Olahraga Wanita Untuk Menurunkan Berat Badan

10 Jenis Olahraga Wanita Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga wanita untuk menurunkan berat badan – Kapan terakhir kali melakukan olahraga? Bagi seorang wanita, pertanyaan tersebut dapat menjadi introspeksi diri sendiri, mungkin ada kelebihan berat badan. Jika demikian adanya, perlu tahu olahraga wanita untuk menurunkan berat badan yang mudah dilakukan.

Agar tidak salah dalam menentukan jenis olahraga, perlu diketahui apa saja jenis yang tepat dan pas. Meskipun banyak jenisnya perlu diketahui mana yang cocok atau tidak, selengkapnya dapat dilihat dalam artikel ini.

10 Olahraga Wanita Untuk Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat menjadi masalah karena tubuh akan kurang cekatan dalam beraktivitas. Kadang ingin instan supaya dapat menurunkan 1 kg sehari sehingga tubuh kembali langsing dan sehat.

Agar tidak salah memilih jenis olahraganya, dapat cek di bawah ini dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Pilih yang paling sesuai baik dilakukan di dalam rumah atau luar rumah.

1. Yoga

Yoga dapat menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Jika tidak dapat melakukannya di sanggar yoga atau bersama-sama melakukan sendiri di rumah juga tidak masalah.

Caranya tinggal mencari video yang tepat di internet agar bisa meniru gerakan tersebut dengan benar. Melakukan olahraga ini selama kurang lebih 40 menit dapat membakar 149 kalori.

Selain itu yoga dapat menyehatkan kondisi kesehatan mental seseorang. Tubuh bugar, sehat dengan berat badan seimbang dan dapat mengontrol hawa nafsu. Terutama hawa nafsu makan berlebihan.

2. Jalan Kaki 

Apabila rutin dilakukan, jalan kaki adalah olahraga wanita untuk menurunkan berat badan yang paling mudah dilakukan. Olahraga ini tidak perlu perlengkapan berat dan mahal.

Jalan kaki membutuhkan waktu luang sedikit saja maka berat badan akan berkurang sedikit demi sedikit. Hal ini dapat dilakukan saat senggang dan dimana saja sesuaikan dengan aktivitas. Namun, perlu ada target sehari minimal 30 menit untuk jalan kaki.

Jika sudah terbiasa, maka jalan kaki akan ringan saja dilakukan. Dalam setengah jam tersebut mampu membakar hingga 167 kalori dalam tubuh. Lakukan lebih lama lagi maka kalori yang terbuang akan bertambah.

3. Lari Atau Jogging

Biasanya wanita akan keberatan jika diminta untuk lari. Selain tidak terbiasa tubuh juga berat melakukannya. Sebenarnya tidak jadi soal selama ada niat jika terjadi obesitas tubuh.

Salah satu olahraga wanita untuk menurunkan berat badan adalah lari atau jogging. Perlu diketahui bahwa lari selama 30 menit dapat membakar 300 hingga 370 kalori tubuh. Lakukan saja secara rutin dengan lari santai bagi pemula

Lagipula lari adalah olahraga murah meriah yang dapat dilakukan dimana saja. Baik itu di lapangan, jalanan depan rumah bahkan di dalam halaman rumah. Jika malas keluar rumah, dapat dilakukan dengan menggunakan treadmill.

4. Bersepeda

Bersepeda dapat pula dijadikan pilihan ketika ingin mengurangi berat badan. Selain menyegarkan badan, bersepeda menciptakan pikiran segar kembali dengan melihat pemandangan selama bersepeda. 

Waktu 30 menit untuk bersepeda ini akan membakar sekitar 280 hingga 260 kalori tubuh. Sangat multi manfaat secara bersepeda juga tidak ribet dan persiapannya sederhana saja. 

Namun, jika tidak suka keluar ruangan dapat menggunakan sepeda statis dalam gym. Dengan rutin melakukan olahraga wanita untuk menurunkan berat badan ini cocok untuk banyak kalangan.

5. Senam Aerobik

Wanita biasanya memilih senam aerobik untuk mengatasi berat tubuh yang berlebihan. Memang, aerobik lebih menarik dan lebih banyak wanita yang menyukainya karena seru dan menyenangkan. 

