Membangun Harga Diri Anak

Membangun Harga Diri Anak Anda

Mungkin kita sering mendengar ungkapan bahwa anak-anak belajar dari apa yang mereka jalani.

Jika Anda mencari tempat untuk mulai membantu anak Anda untuk membangun harga diri dan nilai diri yang positif, maka Anda harus menunjukkan kepada mereka perasaan positif dan harga diri Anda yang kuat.

Tunjukkanlah sikap positif saat Anda berbicara mengenai diri Anda dan menonjolkan keutamaan diri Anda. Ini akan mengajari anak Anda bahwa tidak apa-apa untuk bangga dengan bakat, keterampilan, dan kemampuan mereka.

Anak Anda juga mendapat banyak manfaat dari pujian yang jujur dan positif. Sampaikan kata pujian tentang mereka ketika mereka melakukan sesuatu yang baik setiap hari.

Anda bahkan dapat memberi anak Anda tugas yang Anda tahu dapat mereka selesaikan dan kemudian memuji mereka untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik setelah mereka selesai. Penting untuk selalu munjukkan pada anak Anda bahwa perilaku positif pantas mendapatkan pujian positif.

Ketika anak Anda merasa sedih, marah atau tertekan, komunikasikan secara terbuka, jujur dan sabar dengan mereka. Dengarkan mereka tanpa menghakimi atau mengkritik. Mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami mengapa mereka merasa seperti itu, jadi kesempatan untuk berkomunikasi dengan Anda tentang hal itu mungkin diperlukan untuk membantu mereka mengatasi situasi yang sulit.

Sarankan perilaku dan pilihan positif sebagai solusi, dan pastikan untuk membiarkan pintu komunikasi itu terbuka sehingga mereka tahu saat berikutnya mereka merasa buruk, mereka dapat datang kepada Anda untuk meminta bantuan dan tahu bahwa Anda tidak akan menghakimi atau menghukum mereka karena cara mereka’ kembali merasa.

Ciri-ciri Anak-anak dengan harga diri:

  • Merasa disukai dan diterima
  • Merasa percaya diri
  • Merasa bangga dengan apa yang bisa mereka lakukan
  • Memikirkan hal-hal baik tentang diri mereka sendiri
  • Percaya pada diri mereka sendiri
BACA JUGA :  Melindungi kesehatan emosional anak Anda

Anak-anak dengan harga diri rendah:

  • Kritis terhadap diri sendiri dan keras pada diri mereka sendiri
  • Merasa mereka tidak sebaik anak-anak lain
  • Pikirkan saat-saat mereka gagal daripada ketika mereka berhasil
  • Kurang percaya diri
  • Ragu mereka bisa melakukan sesuatu dengan baik

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu membangun harga diri anak Anda.

1) Jadilah panutan yang optimis: Sekalipun Anda merasa lemah dan kurang percaya diri, Anda harus mencoba melakukan hal-hal baru. Melihat Anda menghadapi tantangan baru akan meningkatkan kepercayaan diri anak Anda; Dengan cara ini Anda juga akan mempersiapkan anak Anda untuk menjadi seorang yang optimis.

2) Menginspirasi mereka untuk melakukan hal-hal baru: Orang tua harus menginspirasi anak-anak mereka untuk mengarahkan energi mereka ke hal-hal yang berbeda daripada berfokus pada satu hal yang sudah mereka kuasai. Keragaman akan membantu mereka mendapatkan keahlian tambahan dan kepercayaan diri yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan baru yang menghadang.

3) Belajar dari kesalahan: Sangat penting untuk mengajari anak-anak Anda bahwa kesalahan adalah bagian dari kehidupan dan bahwa setiap orang membuat kesalahan dan tidak akan ada pengecualian bagi mereka.

4) Kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan: Kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan, dan ini perlu diyakini oleh anak-anak.  Kegagalan mengajarkan ketangguhan untuk mencoba dan mencoba lagi untuk meraih kesuksesan, dan dalam perjalanannya memberikan keyakinan untuk pantang menyerah.

5) Biarkan anak Anda membuat beberapa keputusan: Biarkan anak-anak membuat pilihan mereka sendiri yang sesuai dengan usia mereka, ini akan membuat mereka merasa diberdayakan dan mempelajari konsekuensi dari keputusan mereka.

6) Puji anak Anda: Sangat penting untuk memuji anak Anda ketika dia memperolehnya; Ini sangat berharga untuk meningkatkan harga diri. Pujian sering disalahgunakan, jadi pujian untuk bakat, keahlian tertentu, atau upaya mereka harus faktual.

BACA JUGA :  4 Kunci Sukses Mengajari Anak Disiplin

7) Tetapkan tujuan dan aturan: Anak-anak cenderung lebih percaya diri ketika mereka tahu siapa yang bertanggung jawab dan apa yang diharapkan. Menerapkan aturan memberi keyakinan pada apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan.

8) Kekuatan Cinta: Anak Anda harus tahu bahwa Anda mencintainya apa pun yang terjadi. Dari kegagalan hingga kesuksesan dan bahkan ketika Anda marah kepada mereka. Mengetahui bahwa orang tua mendukung mereka akan memberi mereka kepercayaan diri dan meningkatkan harga diri mereka.