Melindungi kesehatan emosional anak

Melindungi kesehatan emosional anak Anda

Dalam upaya kita untuk menyeimbangkan kesibukan pekerjaan dan keluarga kita, kita mungkin telah mengabaikan aspek yang sangat penting dari kehidupan anak-anak kita: kesehatan emosional mereka.

Tiga Tahun Pertama Kehidupan Anak

Pada umumnya banyak orang tua sudah menyadari bahwa tiga tahun pertama kehidupan seorang anak adalah masa yang kritis bagi seorang anak, namun pada kenyataannya banyak terjadi kondisi dimana pengasuhan anak harus diserahkan pada pengasuh yang kita pekerjakan sebagai orang tua ‘paruh waktu’ di dalam dan di luar kehidupan mereka. Hal ini bisa sangat menyusahkan dan membuat emosional anak tidak stabil.

Adalah penting bahwa orang tua, guru, orang dewasa yang peduli, dan pengasuh melakukan upaya bersama untuk memastikan bahwa kebutuhan emosional anak terpenuhi setiap hari, sama seperti kebutuhan fisik mereka. Efek tidak terpenuhinya kebutuhan emosional anak, terutama selama tiga tahun pertama kehidupan, dapat berakibat serius. Hal ini dapat mengakibatkan perilaku kekerasan, mengganggu atau menantang.

Dalam banyak hal, Tiga tahun pertama dalam kehidupan anak sangatlah penting . Ini adalah saat ikatan emosional dan detasemen terjadi. Jika ada gangguan dalam salah satu proses ini, perilaku buruk dari anak dapat terjadi. Hal ini dapat berdampak pada hubungan mereka di kemudian hari dan menghambat mereka dalam mengembangkan hubungan yang sehat sebagai remaja atau dewasa.

Perkembangan Otak Anak

Selama tiga tahun pertama kehidupan, otak mengalami perkembangan tercepat yang pernah ada, dan hal-hal seperti itu tidak akan pernah diuji lagi. Pada saat mereka berusia tiga tahun, otak anak sudah “terhubung” dengan pengalaman yang mereka miliki hingga saat itu.

BACA JUGA :  Cara Membangun Kemampuan Mengelola Emosi Pada Diri Anak

Sangat penting bahwa pengalaman ini penuh kasih, mendukung, aman, dan positif sehingga otak siap untuk mengharapkan hal-hal positif. Jika mereka menakutkan, berbahaya, menyinggung, atau berbahaya, otak siap untuk mengantisipasi peristiwa negatif.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua, pengasuh, dan orang dewasa terkait lainnya untuk melakukan upaya bersama untuk memastikan bahwa kebutuhan emosional anak terpenuhi dengan cara yang positif, konstruktif, dan sehat.

Orang tua harus memastikan bahwa penyedia penitipan anak stabil dan konsisten, dan tidak memindahkan mereka ke penyedia penitipan anak yang berbeda selama tahap penting ini. Pastikan anak merasa aman dan terlindungi dengan jadwal dan rutinitas yang teratur dan konsisten.

Pastikan Anda menghabiskan waktu berkualitas sebanyak mungkin dengan anak Anda saat ini, terlepas dari gaya hidup Anda yang sibuk dan sibuk.

Seorang anak dapat merasa bahwa jadwal seperti itu membuat Anda stres dan itu bisa menjadi elemen yang menakutkan atau membingungkan bagi mereka. Jadi, penting untuk meluangkan waktu untuk meyakinkan mereka bahwa Anda tidak pernah terlalu sibuk untuk mereka.

Cara Membantu Melindungi Kesehatan Emosional Anak Anda

  • Cintai anakmu tanpa syarat
  • Dorong anak Anda untuk berbicara tentang perasaan mereka dan memvalidasi perasaan mereka
  • Dengarkan dulu, lalu bicara
  • Luangkan banyak waktu untuk bermain dan aktivitas menyenangkan
  • Disiplin dengan hormat dan pengajaran, bukan rasa malu
  • Tanyakan kepada anak Anda tentang hari mereka
  • Ajarkan kebiasaan tidur yang baik
  • Dorong makanan sehat
  • Model perawatan diri yang positif
  • Biarkan anak-anak mandiri, jika memungkinkan
  • Saat berbagi informasi, jujurlah dengan anak-anak Anda (pada tingkat yang sesuai dengan usia)
  • Membantu anak-anak dengan pemecahan masalah
  • Luangkan waktu setiap hari untuk berbicara dengan anak-anak Anda
BACA JUGA :  4 Manfaat Aktifitas di Alam Terbuka Bagi Pertumbuhan Anak

Ingatlah bahwa kesejahteraan emosional anak Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik, jadi lakukan bagian Anda untuk memastikan anak Anda tahu bahwa dia tumbuh dengan aman, tenteram, menyenangkan, dan menyenangkan.