olahraga wanita untuk mengecilkan perut buncit

Jenis Olahraga Wanita Untuk Mengecilkan Perut

Perut buncit banyak dialami oleh baik wanita maupun pria. Wanita selalu ingin tampil sempurna, namun kepercayaan diri seorang wanita akan menurun jika ia memiliki perut buncit. Solusinya adalah menerapkan olahraga wanita untuk mengecilkan perut buncit.

Perut buncit disebabkan oleh lemak yang mengumpul di area perut. Penumpukan lemak terjadi ketika jumlah kalori yang dikonsumsi dari makanan melebihi kalori yang dibakar oleh tubuh untuk menjadi energi.

Faktanya selain dapat menurunkan rasa kepercayaan diri, perut buncit jika dibiarkan berkepanjangan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan beresiko timbulnya penyakit pada tubuh. Seperti penyakit diabetes, jantung, hipertensi, dan stroke. 

Oleh karena itu, penting untuk wanita menjaga tubuh agar tetap ideal. Salah satunya dengan rutin melakukan olahraga.

4 Jenis Olahraga Wanita Untuk Menghilangkan Lemak di Perut

Jika Anda merupakan seorang wanita, ukuran lingkar pinggang atau perut biasanya 80 cm. Bila sudah melebihi, sebaiknya Anda memulai melakukan beberapa jenis olahraga wanita untuk mengecilkan perut.

1. Senam Zumba dan Aerobik

Senam zumba dan aerobik bisa anda jumpai dengan mengikuti kelas senam. Olahraga ini efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut buncit. Selain itu manfaat lain juga dapat memperkuat tulang dan sendi, meredakan stres dan memperbaiki mood.

2. Pilates dan Yoga

Gerakan dalam olahraga pilates dan yoga dapat membantu secara efektif mengecilkan perut. Selain mampu untuk menghilangkan lemak pada perut, juga menyehatkan tubuh lebih bersinergi, dan mengurangi stres.

3. Olahraga Lari atau Jogging

Olahraga jogging banyak dipercaya efektif untuk membakar lemak perut. Anda bisa jogging selama 25-30 menit dan rutin 3-5 kali dalam satu minggu agar berhasil mengecilkan perut. 

4. Berenang

Olahraga yang dilakukan dengan media air ini termasuk jenis olahraga wanita untuk mengecilkan perut. Olahraga ini dapat membakar lemak tubuh secara bertahap. 

Selain untuk mengecilkan perut, berenang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan otot, jantung dan membantu menjaga kualitas tidur. Disarankan lakukan selama 15-30 menit sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

5. Latihan Fisik

Selain melakukan olahraga senam, pilates/yoga, jogging dan berenang, untuk mengecilkan perut, Anda juga dapat melakukan latihan fisik, diantaranya:

Sit-up Parsial

Latihan fisik ini Anda dapat melakukannya dengan berbaring posisi terlentang, lalu tekuk lutut dan selipkan telapak kaki dibawah beban seperti meja atau seseorang untuk menahannya. 

Posisikan tangan ke belakang kepala lalu angkat badan sampai mendekat kearah lutut. Lakukan berulang disarankan 30 kali dengan bertahap lalu cepat. 

Cross Crunch

Lakukan dengan membaringkan badan, posisi tangan dengan membentuk sudut 90 derajat di belakang kepala. Kemudian padukan dengan angkat lutut dan goyangkan seperti sedang menggoes sepeda. 

Lakukan sebanyak 15 kali, secara bertahap untuk membantu mengecilkan perut.

Commando Plank 

Latihan fisik berikutnya yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan perut yaitu commando plank

Caranya dengan posisikan tubuh seperti sedang melakukan push up, lalu tekuk siku posisikan ke lantai dan tubuh agak diturunkan. Lakukan setiap gerakan selama 60 detik.

Flutter Kick

Flutter kick merupakan gerakan yang terlihat paling mudah. Anda hanya perlu berbaring terlentang, telapak tangan posisikan dibawah pantat dengan menghadap ke bawah, lalu angkat kedua kaki dengan posisi lurus dan perut tetap tegak berbaring di lantai.

Setelah melakukan jenis olahraga wanita untuk mengecilkan perut yang telah disebutkan, pastikan Anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan.