liga sepak bola Indonesia

Macam-Macam Liga Sepak Bola Indonesia Dan Kastanya

Jika membicarakan sepak bola Indonesia pasti tak akan lepas dari liga sepak bolanya. Namun, ternyata banyak orang yang belum tau tentang liga sepak bola Indonesia ini. Mulai dari urutan kasta atau bahkan kontroversi yang ada di dalamnya.

Sejarah Liga Sepak Bola Indonesia

Sebelum kamu mencari tahu tentang macam-macam liga sepak bola, alangkah baiknya jika kamu mencari tahu bagaimana sejarahnya.

1. Pada tahun 1994-2008

Pada tahun ini awalnya turnamen sepak bola Indonesia hanya mengenal divisi utama, divisi satu, dan divisi dua.

2. Tahun 2008-2009

Namun sejak tahun 2008-2009 terdapat perubahan di kasta tertinggi dan terendah. Kasta tertinggi muncul Liga super Indonesia dan liga bawah hadir divisi I, II, dan III.

3. Tahun 2014

Selanjutnya pada tahun 2014, divisi III dan III dilebur menjadi nama Liga Nusantara. Sedangkan divisi satu rencananya juga akan dilebur dengan Liga Nusantara pada satu tahun setelahnya. Namun karena kisruh dalam negeri, rencana itu dibatalkan.

4. Tahun 2017-2018

Dan akhirnya pada tahun 2017 dapat diwujudkan liga sepak bola Indonesia semakin berkembang, yakni merubah Liga Super Indonesia menjadi liga 1, 2 dan 3. Namun pada tahun 2018 sistem dari liga ini diubah.

Jadi sebanyak 37 tim yang terdegradasi dari kasta kedua tidak bisa dengan mudah mengikuti kasta ketiga, namun ditampung dulu di kasta baru antara kasta kedua dan ketiga.

9 Macam Liga dan Kejuaraan sepak bola Indonesia

Kebanyakan orang hanya tau liga sepak bola hanya liga 1 dan 2, ya karena kedua liga inilah yang paling populer. Namun ternyata ada banyak liga dan kejuaraan sepak bola Indonesia lho. Berikut beberapa kasta liga sepak bola Indonesia dan kejuaraan sepak bola lainnya:

1. Liga 1

Liga sepak bola Indonesia yang satu ini merupakan kasta tertinggi di system sepak bola Indonesia. Nantinya yang mengikuti liga ini adalah 18 klub dengan sistem kompetisi, promosi dan degradasi.

Liga 1 ini merupakan transformasi dari Liga Super Indonesia, yakni dengan sistem pertandingan home dan away. Maksudnya tiap tim akan bertanding di lapangan stadion kandang dan tandang ke stadion lawan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Liga ini pertama kali dibentuk tahun 2008 oleh PSSI dan merupakan wujud dari kompetisi professional sepak bola pertama di Indonesia.

Turnamen ini juga membuka kesempatan untuk Anda yang memiliki bakat menjadi pemain sepak bola untuk bergabung di klub ternama daerah asal.

2. Liga 2

Diikuti oleh 24 klub, liga ini menjadi kasta kedua di Liga sepak bola Indonesia. Sistemnya hampir sama dengan kasta pertama, yakni kompetisi, promosi dan degradasi. Jadi nantinya ada 6 klub yang akan terdegradasi di kasta di bawah liga 2 ini.

Untuk masuk ke promosi kasta pertama, suatu klub sepak bola harus melewati kasta kedua ini, yakni harus menjadi juara 1,2 dan 3. Ini memang tidak mudah, apalagi saingannya adalah klub terbaik dari daerahnya masing-masing dan memiliki skill serta keunikannya sendiri.

3. Liga 3

Liga ini merupakan kasta terendah di system liga Indonesia. Kompetisi ini nantinya akan diikuti oleh 34 klub dari berbagai penjuru daerah Indonesia. Liga 3 ini dibentuk dari gabungan Divisi II dan Divisi III di tahun 2014, dan Divisi I juga turut ikut di tahun 2015.

Liga sepak bola Indonesia satu ini merupakan Langkah awal jika suatu klub ingin bergabung ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Jadi jika suatu klub juara di liga ini maka bisa promosi ke kasta kedua, dan jika juara lagi baru bisa promosi ke liga tertinggi.

