pemain sepak bola terkaya di dunia

Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia, Ternyata Ini!

Kabar tentang pemain sepak bola di dunia selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu para pecinta sepak bola. Bukan hanya tentang keahliannya di lapangan, tetapi juga informasi tentang kehidupan bahkan kondisi finansial. Lantas, siapakah pemain sepak bola terkaya di dunia?

Messi dan Ronaldo siapa yang lebih kaya? Berapa kekayaan Ronaldo dan Messi? Penasaran ingin mengetahui informasi lengkapnya, bukan? Bayar rasa penasaran Anda segera. 

Simak langsung informasi lebih lengkap tentang daftar pesepakbola terkaya di dunia akan dibahas melalui artikel di bawah ini.

Daftar 10 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia

Di dalam dunia sepak bola terdapat sebutan atau istilah atlet sepak bola paling kaya. Istilah ini sering kali menjadi perbincangan karena memang sudah tidak dapat dipungkiri bahwa pemain sepak bola professional dikenal memiliki kekayaan sangat melimpah.

Kekayaan pemain sepak bola professional bisa berasal dari kualitas kinerjanya sebagai atlet di lapangan sepak bola. Selain itu, banyak juga brand ternama yang menjadikan mereka sebagai model produk. Sumber kekayaan pemain sepak bola juga bisa berasal dari bisnis yang dijalani.

Siapakah pemain bola terkaya di dunia 2022? Jika Anda sedang penasaran tentang informasi tersebut, jangan khawatir lagi. Berikut ini informasi lengkap tentang daftar pemain sepak bola terkaya di dunia:

1. Faiq Bolkiah

Pemain sepak bola terkaya di dunia 2022 yang menduduki posisi pertama adalah Faiq Bolkiah. Ia merupakan pemain sepak bola tim Maritimo Portugal. Selain bermain di tim Maritimo, Faiq Bolkiah juga merupakan pemain sepak bola yang bergabung di Tim Nasional Brunei.

Faiq Bolkiah lahir di Los Angeles, California, Amerika pada tanggal 9 Mei 1998. Tinggi badannya mencapai 1,75 m. Pada tahun 2016, ia mulai bermain sepak bola profesional dengan bergabung di Leicester City FC under-18 Academy.

Kekayaan Faiq Bolkiah mencapai USD 20 Miliar. Kekayaan yang dimiliki pemain sepak bola terkaya di dunia saat ini tersebut bukan hanya berasal dari karirnya di dunia sepak bola. Ternyata Faiq Bolkiah juga merupakan keponakan dari Sultan Brunei Darussalam.

Sebagai salah satu anggota kerajaan Brunei Darussalam tentu saja tidak mengherankan jika Faiq Bolkiah memiliki kekayaan yang sangat besar dibandingkan pemain sepak bola lainnya.

Selain memiliki kekayaan melimpah, Faiq Bolkiah juga merupakan pemain gelandang yang mampu menunjukkan permainan bagus di lapangan sepak bola. Performa-nya yang bagus membuat Faiq Bolkiah ditunjuk sebagai kapten tim nasional. 

2. Lionel Messi

Selain Faiq Bolkiah, pemain sepak bola terkaya di dunia sepanjang masa adalah Lionel Messi. Pemain sepak bola asal Argentina ini lahir pada tanggal 24 Juni 1987. Kekayaan Lionel Messi sendiri mencapai USD 600 juta. Kekayaan atlet sepak bola dunia ini terus bertambah setiap tahunnya.

Kini Lionel Messi sudah berpindah klub dan bergabung bersama dengan tim di Paris Saint Germain (PSG). Di klub barunya, Lionel Messi mendapatkan uang kurang lebih USD 35 juta dan USD 41 juta setiap tahun selama kontraknya.

Selain menjadi pemain bola dengan kekayaan melimpah, Lionel Messi juga dikenal sebagai pemain sepak bola yang memiliki prestasi luar biasa. Ketika ia masih bergabung bersama Barcelona, dalam 17 musim Messi berhasil mencetak 474 gol dan 193 assist.

