perbedaan darah haid dan istihadhah

5 Perbedaan Warna Darah Haid dan Istihadhah, Jangan Keliru!

Perbedaan warna darah haid dan istihadhah – Samakah warna darah haid dan istihadhah? Meski sering dinilai tampak sama, sebenarnya ada perbedaan warna darah haid dan istihadhah. Dalam Islam dua hal tersebut juga telah dibahas.

Mengenal Darah Haid dan Istihadhah

Menurut ajaran Islam, darah haid tidaklah sama dengan darah istihadhah. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa darah haid karakteristiknya berwarna hitam dan wanita bisa mengenalinya. Darah haid merupakan darah hasil proses menstruasi yang biasanya terjadi sebulan sekali. 

Sementara istihadhah merupakan darah yang keluar bukan karena sedang haid atau nifas (setelah melahirkan). Istihadhah dapat terjadi karena suatu sakit tertentu dan durasi waktunya lebih lama. Dalam hal ini, memang seringkali wanita bingung ketika ada darah yang keluar. 

Apabila merasa darah tersebut keluar pada waktu yang kurang tepat, maksudnya tidak sesuai jadwal datang bulan seperti biasanya tentu perlu dicek. Apalagi jika keluarnya darah tersebut disertai rasa sakit atau dalam jangka waktu yang lama. 

Apa Bedanya Darah Haid dan Istihadhah?

Berkaitan dengan itu, maka sebaiknya wanita perlu tahu perbedaan warna darah haid dan istihadhah. Dengan begitu, akan lebih jelas hukumnya dalam beribadah. Berikut beberapa perbedaan keduanya berdasarkan ciri-cirinya.

1. Darah Haid Hitam 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, darah haid normalnya berwarna merah kehitaman. Terutama saat awal datang bulan, biasanya darah yang keluar berwarna merah gelap atau lebih ke arah hitam.

Mengapa warna darah haid hitam? Darah yang terlalu lama tersimpan dalam rahim dapat mengalami oksidasi sehingga berubah warna agak kehitaman. Untuk itu, ketika keluar pun darah haid berwarna demikian. 

Namun, pada darah menstruasi pada wanita tidak selalu berwarna merah kehitaman. Bisa juga merah terang atau merah muda. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi seperti hormon, makanan, maupun siklus menstruasi.

2. Darah Istihadhah Merah Terang

Belum waktunya datang bulan tapi keluar darah, berbahayakah? Bisa jadi itu darah istihadhah yang ciri umumnya berwarna merah segar atau terang. Soal bahaya atau tidaknya, hal tersebut perlu dikonsultasikan ke dokter. Ditambah lagi, jika disertai rasa sakit. 

3. Bau Darah

Untuk mengenali lebih lanjut tidak hanya terlihat dari perbedaan warna darah haid dan istihadhah, tetapi juga bisa dari baunya. Bau darah haid aromanya khas dan wanita mudah mengenalinya meski tercium tidak enak. 

Sebaliknya, darah istihadhah tidak beraroma busuk. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan darah istihadhah termasuk darah biasa bukan darah dari penebalan dinding rahim yang mengalir sebagai bentuk proses menstruasi.

4. Tekstur Darah

Selain perbedaan warna darah haid dan istihadhah, hal lainnya dapat diamati dari kondisi teksturnya. Darah haid cenderung lebih kental dan sifatnya keras atau kaku. Sementara darah istihadhah lebih cair dan lunak. 

5. Sifat Pembekuan Darah

Ciri darah haid dan istihadhah berikutnya, yakni melalui sifat pembekuan darah keduanya. Darah haid tidak mudah membeku, sedangkan darah istihadhah mudah membeku ketika keluar. Hal tersebut dikarenakan darah istihadhah yang berasal dari darah biasa. 

Meski demikian, bagi penderita hemofilia (darah sukar membeku) tentu kasusnya berbeda lagi. Sebab itu, jika terjadi suatu kondisi yang dirasa kurang nyaman atau tidak sesuai biasanya tentu lebih baik segera diperiksakan. 

Demikian info mengenai perbedaan warna darah haid dan istihadhah yang semoga dapat menambah wawasan para wanita khususnya muslimah. Dengan adanya info ini diharapkan dapat membantu membedakan darah haid dan istihadhah sehingga lebih jelas hukum ibadahnya.