Komunikasi Orang Tua dan anak

Komunikasi Dua Arah yang Sukses dengan Anak Anda

Salah satu tantangan paling membuat frustrasi yang kita hadapi sebagai orang tua adalah berkomunikasi secara efektif dengan anak kita.

Meskipun kami berusaha untuk membuka jalur komunikasi dua arah yang jujur ​​dengan anak kami, kami merasa masih frustrasi ketika tampaknya perhatian mereka tidak hanya pada kami atau percakapan yang ada.

Namun tampaknya kita merasa bahwa mendiskusikan berbagai hal dengan mereka sambil membaca koran, melipat pakaian, atau bekerja di depan komputer adalah hal yang wajar, dan kemudian sering bertanya-tanya mengapa komunikasi masih belum juga terjalin dengan baik.

Pada dasarnya anak-anak tidak terlalu mempedulikan lingkungan mereka dan cenderung tidak responsif. Adalah tanggung jawab orang tua untuk menekankan pola komunikasi yang positif dan memastikan anak belajar bahwa mengabaikan komunikasi adalah hal yang tidak dapat diterima.

Menerapkan komunikasi yang berkualitas baik dengan anak merupakan faktor yang paerlu dilakukan sejak dini.  Ajari anak Anda dengan memberi contoh. Tetap fokus sepenuhnya dan sepenuhnya pada mereka dan percakapan yang ada.

Bicaralah dengan anak Anda, dan jelaskan kepada mereka dalam istilah yang sesuai dengan usia mereka bagaimana mereka berkomunikasi dan mengapa metode mereka tidak berhasil.

Anda sebagai orang tua perlu menunjukkan bagaimana berkomunikasi dengan mereka walaupun harus menjawab pertanyaan mereka yang sering kali terasa sulit.

Jadikan diri Anda sebagai pendengar yang aktif. Berikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan pendapat atau sisi cerita mereka dan sesekali ajukan pertanyaan untuk memastikan Anda memahami sudut pandang mereka.

Tetaplah konstan dalam cara Anda berkomunikasi dengan anak Anda. Kirim pesan yang sama dengan setiap interaksi. Biarkan anak Anda melihat bahwa Anda akan menarik perhatian mereka pada saat-saat ketika perilaku yang tidak diinginkan muncul di kepalanya.

BACA JUGA :  Melindungi kesehatan emosional anak Anda

Anak-anak tetaplah anak-anak dan mereka terkadang mengganggu dan tidak komunikatif. Anda adalah ahli dalam mengetahui perilaku anak Anda dan dapat menilai dengan baik peningkatan komunikasi mereka.

Cara terbaik untuk memastikan pola komunikasi yang sehat adalah dengan mencontohkan keterampilan komunikasi yang positif.

Mulailah berkomunikasi secara efektif sejak anak-anak masih muda.

Ciptakanlah suasana yang nyaman sebelum Anda melakukan komunikasi dengan anak Anda.
Selalu memiliki waktu dan mengutamakan kesempatan untuk dapat berkomunikasi dalam suasana yang nyaman bagi mereka untuk berani berbicara dan memberikan jawaban yang mudah dimengerti sesuai dengan kemampuan umur mereka.

Berkomunikasi di tingkat kemampuan anak-anak Anda.

Ketika orang tua berkomunikasi dengan anak-anak mereka, penting bagi mereka untuk turun ke tingkat anak-anak mereka baik secara verbal maupun fisik.
Secara verbal, orang tua harus mencoba menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia yang mudah dipahami oleh anak-anak mereka.

  • Belajarlah untuk benar-benar mendengarkan.
  • Lakukan dan pertahankan kontak mata.
  • Hilangkan gangguan.
  • Dengarkan dengan mulut tertutup.
  • Biarkan anak-anak Anda tahu bahwa mereka telah didengar.

Jaga agar percakapan tetap singkat.

Anak-anak yang lebih muda, semakin sulit bagi mereka untuk duduk melalui pidato panjang.
Salah satu aturan yang baik bagi orang tua adalah berbicara dengan anak kecil tidak lebih dari 30 detik, lalu minta mereka mengomentari apa yang dikatakan.

Ajukan pertanyaan yang tepat.

Beberapa pertanyaan membantu percakapan, sementara beberapa dapat menghentikan percakapan mati di mereka trek. Orang tua harus mencoba bertanya pertanyaan terbuka di mereka percakapan dengan anak-anak mereka.

BACA JUGA :  7 Tips Komunikasi Yang Efektif dengan Anak

Ekspresikan perasaan Anda sendiri dan ide saat berkomunikasi dengan anak-anak.

Untuk komunikasi menjadi efektif, itu harus dua arah jalan. Tidak hanya orang tua yang harus tersedia untuk dan mendengarkan mereka anak-anak untuk komunikasi yang efektif berlangsung; mereka juga harus bersedia untuk berbagi pemikiran mereka sendiri dan perasaan dengan anak-anak mereka.

Jadwalkan pertemuan keluarga secara teratur atau kali untuk berbicara.

Satu yang sangat berguna alat komunikasi untuk keluarga dengan anak-anak yang lebih besar dijadwalkan secara teratur waktu untuk berbicara. Hal ini dapat dilakukan dalam sejumlah cara. Pertama-tama, ada pertemuan keluarga.

Pertemuan keluarga bisa dijadwalkan, misalnya seminggu sekali, dan/atau setiap kali ada sesuatu yang keluarga perlu berdiskusi.