Menciptakan lingkungan yang aman dan sehat untuk anak anda

4 Cara Menciptakan Lingkungan yang Aman dan Sehat untuk Anak Anda

Kehadiran seorang anak ke dalam hidup Anda merupakan sebuah anugrah yang tak ternilai. Namun ada banyak perubahan yang harus  Anda lakukan di rumah agar aman untuk anak Anda. Anak tidak seperti kita orang dewasa yang dapat dengan mudah mewaspadai bahaya yang dapat menciderai di sekitar kita.

Inilah beberapa cara untuk Membangun Lingkungan yang Sehat dan Aman untuk Anak Anda

Kurangi kemungkinan jatuh

Jatuh adalah penyebab paling umum dari sebagian besar cedera anak, dan inilah mengapa Anda harus mengambil berbagai langkah untuk memastikan bahwa Anda telah menurunkan kemungkinan terjadinya hal ini.

Tangga

Salah satu tempat biasa di mana seorang anak bisa jatuh dan terluka parah adalah tangga. Inilah sebabnya mengapa memasang penjaga keamanan di pintu masuk tangga adalah cara yang baik untuk mencegah hal ini terjadi.

Balkon

Balkon bukanlah tempat untuk anak tanpa pengawasan, sehingga perlu dipasang pengaman di pintu keluar menuju balkon untuk mencegah jatuh.
Jendela

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa seorang anak dapat dengan mudah jatuh melalui jendela. Meskipun anak kecil biasanya tidak dapat membuka dan membuka jendela, ada situasi di mana hal ini terjadi. Cara terbaik dan paling efektif untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan memasang pelindung jendela, terutama memasangnya di jendela lantai atas.

Lampu

Anak-anak secara teratur bangun di malam hari untuk pergi ke kamar mandi, jadi membiarkan lampu menyala di lorong adalah cara yang bagus untuk mencegah tersandung dalam gelap.
Jenis lantai

Ada jenis lantai tertentu yang lebih sehat untuk anak-anak, dan juga tidak licin dibandingkan lantai tradisional. Ini adalah investasi kecil yang akan membuat anak-anak Anda jauh lebih aman dan sehat.

BACA JUGA :  Inilah Pentingnya Quality Time Bersama Anak Anda

Mencegah terjadinya luka bakar dan melepuh

Ada banyak hal di dalam rumah tangga yang dapat menyebabkan luka bakar, seperti kompor, air panas, minuman panas, oven, microwave, dan pemanas. Satu-satunya cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah menjauhkan anak Anda dari semua perangkat ini dengan mengunci dapur. Dalam hal air panas, perlu diatur suhu pemanas air yang tepat agar air tidak melebihi 50 derajat Celcius.

Tingkatkan keamanan kebakaran

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kebakaran di dalam rumah dan tindakan pencegahan terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan menerapkan detektor asap di dalam rumah Anda. Orang biasanya memasang detektor asap tunggal di setiap lantai rumah, yang merupakan kewajiban hukum di beberapa negara. Meskipun akan menghasilkan sedikit investasi keuangan yang lebih tinggi, ini adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk memiliki perangkat ini di sebanyak mungkin ruangan di dalam rumah Anda.

Di sisi lain, pastikan Anda memiliki alat pemadam api yang mudah dijangkau dalam situasi darurat. Pastikan Anda secara teratur menguji detektor asap dan mengganti baterainya setahun sekali.

Menjadi bebas risiko dalam hal keracunan

Anak-anak balita sangat berisiko menelan racun secara tidak sengaja. Ini adalah usia ketika anak-anak suka menjelajahi segala sesuatu yang ada di sekitar mereka. Ada banyak bahan kimia di seluruh rumah yang harus benar-benar dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Inilah beberapa solusi untuk masalah ini.

Jauhkan semua cairan beracun, seperti bahan kimia pembersih, jauh dari ruang apa pun yang dapat diakses oleh anak-anak.
Simpan semua cairan ini di lemari tinggi yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Jaga agar tetap terkunci untuk berjaga-jaga — ini akan memastikan bahwa anak tidak dapat menjangkau mereka dengan cara apa pun.

Jangan lupa tentang keamanan air

Ini adalah sesuatu yang sepenuhnya bergantung pada Anda. Jika rumah Anda memiliki kolam, jangan pernah meninggalkan anak Anda tanpa pengawasan karena mereka dapat dengan mudah jatuh. Anda selalu dapat memasang pagar di sekitar kolam, diikuti dengan gerbang yang mengunci sendiri. Di sisi lain, hal yang sama berlaku saat mandi. Tidak peduli seberapa dangkal air di bak mandi, jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan, Anda juga tidak boleh meninggalkannya dengan saudara yang lebih tua. Selalu hadir, karena kecelakaan ini bisa sangat membahayakan anak Anda, dan beberapa bahkan bisa berakibat fatal.

BACA JUGA :  Dampak Positif Kerlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Bantu anak Anda menjauhi listrik

Selama masa pertumbuhan, anak-anak sangat eksploratif — inilah mengapa Anda bertanggung jawab untuk menjaga agar listrik, dalam bentuk apa pun, tidak dapat diakses oleh anak Anda. Kita semua tahu betapa berbahaya dan mematikannya listrik, jadi pastikan Anda mengambil langkah-langkah ini untuk memastikan anak Anda tetap aman dari sengatan listrik.

Sakelar pengaman

Jika Anda tidak memiliki sakelar pengaman di sistem kelistrikan rumah Anda, segera hubungi teknisi listrik profesional dan pasang. Perangkat ini akan mematikan listrik di rumah Anda jika terjadi aktivitas tidak teratur dalam sistem kelistrikan. Selain itu, sakelar ini juga membantu pencegahan kebakaran, menjadikan rumah Anda lingkungan yang jauh lebih aman secara keseluruhan.

Kabel

Jaga setiap kabel listrik dalam kondisi baru, karena mereka mengisolasi listrik. Jika Anda perlu menggantinya, undanglah teknisi listrik — ini akan membuat Anda tetap aman dan seluruh keluarga Anda aman setelahnya.

Soket

Sebagian besar cedera tersengat listrik terjadi ketika seorang anak memasukkan sesuatu yang menghantarkan listrik ke dalam soket. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda menggunakan penutup soket listrik yang benar-benar tidak memungkinkan bagi seorang anak untuk memasukkan apa pun ke dalamnya.

Menjaga rumah Anda tetap aman untuk anak Anda adalah tugas yang membutuhkan satu waktu dan investasi finansial, tetapi ini berfungsi untuk melindungi anak Anda selama tahun-tahun pembentukannya yang paling rentan. Ingatlah bahwa sebagian besar masalah ini terjadi ketika anak-anak tidak dijaga, jadi pastikan Anda selalu menjaga anak-anak Anda dalam pandangan Anda. Hanya butuh beberapa detik untuk hal-hal buruk terjadi, dan tidak peduli seberapa aman rumah Anda, kecelakaan masih bisa terjadi.