Aerobik dapat dibilang yang cepat dalam menurunkan berat badan. Untuk setiap pertemuan senam dapat membakar 400 hingga 600 kalori tubuh. Bayangkan saja jika dilakukan secara rutin dalam 1 minggu.

Senam aerobik dapat dilakukan di sanggar bersama-sama atau sendirian di rumah. Dalam tempo 10 bulan jika melakukan 5 sesi senam ini dapat menurunkan 4 hingga 5 persen berat badan.

6. Renang

Olahraga wanita untuk menurunkan berat badan berikutnya adalah berenang. Ketika melakukannya, seluruh tubuh bergerak secara kontinu dan memperkuat pernafasan. Mungkin membutuhkan sedikit dana berlebih, tapi jika melihat hasilnya bukan masalah berarti.

Melakukan renang secara rutin dapat menjadi pilihan tepat untuk wanita yang bermasalah dengan obesitas. Berenang mampu membakar sekitar 290 hingga 300 kalori dalam berbagai gaya renang.

Dengan demikian lebih mudah dalam rangka penurunan berat badan. Berenang juga bermanfaat bagi yang bermasalah dengan persendian. Pergerakan renang tidak begitu membahayakan tubuh karena kategori low impact.

7. Naik dan Turun Tangga

Mungkin, tak pernah terpikirkan jika naik dan turun tangga mampu mengurangi kalori tubuh. Pada kenyataannya hal ini dapat dipilih sebagai olahraga wanita untuk menurunkan berat badan

Untuk olahraga kali ini sama sekali tidak membutuhkan dana berlebih atau waktu luang. Hal ini dapat dilakukan jika di rumah ada tangga yang dapat dibuat naik turun. Untuk setiap 10 langkah naik tangga, dapat membakar 1 kalori tubuh.

Melakukannya secara rutin akan membuat  tubuh langsing dan sehat kembali. Tidak ada waktu khusus atau jam baik ketika melakukan naik turun tangga ini. Kondisikan sesuai dengan waktu yang dimiliki agar berjalan nyaman dan berat tubuh dapat berkurang.

8. Pilates

Apabila sehabis cedera dan ingin melakukan olahraga, pilates adalah pilihan tepat dengan gerak lambat dengan pernafasan dalam. Melakukannya dalam setengah jam saja mampu membakar 108 kalori tubuh. 

Pilates biasanya lebih dipilih sebagai olahraga wanita untuk menurunkan berat badan karena gerak yang lambat. Tak perlu khawatir gerakannya karena mudah diikuti siapa saja dan tentunya berat badan dapat berkurang secara bertahap.  

Jika mengalami cedera, pilates lebih cepat menguatkan tubuh. Selain itu dapat mengurangi nyeri pada punggung dan menguatkan sendi. Sebetulnya pilates dapat dibilang sebagai olahraga mirip yoga tapi versi kekinian dan lebih modern.

9. Push Up

Terlalu sibuk bekerja baik siang dan malam bukan alasan untuk tdak dapat menurunkan berat badan. Ada olahraga sebelum tidur yang dijadikan pilihan jikaber niat mengatasi masalah obesitan ini.

Melakukan push up adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan sebelum tidur. Dengan rutin melakukannya maka tubuh akan terbiasa dan berat badan berkurang perlahan. 

Push up dapat dipilih sesuai keinginan mau push up gaya wanita atau lelaki. Semuanya disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Jangan lupa ketika akan push up melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk hasil optimal.

10. Hiking

Jika ingin sekalian piknik, hiking dapat dapat dilirik dalam memilih cara menurunkan berat badan. Dengan memilih lokasi area hijau, melakukan hiking sepanjang 1,6 kilometer bisa membakar 175 hingga 39 karori tubuh.

Memang agak berat tapi hal ini dapat dilakukan wanita yang suka petualangan dan ingin turun berat badannya. Tidak sulit melakukannya karena sekaligus melihat pemandangan alam nan hijau dapat menurunkan resiko stres.

Mana olahraga yang dipilih sekali lagi disesuaikan dengan kondisi dan kesibukan masing-masing. Olahraga wanita untuk menurunkan berat badan akan menyenangkan jika dilakukan dengan gembira. Bahagia didapat dan berat badan turun, sangat multi manfaat.