makanan pelancar haid

Makanan Pelancar Haid, Dijamin Ampuh

Makanan Pelancar Haid – Siklus haid setiap wanita memang tidak sama, ada yang cepat dan ada yang lambat. Bahkan ada juga yang tidak haid hingga 2 bulan. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah makanan, untuk itu berikut penulis ulas makanan pelancar haid.

Haid yang tidak teratur memang normal untuk sebagian wanita. Namun jika kamu kamu tidak haid untuk waktu yang lama, kamu perlu memeriksakannya kepada dokter. Untuk itu, kamu bisa mencegah haid yang tidak lancar salah satunya dengan mengatur pola makan yang sehat.

Benarkah Pola Makan Mempengaruhi Siklus Haid?

Siklus haid memang dipengaruhi berbagai hal. Hal yang paling sederhana adalah pola makan yang kurang sehat. Seperti yang kita ketahui, bahwa haid dipengaruhi oleh hormone. Yaitu hormone estrogen dan  progesterone.

Apabila haid tidak lancar, kedua hormone tersebut mungkin menjadi penyebabnya. Dimana kerja dari hormone dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi. 

Selain itu, pola makan juga mempengaruhi status gizi. Dimana dalam sebuah studi menunjukan kekurangan gizi akan mengganggu siklus haid. Contoh pada pasien yang mengalami anoreksia atau susah makan.

Karena ini berkaitan dengan jaringan lemak dalam tubuh. Apabila mengalami status gizi kurang, maka lemak dalam tubuh juga semakin sedikit. Padahal lemak merupakan modal utama yang digunakan dalam pembentukan hormone. Untuk itu, simak makanan yang memperlancar haid.

Makanan Pelancar Haid

Seperti yang sudah penulis ulas diatas, salah satu penyebab haid tidak lancar adalah makanan. Lalu makanan pelancar haid seperti apa yang dianjurkan? Berikut 7 rekomendasinya,

1. Buah Nanas

Makanan pelancar haid pertama adalah buah nanas. Nanas mengandung suatu enzim yaitu bromelain yang bisa mempengaruhi kinerja hormone estrogen. 

Namun meski begitu masih belum terdapat bukti ilmiah bahwa nanas atau enzim bromelin dapat memperlancar haid. Kamu bisa mengolah nanas menjadi jus untuk memperlancar haid.

2. Vitamin C

Makanan perlancar haid yang kedua adalah makanan yang banyak mengandungasam askrobat. Atau yang biasa kita sebut vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita serta menurunkan kadar progesterone.

Ketika rahim mengalami kontraksi yang membuat lapisan rusak, maka akan menyebabkan terjadinya haid. Vitamin C bisa kamu temui pada buah jeruk, beri dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis.

3. Jahe

Bahan makanan pelancar haid satu ini banyak juga digunakan sebagai obat tradisional orang jawa, karena khasiatnya yang baik bagi tubuh. Jahe dapat memperlancar haid karena diyakini bisa menginduksi terjadinya kontraksi pada Rahim hingga terjadinya haid.

Kamu bisa membuat minuman hangat yang berbahan dasar jahe. Cukup merebusnya selama 5 sampai 7 menit dengan menambah madu atau gula pasir sebagai pemanis.

4. Vitamin D

Selain vitamin C ternyata vitamin D juga diyakini bisa memperlancar haid. Berdasarkan sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam sebuah jurnal. 

Yang berjudul Journal of Reproductive Biology and Endocrinology menyatakan kurangnya vitamin D menjadi penyebab haid tidak lancar. Hasil dari jurnal tersebut menyatakan suplemen campuran vitamin D, kalsium dan methorfin bisa melancarkan haid.

Kamu bisa menemukan vitamin D dari produk susu, salmon, tuna, ikan, dan sereal. Selain dari makanan pelancar haid, berjemur dibawah matahari juga membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang juga banyak dikonsumsi masyarakat jawa sebagai jamu tradisional. Dipercaya kunyit dapat mempengaruhi kadar hormone estrogen dan progesterone.