Lionel Messi juga berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan sebagai pemain sepak bola terbaik. Beberapa penghargaan bahkan sempat Messi peroleh selama beberapa kali. Beberapa penghargaan yang sempat diraihnya, yaitu:

  • Pemain terbaik dunia FIFA (2009)
  • Sepatu Emas Eropa
  • Bola Emas Piala Dunia
  • Trofi Pichichi
  • Penghargaan Golden Boy
  • Marca Leyenda
  • Pemain Terbaik Argentina
  • Penyerang Terbaik LPF
  • Penyerang Terbaik Liga Champions UEFA
  • Penghargaan Bravo

3. Cristiano Ronaldo

Selain Faiq Bolkiah dan Lionel Messi, pemain sepak bola terkaya di dunia adalah Cristiano Ronaldo. Semua pecinta olahraga sepak bola pasti mengenal pemain sepak bola paling populer yang satu ini. Pemain asal Portugal ini lahir pada 5 Februari 1985.

Selain populer karena prestasinya, ternyata kekayaan Ronaldo sangat melimpah. Berapakah kekayaan Cristiano Ronaldo? Kekayaan Ronaldo 2022 mencapai USD 500 juta. Bukan hanya berasal dari karirnya di sepak bola, tetapi Ronaldo juga menjadi model beberapa brand ternama.

Meskipun memiliki kekayaan yang melimpah, Ronaldo dikenal sebagai sosok pemain bola yang dermawan. Ia sering kali melakukan banyak kegiatan amal untuk orang-orang yang membutuhkan.

Cristiano Ronaldo pernah bermain di beberapa klub sepak bola, seperti Sporting CP B, Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Kini Cristiano Ronaldo kembali memperkuat klub sepak bola Manchester United.

Apa saja prestasi Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain bola paling kaya dan berprestasi? Berikut ini beberapa penghargaan yang pernah diperoleh Cristiano Ronaldo, yaitu:

  • Sepatu Emas Eropa
  • Pemain Terbaik Dunia FIFA
  • Trofi Pichichi
  • Ballon d’Or Dream Team
  • Penghargaan Goal 50
  • FIFA Ballon d’Or
  • Penghargaan Puskas FIFA
  • Penghargaan Pemain Pria Terbaik UEFA
  • Penghargaan Brafo
  • Pemain Terbaik Sir Matt Busby
  • Sepatu Emas EURO
  • Penyerang Terbaik Liga Champions UEFA
  • The Best FIFA Special Award

4. David Beckham

Pemain sepak bola terkaya di dunia lainnya adalah David Beckham. Ia lahir di Inggris pada tanggal 2 Mei 1975. David Beckham pernah bermain di beberapa klub sepak bola, seperti Dynamit FC, Manchester United, Real Madrid, LA Galaxy, AC Milan, dan Paris Saint Germain.

Selain itu, ia juga bergabung dalam Tim Nasional Inggris U-18 (1992-1993), Tim Nasional Inggris U-21 (1994-1995), dan Tim Nasional Inggris (1996-2009).

Selama karirnya sebagai pemain bola, David Beckham berhasil memenangkan 10 kejuaraan liga domestik. Kini, David Beckham masih menjadi Presiden operasi sepak bola Inter Miami CF.

Selain itu, ia juga bergabung dengan MLS di tahun 2020. Tidak hanya terkenal di dunia sepak bola, sosok David Beckham juga terkenal sebagai model dalam industri mode dunia. Ia juga telah menjadi selebritas di tingkat dunia bersama istrinya.

Oleh karena itu, sebagai pemain sepak bola paling kaya, tidak heran jika David Beckham memiliki kekayaan hingga USD 450 juta.

5. Neymar Jr

Neymar da Silva Santos Junior merupakan atlet sepak bola yang masuk ke dalam daftar 5 pemain sepak bola terkaya di dunia. Pemain sepak bola asal Brasil ini lahir pada 5 Februari 1992.

Atlet terkaya di dunia ini kini bermain untuk PSG sebagai pemain penyerang atau pemain sayap. Neymar sudah berhasil mencetak 56 gol dan 31 assist. Prestasi tersebut Neymar peroleh setelah bermain 70 pertandingan bersama PSG.

