Makanan Penyebab Haid Tidak Lancar

Makanan Penyebab Haid Tidak Lancar

Makanan penyebab haid tidak lancar – Ketika Anda mengalami siklus Haid yang tidak teratur atau bahkan menstruasi yang tidak lancar, Anda perlu mencurigai pola makan Anda. Pasalnya, terdapat beberapa makanan penyebab haid tidak lancar. Lantas, apa sajakah itu?

Ternyata, pola makan pun bisa menjadi penyebab siklus menstruasi tidak lancar. Di mana siklus haid yang biasa terjadi antara 21-35 hari, menjadi terlalu cepat atau sebaliknya. Oleh karena itu, baiknya Anda mengetahui makanan penyebab haid tidak lancar.

Menstruasi Tidak Teratur, Ini Makanan Penyebab Haid Tidak Lancar

Jika Anda mengalami keterlambatan masa haid, jangan panik atau menduga bahwa Anda hamil. Sebab, tak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur. Nah, faktor utama yang menjadi penyebab tidak lancarnya haid selain hamil adalah pola makan dan makanan yang dikonsumsi. 

Seperti diketahui, siklus haid tersebut diatur oleh hormon reproduksi wanita, yakni estrogen dan progesteron. Nah, ketika siklus haid mendadak tidak teratur, barangkali terdapat gangguan terhadap produksi hormon tersebut.

Hal itu terjadi akibat kekurangan gizi, sehingga produksi hormon estrogen dan progesteron ini terganggu. Tentu saja hal itu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah beberapa pantangan makanan yang bisa menyebabkan haid tidak teratur:

1. Minuman Bersoda dan Beralkohol

Penyebab pertama haid yang tidak teratur adalah minuman bersoda dan beralkohol. Di mana minuman bersoda dan beralkohol ini menjadi penyebab perut kembung karena kandungan karbonasi.

Kembung yang terjadi pada perut itu akan menyebabkan siklus haid menjadi terlambat. Sehingga menstruasi pun menjadi tidak teratur kedepannya. Untuk itu, sebaiknya Anda mengurangi minuman bersoda maupun beralkohol.

2. Minuman Berkafein

Selain minuman yang mengandung soda dan alkohol, ternyata minuman sejenis kopi yang mengandung kafein juga menjadi penyebab haid tidak lancar. Pasalnya, minuman ini pun dapat menyebabkan perut kembung. 

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak mengkonsumsi minuman berkafein ini pada saat sebelum masa haid. Dengan begitu, siklus menstruasi Anda dapat terjaga secara teratur.

4. Makanan Olahan 

Selain jenis minuman di atas, juga terdapat makanan penyebab haid tidak lancar. Di antaranya adalah makanan olahan. Pasalnya, makanan olahan memiliki kandungan sodium yang tinggi. 

Hal tersebut juga dapat membuat perut kembung. Selain itu, makanan olahan juga merupakan sumber natrium terbesar yang dapat menyebabkan asupan garam turun. 

5. Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Selain makanan olahan, makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih juga menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Pasalnya, lemak tinggi memiliki pengaruh yang kuat terhadap aktivitas hormon. 

Hal tersebut dapat menjadi penyebab nyeri dan peradangan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan yang tinggi lemak seperti susu dan daging. Sebaiknya Anda mengontrol asupan lemak agar produksi estrogen bisa diatur. 

6. Kacang Merah

Biji-bijian seperti kacang merah, kacang hitam, buncis, dan polong ternyata juga menjadi penyebab siklus haid tidak lancar. Pasalnya, makanan-makanan tersebut juga dapat menyebabkan perut kembung. 

Makanan-makanan tersebut selain memiliki kandungan gizi yang tak seberapa, juga dapat mengakibatkan kadar gula darah tak terkontrol. Akibatnya nafsu makan terganggu. Nah, kedua faktor tersebut dapat membuat siklus haid terganggu.

Itulah beberapa makanan penyebab haid tidak lancar. Untuk itu, sebaiknya Anda menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat menghambat produksi hormon di atas. Dengan begitu, siklus haid Anda bisa lebih terjaga dan tetap lancar.