraan tersebut diperoleh pada tahun 1989, 1990, 1994, 2003, dan 2007.

Sementara itu, di tingkat dunia, Piala Interkontinental pernah diraih AC Milan sebanyak tiga kali (1969, 1989, 1990). AC Milan juga sempat memenangkan Piala Dunia Antarklub FIFA di tahun 2007.

9.  Chelsea

Chelsea merupakan salah satu nama klub sepak bola terbaik di dunia yang didirikan pada tahun 1905. Klub sepak bola yang memiliki markas di Fulham, London ini memiliki julukan The Blues. Klub ini menjadi salah satu klub bola Inggris paling sukses karena memenangkan lebih dari 30 gelar juara.

Pusat pelatihan sepak bola klub Chelsea berada di Cobham, Surrey. Pusat pelatihan dengan fasilitas lengkap ini diberi nama Pusat Pelatihan Cobham yang digunakan sejak tahun 2007.

Prestasi

Prestasi terbaru di tingkat dunia yang berhasil diperoleh Chelsea adalah menjuarai Piala Dunia Antarklub FIFA di tahun 2021. Selain itu, pada tahun 2020-2021, Chelsea menjadi juara Liga Champions UEFA setelah sebelumnya menang di tahun 2011-2012.

Di tingkat Eropa, prestasi lainnya yang diperoleh Chelsea adalah juara Liga Eropa UEFA (2012-2013, 2018-2019), Piala Super UEFA (1998, 2021), dan Piala Winners UEFA (1970-1971, 1997-1998).

10. Manchester City

Klub sepak bola terbaik di dunia lainnya adalah Manchester City. Klub bola ini didirikan pada tahun 1880 dengan nama ST Mark’s. Di tanggal 16 April 1894, klub sepak bola ini baru disebut sebagai Manchester City.

Manchester City merupakan yang berasal dari kota yang sama dengan Manchester United. Manchester City memiliki markas di Stadion Etihad, Manchester, Inggris.

Prestasi

Masa kejayaan yang pernah dialami Manchester City adalah akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Saat itu, Manchester City berada di bawah pembinaan manager Joe Mercer yang dibantu oleh asisten bernama Malcolm Alliston.

Manchester City pernah meraih gelar juara pertama di Piala Winners UEFA 1969-1970. Selain itu, Manchester City masih memilih segudang prestasi lainnya di kejuaraan Liga Utama Inggris, Liga Satu Inggris, Divisi Kedua, Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield FA.

11. PSG

Paris Saint Germain Football Club atau PSG juga merupakan salah satu klub sepak bola paling berharga. Klub sepak bola yang satu ini didirikan di tahun 1970. Sebenarnya proses pendirian klub bola ini berdasarkan gabungan antara Paris FC dan Stade Saint Germain.

Prestasi

Apa saja prestasi yang diraih PSG? Sebagai salah satu klub sepak bola terbaik asal Prancis, PSG memiliki beberapa prestasi di pertandingan domestik maupun Eropa. PSG pernah menjadi juara di kompetisi Ligue 1, Ligue 2, Piala Prancis, Piala Liga Prancis, dan Piala Super Prancis.

PSG bahkan mencetak rekor kemenangan sebanyak 14 kali dalam pertandingan Piala Prancis. Gelar ke-14 dalam kejuaraan ini berhasil diraih PSG pada tahun 2020-2021.

Sementara di tingkat Eropa, PSG berhasil menjadi juara Piala Winners UEFA tahun 1995-1996. Selain itu, klub sepak bola ini juga menjadi juara Piala Intertoto UEFA di tahun 2001.

Itulah daftar beberapa klub sepak bola terbaik di dunia sepanjang sejarah. Masing-masing klub sepak bola tersebut masih terus bertanding meningkatkan performa untuk tetap memenangkan setiap pertandingan dan menjadi salah satu klub sepak bola terbaik yang ada di dunia!