Sebagai salah satu pemain sepak bola terkaya di dunia, Neymar memiliki kekayaan dengan total USD 200 juta. Klub sepak bola PSG tentu saja tidak akan rugi memberi gaji tinggi kepada Neymar karena performa dan prestasi yang pernah ia raih.

Kekayaan Neymar tentu saja bukan hanya berasal dari kariernya di lapangan sepak bola, tetapi ia juga memiliki sumber penghasilan lainnya. Neymar bahkan menandatangani beberapa sponsor brand ternama, seperti perusahaan pakaian olahraga Nike.

Selain itu, beberapa sponsor yang memiliki kontrak dengan Neymar yaitu Lupo, Unilever, Claro, Santander, Volkswagen, Tenys Pe Baruel, AmBev, dan berbagai sponsor brand ternama lainnya.

Neymar bahkan menjadi figur untuk sampul depan video game Pro Evolution Soccer 2012 dan Pro Evolution Soccer 2013. Pemain sepak bola ini juga berperan dalam promosi musik pop modern Brasil, seperti Musica Sertaneja.

6. Zlatan Ibrahimovic

Orang terkaya di dunia sebagai atlet sepak bola adalah Zlatan Ibrahimovic. Salah satu pemain sepak bola terkaya di dunia tahun ini, Zlatan Ibrahimovic memiliki kekayaan hingga USD 145 juta. Selain kaya, pemain sepak bola yang satu ini juga memiliki banyak prestasi di klub bola AC Milan.

Pemain bola asal Swedia ini juga memiliki gaji yang tinggi ketika menjadi pemain AC Milan. Gajinya yang sangat tinggi bahkan memunculkan berita pro kontra karena dianggap memberatkan klub.

Zlatan Ibrahimovic lahir pada 3 Oktober 1981. Pemain sepak bola ini mengawali karirnya sejak tahun 1990-an dengan bergabung di klub bola Malmo FF. Kariernya di bidang olahraga sepak bola terus naik ketika bergabung ke Ajax Amsterdam di bawah pelatih Ronald Koeman.

Selain bergabung di dua klub sepak bola tersebut, Zlatan Ibrahimovic juga pernah bermain untuk beberapa klub sepak bola lainnya. Misalnya, Juventus, inter Milan, Barcelona, Paris Saint Germain, LA Galaxt, dan Manchester United.

Zlatan Ibrahimovic juga merupakan salah satu atlet atau pemain bola dengan segudang prestasi. Apa saja prestasi di lapangan sepak bola yang pernah ia raih? Berikut ini beberapa prestasi dari Zlatan Ibrahimovic, yaitu:

  • Bola Emas
  • Penghargaan Puskas FIFA
  • Golden Foot
  • Kerringpriset
  • Pemain Terbaik Serie A
  • MLS Best XI
  • Pemain Asing Terbaik Serie A
  • MLS Newcomer of the Year Award

7. Wayne Rooney

Wayne Rooney termasuk ke dalam 7 pemain sepak bola terkaya di dunia. Pemain yang menghabiskan banyak waktu berkarirnya di Manchester United ini memiliki kekayaan hingga USD 145 juta. Selain menjadi salah satu atlet terkaya, Wayne Rooney juga memiliki segudang prestasi di lapangan sepak bola.

Wayne Rooney lahir pada 24 Oktober 1985. Ia mulai bermain sepak bola sejak umur 9 tahun dengan bergabung di timnas muda Everton. Karier professional di dunia sepak bola ia rintis sejak menginjak umur 16 tahun di tahun 2002.

Selain bermain di klub bola Manchester United sejak tahun 2004 hingga 2017, Wayne Rooney juga sempat bergabung dengan berbagai klub sepak bola lainnya. Misalnya, Everton, DC United, dan Derby County.

Kini Wayne Rooney fokus berkarir sebagai pelatih di Derby Country.

8. Gareth Bale

Atlet sepak bola terkaya sekaligus memiliki banyak prestasi adalah Gareth Bale. Hasil kerja kerasnya di dunia sepak bola membuat Gareth Bale memiliki kekayaan hingga USD 145 juta. Pemain sepak bola yang satu ini lahir di Britania Raya pada 16 Juli 1989.

