MAnfaat bermain di alam bagi anak-anak

4 Manfaat Aktifitas di Alam Terbuka Bagi Pertumbuhan Anak

Gaya hidup moderen banyak disibukkan oleh aktifitas pekerjaan rutin yang menyita waktu sehingga kebersamaan bersama anak diluar rumah sangatlah jarang.

Penelitian menunjukkan bahwa aktifitas di alam terbuka sangatlah penting baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Dunia anak yang selalu dipenuhi oleh rasa ingin tahu dan ingin menjelajah dapat dipenuhi bila keluarga mengajak anak-anak ke luar rumah dan membiarkan mereka menjelajahi alam. Biarkan anak-anak bermain dengan pasir, lumpur, air, hujan, melihat awan dan tumbuhan.

Seorang ilmuwan University of Illinois telah menemukan bahwa anak-anak yang hiperaktifitas dan sulit berkonsentrasi mendapat manfaat dari berada di luar ruangan di lingkungan hijau.

Setelah menghabiskan waktu di ruang hijau di luar ruangan, anak-anak ini menjadi jauh lebih siap untuk belajar dan fokus ketika mereka kembali ke lingkungan dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan atau di luar lingkungan non-hijau.

Orang tua atau pengasuh yang mengizinkan anak-anak beberapa waktu di luar rumah sepulang sekolah akan memudahkan mereka untuk fokus pada pekerjaan rumah nanti.

Mengapa aktifitas di luar ruangan lebih baik bagi anak?

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dapat menghabiskan waktu bermain di luar daripada di dalam ruangan, orang tua masih khawatir membiarkan mereka melakukan aktivitas yang dianggap berisiko seperti memanjat pohon atau menjelajahi alam.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa permainan di luar ruangan bermanfaat untuk mengembangkan ketahanan emosional pada anak-anak.

BACA JUGA :  Komunikasi Dua Arah yang Sukses dengan Anak Anda

Anak-anak (dan orang dewasa) mendapat manfaat dari berada di bawah sinar matahari.

Bisa melihat alam menyegarkan dan menenangkan anak serta mengurangi stres.

Banyak sekolah telah mempersingkat jam istirahat dan kelas pendidikan jasmani sehingga anak-anak tidak seaktif yang seharusnya.

Penurunan aktivitas untuk anak-anak ini mungkin muncul dalam pola gaya hidup tidak aktif di kemudian hari yang mengurangi kesehatan fisik dan psikologis secara keseluruhan.

4 Manfaat Aktifitas di Alam Terbuka Bagi Anak

1. Peningkatan keterbukaan dengan orang tua dan pengasuh

Ketika anak-anak bermain di luar, mereka merasa mendapatkan banyak hal yang menantang karena tidak berada di ruang sempit sehingga bersaing dengan orang lain untuk mendapatkan perhatian.

Perasaan memiliki ruang fisik untuk bergerak dan bernapas ini sering membuat anak lebih bersedia untuk membuka diri dan membicarakan berbagai hal dengan orang tua atau pengasuhnya.

2. Kesadaran diri yang lebih besar

Anak-anak yang bermain di luar ruangan lebih mungkin mengembangkan keterampilan penalaran dan pengamatan yang lebih kuat.

Aktivitas bermain seperti berayun memiliki banyak manfaat fisik bagi anak-anak, tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk menjelajahi dunia dari perspektif yang berbeda.

3. Lebih menghargai lingkungan

Dalam sebuah penelitian, 87 persen individu yang menghabiskan waktu di luar sebagai seorang anak membawa cinta alam ke masa dewasa mereka.

Dari orang-orang yang sama, 84 persen mengatakan mereka masih menganggap lingkungan sebagai prioritas penting.

Alasannya sederhana: Dengan menghabiskan banyak waktu di luar, anak-anak belajar menghargai lingkungan karena mereka memiliki pengetahuan langsung tentang tumbuhan dan hewan.

4. Lebih pandai bergaul

Anak-anak yang sering bermain diluar memiliki kemampuan berinteraksi yang lebih baik dan positif karena seringkali membutuhkan kekompakan dan imajinasi dalam bermain.

BACA JUGA :  7 Tips Komunikasi Yang Efektif dengan Anak

secara umum, anak-anak yang secara konsisten bermain di luar ruangan lebih mungkin untuk bergaul dengan teman sebayanya dan menemukan kesamaan.

Berada dibawah sinar matahari juga akan menyenangkan mereka yang tentunya berefek untuk tidak mudah marah pada seseorang ketika Anda dalam suasana hati yang baik!