Olahraga Paling Diminati di Indonesia

Olahraga Paling Diminati di Indonesia, Mana Favoritmu?

Manusia dan olahraga adalah dua hal yang sebenarnya tidak bisa dipisahkan. Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan. Kali ini kita akan membahas beberapa jenis olahraga paling diminati di Indonesia.

10 Olahraga Paling Diminati di Indonesia

10 olahraga terpopuler di Indonesia ini tentu saja tidak asing bagi kita terutama di Indonesia. Bahkan bisa saja salah satunya sudah menjadi favorit Anda atau sering dimainkan. Lalu, olahraga apa yang paling banyak diminati tersebut? berikut listnya:

1. Sepak Bola

Olahraga yang pertama ini tidak hanya menjadi olahraga paling diminati di Indonesia, namun juga merupakan olahraga paling populer di dunia. Olahraga yang paling banyak digemari ini memiliki sekitar 4 miliar penggemar di seluruh dunia. 

Olahraga ini diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukainya. Bahkan sepak bola tidak hanya digemari oleh laki-laki, saat ini sudah banyak klub sepak bola perempuan di Indonesia dan berbagai negara di dunia.

Sebagai olahraga nomor 1 di Indonesia, maka tidak heran jika ada banyak sekali klub dan kejuaraan sepak bola di Indonesia. Tidak hanya kejuaraan, sepak bola juga sering menjadi perlombaan antar kelompok sepermainan anak-anak.

2. Bulu Tangkis

Ada yang bisa menebak, kenapa permainan bulu tangkis ini sangat populer di Indonesia? Hal ini tentu saja tidak terlepas dari prestasi-prestasi para atlet bulu tangkis Indonesia yang sudah mengharumkan nama negara Indonesia di tingkat dunia. 

Bulu tangkis tidak hanya olahraga yang dimainkan oleh para atlet, banyak orang di Indonesia yang juga menyukai olahraga ini. Tidak jarang bulu tangkis dijadikan salah satu cabang perlombaan baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. 

Olahraga ini dilakukan minimal oleh dua orang. Bulu tangkis dapat dilakukan secara individu maupun ganda.

3. Bola Voli 

Anda tentu tidak asing dengan olahraga yang satu ini. Ketika ada perlombaan dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia, salah satu olahraga paling diminati di Indonesia ini sering dijadikan salah satu cabang perlombaan untuk anak-anak, ibu-ibu, hingga bapak-bapak. 

Permainan bola voli terdapat dari dua macam variasi, yaitu permainan bola voli lapangan yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain, dan bola voli pantai yang masing-masing tim terdiri dari 2 orang pemain. 

4. Bola Basket 

Bola basket menjadi salah satu olahraga paling diminati di Indonesia. Bahkan, olahraga ini sudah populer mulai dari tingkat sekolah. Hampir setiap sekolah, mulai dari jenjang SMP memiliki lapangan dan tim basket nya masing-masing.

Olahraga yang dimainkan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 5 pemain ini menjadi salah satu jenis olahraga yang paling banyak disukai siswa. Tidak heran jika setiap pertandingan basket selalu mencuri perhatian para siswa untuk menonton.

5. Tenis

Olahraga yang satu ini hampir mirip dengan bulu tangkis. Hal ini dikarenakan tenis juga menggunakan raket untuk memukul bola. Namun, bola yang digunakan dalam olahraga tenis ini berbeda dengan bola yang digunakan pada bulu tangkis. 

Sama dengan bulu tangkis, tenis juga dapat dimainkan secara tunggal maupun ganda. Karena bobot raket tenis yang lebih berat dari pada bulu tangkis, tentu saja Anda membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk olahraga ini.

6. Bersepeda

Tidak hanya menjadi olahraga paling diminati di Indonesia, bersepeda ini merupakan olahraga paling populer di Malaysia. Bersepeda menjadi semakin populer di Indonesia sejak covid 19 terjadi. 

Bersepeda yang zaman dahulu digunakan sebagai alat transportasi, sekarang sudah menjelma menjadi gaya hidup. Bahkan saat ini ada banyak komunitas pesepeda di Indonesia. Tidak jarang kita temui anggota komunitas ini memiliki sepeda dengan harga yang tidak murah

Bersepeda yang merupakan salah satu jenis olahraga kardio berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Selain itu, bersepeda secara rutin membuat kadar lemak dalam darah menurun. 

7. Tenis Meja

Tenis meja atau biasa disebut pingpong merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan di dalam ruangan (indoor game). Karena mudah dimainkan, tenis meja menjadi salah olahraga paling diminati di Indonesia. 

Tidak jarang hampir di setiap kantor maupun sekolah memiliki peralatan permainan ini. Bagi mereka yang suka bermain tenis meja, waktu senggang sering digunakan untuk melakukan olahraga ini. 

Olahraga tenis meja ini hampir mirip dengan bulu tangkis. Namun, bola yang digunakan adalah bola ringan yang disebut bola pingpong. Alat pemukul yang digunakan adalah raket yang disebut bet. Sama dengan bulu tangkis, olahraga ini minimal dilakukan 2 orang. 

8. Senam

Setiap hari jum’at, hampir di setiap sekolah dan kantor selalu melakukan senam. Olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan ini tentu saja menjadi olahraga paling diminati di Indonesia. Senam yang paling banyak digemari ini adalah senam irama.

Olahraga dengan diiringi musik membuat orang-orang yang melakukan senam menjadi senang. Terlebih, senam dapat membuat badan menjadi sehat dan bugar. 

9. Renang

Meskipun harus dilakukan di tempat yang khusus, olahraga ini banyak digemari. Renang tidak hanya dapat dilakukan di kolam renang saja, namun olahraga ini dapat dilakukan di sungai maupun danau yang aman dan bersih untuk berenang.

Salah satu olahraga paling diminati di Indonesia ini sering direkomendasikan sebagai olahraga pilihan bagi pengidap asma. Selain itu, renang sangat baik untuk paru-paru karena dapat meningkatkan kapasitas vital paru-paru agar dapat optimal memproses oksigen.

Renang juga dapat melatih otot dan kardio dalam waktu yang bersamaan, sehingga olahraga ini memberikan manfaat yang maksimal. Dengan gerakan renang yang cenderung halus, olahraga ini dinilai tidak beresiko mengalami cedera yang serius. 

10. Jalan Santai

Olahraga jalan santai tidak hanya menjadi olahraga yang dilakukan oleh golongan tertentu saja. Dengan meningkatnya kesadaran hidup sehat, hampir semua kalangan sudah melakukan olahraga ini. 

Dari beberapa olahraga yang sudah disebutkan di atas, jalan santai merupakan olahraga paling ringan dan paling mudah dilakukan. Semua orang dapat melakukan olahraga ini.

Biasanya jalan santai dilakukan secara berkelompok, namun tidak jarang ada yang melakukannya secara individu. Dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan orang melakukan olahraga jalan santai ini di pagi hari ketika udara masih segar. 

Selain itu, jalan santai sering diadakan pada acara-acara tertentu. Semakin besar acara yang dilakukan, peserta jalan santai tentu saja semakin banyak. Meskipun tidak terlalu melelahkan, olahraga ini baik untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Itulah tadi 10 olahraga paling diminati di Indonesia. Beberapa dari olahraga di atas merupakan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Sebaiknya olahraga dilakukan secara rutin agar tubuh selalu bugar dan sehat.