Nama Gareth Bale mulai dikenal banyak orang setelah menampilkan performa berkualitas saat bermain bersama Real Madrid. Gareth Bale bahkan sukses meraih trofi bergengsi Liga Champions Eropa bersama tim sepak bola Real Madrid. 

Selain bermain di klub bola Real Madrid, Gareth Bale juga pernah bermain di klub sepak bola Southampton dan Tottenham Hotspur. Ia juga menjadi salah satu pemain sepak bola yang memperkuat Tim Nasional Wales.

Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh Gareth Bale atas performa-nya di lapangan sepak bola, yaitu:

  • Penghargaan Pemain Terbaik PFA
  • Penghargaan Liga Utama Inggris untuk Pemain Terbaik
  • Pemain Terbaik Tahunan versi FWA
  • Penghargaan Football League untuk Pemain Muda Terbaik
  • BBC Wales untuk Olahragawan Berkepribadian Terbaik 
  • Pemain Terbaik Tahunan Tottenham Hotspur FC

9. Paul Pogba

Pemain sepak bola terkaya di dunia lainnya adalah Paul Pogba. Pemain sepak bola profesional yang satu ini memiliki total kekayaan hingga USD 125 juta.Pemain bola terkaya di dunia ini lahir di Prancis pada 15 Maret 1993.

Performa Paul Pogba yang bagus di dunia sepak bola membuatnya dipercaya untuk memperkuat Tim Nasional Prancis sejak tahun 2008 hingga saat ini. Selain bermain di tim nasional, Paul Pogba juga bergabung di klub sepak bola.

Ia pernah bergabung ke klub bola Manchester United di tahun 2011 hingga 2012. Kemudian, ia memutuskan untuk bergabung di klub bola Juventus sejak 2012 hingga 2016. Pada tahun 2016 hingga 2022, Pogba kembali bermain di Manchester United.

Namun, kini Paul Pogba kembali memperkuat tim sepak bola klub Juventus.

Selama berkarir di dunia sepak bola, Paul Pogba sempat mendapat gelar kehormatan Chevalier de la Légion d’honneur pada tahun 2018. Selain mendapat gelar, ia juga memiliki beberapa prestasi membanggakan.

Beberapa prestasi di dunia olahraga yang pernah diraih Paul Pogba, yaitu:

  • Golden Boy
  • Pemain Muda Terbaik Piala Dunia FIFA 2014
  • Penghargaan Bravo
  • UEFA Team of the Year
  • FIFA FIFPro World XI
  • ESM Team of the Year
  • Pengumpan Gol Terbanyak di Serie A 2015-2016
  • UEFA Europa League Player of the Season
  • UEFA Men’s Player of The Year Award 

10. Andres Iniesta

Andres Iniesta juga termasuk ke daftar 10 pemain sepak bola terkaya di dunia. Pemain sepak bola asal Spanyol ini lahir pada tanggal 11 Mei 1984. Ia memiliki tinggi badan 170 m.

Karier yang ia bangun di dunia sepak bola professional berhasil mengantarkannya untuk memiliki kekayaan hingga USD 120 juta. Selain fokus berkarir di lapangan sepak bola, Andres Iniesta juga memiliki beberapa bisnis yang terus berkembang.

Selain kaya, Andres Iniesta juga memiliki banyak prestasi selama menempuh karirnya sebagai pemain sepak bola.

Ketika bergabung dalam klub sepak bola Barcelona selama 16 tahun, Andres Iniesta berhasil mencetak 35 gol ke gawang lawan dan 65 assist. Kini, salah satu pesepakbola terkaya ini bergabung ke klub bola Vissel Kobe, salah satu klub di Liga Jepang.

Selain itu, Andres Iniesta juga pernah bermain sepak bola untuk memperkuat Tim Nasional Spanyol. 

Andres Iniesta juga mendapatkan beberapa penghargaan di dunia sepak bola. Misalnya, Penghargaan Pemain Pria Terbaik UEFA Tahun ini dan FIFPro World XI.

Penutup

Itulah informasi mengenai daftar pemain sepak bola terkaya di dunia. Kekayaan yang mereka dapatkan bukan hanya berasal dari karier di dunia sepak bola, tetapi juga berasal dari berbagai sumber lainnya seperti bisnis, dunia entertainment dan masih banyak lagi.