4. Piala Indonesia

Piala Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 oleh PSSI. Dimana nantinya akan dipertemukan seluruh klub dari kasta tertinggi sampai kasta terendah. Tentu dengan adanya kompetisi ini membuat klub papan bawah memiliki kesempatan untuk bertanding dengan klub papan atas.

Klub kasta terendah ini nantinya dapat mengukur kemampuan mereka sudah sampai mana dengan melawan klub-klub besar kasta tertinggi.

5. Piala Presiden

Turnamen ini merupakan ajang pra-musim Liga sepak bola Indonesia. Piala presiden ini dilaksanakan mulai 2015 oleh PSSI untuk pengganti dari Liga Super Indonesia. Tahun 2019 dimenangkan oleh Arema FC.

Setelah itu vakum 2 tahun akibat pandemic, dan tahun ini mulai digelar Kembali.  Tahun ini turnamen pra-musim ini diikuti oleh 18 klub yang berasal dari kasta tertinggi liga Indonesia.

6. Piala Gubernur Jatim

Macam-macam turnamen sepak bola selanjutnya adalah piala gubernur Jatim. Meski Namanya piala gubernur Jatim, namun turnamen ini tidak hanya diperuntukkan untuk klub yang berasal dari Jawa Timur saja.

Turnamen ini juga diikuti oleh tim luar provinsi bahkan dari luar negeri. Kompetisi ini juga merupakan kejuaraan pra musim sebelum berlangsungnya liga sepak bola. Tentu ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan banyak pengalaman sebelum liga dimulai.

7. Liga Mahasiswa

Liga sepak bola Indonesia selanjutnya adalah liga mahasiswa atau biasa disebut LIMA. Kejuaraan ini merupakan liga sepak bola yang sudah dilaksanakan pada 15 mei 2012. Tujuan diselenggarakannya turnamen ini adalah untuk mengasah kemampuan para mahasiswa.

LIMA ini sebenarnya merupakan organisasi independen yang berdiri di atas tiga pilar utama, yakni Athleticism, Education dan Social Responsibility. Jadi untuk mahasiswa yang jago main sepak bola dan ingin mengasah skill bisa ikut liga ini.

8. Liga Pendidikan Indonesia

Jika diawal tadi kita sudah membahas tentang sepak bola profesional yang diikuti oleh klub-klub besar Indonesia. nah kali ini kita akan membahas tentang liga sepak bola Indonesia yang diikuti oleh anak-anak di usia SMP, SMA, dan Universitas di seluruh Indonesia.

Turnamen ini juga bisa untuk menjadi wadah para pencari bakat untuk menyeleksi pemain-pemain muda untuk membela timnas di bawah usia 16 tahun, 19 tahun, maupun 23 tahun. Jadi ini merupakan kesempatan besar untuk kamu yang ingin membela timnas.

9. Liga Santri Nusantara

Liga sepak bola yang satu ini memang terlihat unik, pasalnya kompetisi ini merupakan turnamen bertaraf nasional dengan pesertanya merupakan santri di seluruh nusantara.

Jadi pesantren-pesantren yang ada di Indonesia akan mengikuti turnamen ini. Turnamen ini diselenggarakan oleh PMI NU yang bekerjasama dengan Menpora RI. Jadi meski menjadi seorang santri tak ada salahnya untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

Jadi sekarang meski kamu sedang berada di pesantren namun juga suka bermain bola, inilah saatnya menunjukkan bakat kamu, pesantren bukan halangan untuk menunda kesuksesan dalam bermain sepak bola.

Penutup

Itulah tadi macam liga sepak bola Indonesia yang bisa kamu tahu. Jadi bukan hanya liga 1 dan 2 yang terkenal, namun sepak bola Indonesia juga memiliki banyak macam turnamen, dari kasta tertinggi hingga turnamen pra-musim terlengkap.

Jadi gak ada alasan lagi jika kamu ingin menjadi pemain sepak bola profesional, ada banyak kompetisi supaya kamu bisa melatih skill dalam bermain sepak bola. Dimulai dari yang terendah, nantinya jika kemampuanmu sudah baik pasti akan bisa bermain di kasta tertinggi.