Kamu bisa mengolah bahan makanan pelancar haid satu ini  menjadi minum seperti jamu. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya dengan susu atau cukup dengan air hangat yang ditambahkan pemanis.

6. Ginseng

Rempah yang terkenal di Negara korea selatan ini sudah digunakan sebagai obat herbal sekitar 2 ribu tahun lalu. Ginseng bisa meningkatkan aliran darah ke panggul, memicu kontraksi serta merangsang otot Rahim.

7. Kayu Manis

Makanan yang melancarkan haid selanjutnya adalah kayu manis. Menurut sebuah penelitian, kayu manis bisa membantu mengatasi sindrom PCOS yang banyak terjadi pada wanita usia subur.

Kamu bisa mengkonsumsi kayu manis menjadi minuman hangat seperti jahe. Dengan menambahkan gula atau madu sebagai pemanis.

Jus untuk Melancarkan Haid

Selain makanan, kamu juga bisa konsumsi jus untuk melancarkan haid. Beberapa rekomendasi jus yang enak juga bermanfaat untuk memperlancar siklus haid kamu.

1. Jus Anggur

Yang pertama adalah jus anggur.  Jus anggur efektif dalam mengatur siklus haid karena memiliki berbagai kandung vitamin, salah satunya vitamin C. Meminum jus anggur sebelum siklus haid, bisa mengurangi kemungkinan siklus haid tidak teratur.

2. Jus Wortel

Sama seperti jus anggur, jus wortel merupakan salah satu jus untuk melancarkan haid yang memiliki kandungan berbagai vitamin. Dan salah satunya adalah vitamin C. Namun selain itu, sayuran wortel ini diketahui bisa meningkatkan fungsi hormone, termasuk hormone estrogen.

3. Jus Pepaya Mentah

Dengan konsumsi jus pepaya mentah bisa membantu memperlancar aliran darah selama haid, dan berbagai fungsi dalam otot Rahim. Selain itu, siklus haid kamu juga akan lebih teratur. Karena pepaya muda dapat mendukung produksi hormone estrogen

Makanan yang Harus dihindari Sebelum dan Selama Haid

Selain makanan yang melancarkan haid. Ada juga makanan yang harus kamu dihindari sebelum dan selama haid. Beberapa makanan yang harus kamu hindari sebagai berikut,

1. Gandum Olahan

Yang pertama ada gandum olahan. Karena gandum olahan memiliki kandungan yang berefek pada gangguan gula darah dan nafsu makan. Yang secara tidak langsung mempengaruhi haid.Selain itu, gandum olahan juga bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri selama haid.

Sehingga selama haid, kamu bisa konsumsi gandum murni dan mengurangi gandum olahan seperti roti putih, kue atau makanan yang manis-manis.

2. Makanan atau Minum Berkafein

Hindari konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kafein. Menurut associate professor epidemiologi di Universitas of Massachusetts di Amherst menyatakan bahwa mengurangi makanan berkafein bisa mengurangi nyeri pada payudara dan perut kembung.

Dimana nyeri pada payudara ini sering dialami wanita yang sedang dalam masa haid. Kafein ini biasanya terdapat pada minuman seperti the, kopi dan biji coklat.

3. Makanan Lemak Trans

Menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans juga bisa membantu dalam mengurangi sakit perut selama haid. Contoh makanan yang mengandung lemak trans seperti kentang goreng, donat, mentega dan makanan yang banyak menggunakan minyak sayur.

Sebagai gantinya kamu bisa konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh. Karena dapat membantu dalam mengurangi radang. Contohnya, kacang – kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

Penutup

Itu dia berbagai rekomendasi makanan pelancar haid yang bisa dicoba. Selain itu, juga terdapat beberapa makanan yang perlu kamu hindari sebelum dan selama haid. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi kamu.