Quality Time Bersama Anak
Image Properti Xframe.io,

Inilah Pentingnya Quality Time Bersama Anak Anda

Di dunia yang sibuk saat ini, pekerjaan, pekerjaan rumah tangga, dan aktivitas sosial semuanya membebani waktu Anda bersama anak Anda.

Tetapi seperti yang Anda ketahui, Anda harus menghabiskan waktu berkualitas bersama. Ini membantu memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, dan membuat anak Anda tahu bahwa Anda dapat dipercaya dan diandalkan.

Anak-anak yang menghabiskan waktu berkualitas dengan orang tua mereka sering kali berprestasi lebih baik di sekolah, dan unggul dalam kegiatan ekstrakurikuler, hobi atau olahraga. Dan meskipun itu bisa ‘dijadwalkan’ sampai tingkat tertentu, itu adalah sesuatu yang terjadi ketika Anda tidak mengharapkannya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anak Anda dalam suasana santai dan melakukan hal-hal bersama yang Anda berdua nikmati.

Pastinya Anda akan bertanya pada diri Anda sendiri, “Di mana saya akan menemukan waktu? Jadwal saya cukup padat!” Nah, untuk sesuatu yang sama pentingnya dengan anak Anda, Anda harus mulai menggali jadwal padat itu dan menemukan waktu. Memprioritaskan adalah kuncinya.

Berikut ini beberapa saran bermanfaat tentang cara memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menemukan waktu berkualitas di tempat yang paling tidak Anda harapkan.

Lihatlah daftar tugas rumah tangga Anda dan putuskan mana yang dapat dibiarkan dibatalkan atau dilakukan. Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan untuk meninggalkan hal-hal tertentu sampai setelah anak Anda pergi tidur untuk memanfaatkan waktu bersama sebaik-baiknya.

Ubah beberapa rutinitas sehari-hari Anda bersama-sama. Nyanyikan beberapa lagu konyol favorit dalam perjalanan ke tempat penitipan anak, atau jadikan perjalanan ke dan dari sekolah sebagai kesempatan bagus untuk mendiskusikan apa yang terjadi dalam kehidupan anak Anda.

Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, sadarilah bahwa setiap anak membutuhkan perhatian pribadi Anda. Anda mungkin benar-benar harus melakukan banyak hal untuk mewujudkannya, tetapi cobalah untuk fleksibel dan kreatif saat menghabiskan waktu bersama setiap anak Anda. Dan apa pun yang terjadi, jangan lewatkan waktu-waktu individual itu dengan setiap anak.

BACA JUGA :  Membangun Harga Diri Anak Anda

Dengan melakukan itu, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa mereka lebih rendah dalam daftar prioritas daripada dry cleaning atau belanja bahan makanan.

Anak-anak berkembang dengan stabilitas dan rutinitas, jadi rencanakan waktu berkualitas Anda agar dapat berlangsung secara teratur. Mungkin Anda bisa mengajak anjing jalan-jalan bersama di pagi hari akhir pekan, melakukan perjalanan belanja bersama, membuat jadwal malam setiap minggu untuk makan malam bersama, atau melakukan perjalanan ke taman.

5 Cara Mencapai Quality Time Bersama Anak

Tetapkan waktu khusus untuk anak Anda:

Berkomunikasilah dengan anak Anda setiap hari, baik itu sebelum atau sesudah sekolah, saat istirahat atau sebelum tidur, dan sisihkan waktu khusus untuk kegiatan bersama anak Anda. Ini juga bisa menjadi waktu keluarga yang menyenangkan karena Anda dan pasangan bisa memanfaatkan waktu bersama bayi, atau Anda bisa bergantian dengan bayi sesuai jadwal bebas Anda.

Singkirkan semua gangguan:

Saat Anda menghabiskan waktu bersama anak Anda, pastikan untuk menjauh dari semua teknologi dan nyalakan smartphone dan hindari melakukan pekerjaan rumah atau pekerjaan kantor saat ini. Hindari mengirim atau menerima pesan dan panggilan selama waktu ini dan menghindari musik komersial TV kecuali itu adalah bagian dari aktivitas Anda.

Biarkan anak Anda memutuskan apa yang akan dimainkan:

Baik mereka ingin bersepeda, bermain game, membuat kue, atau melakukan seni dan kerajinan, biarkan mereka memilih apa yang membuat mereka bahagia dan menjadi bagian dari aktivitas tersebut.

BACA JUGA :  Inilah Cara Mengajari Anak Sikap Hormat dengan Cara Menghargai Mereka

Habiskan banyak waktu untuk tertawa bersama:

Ceritakan banyak lelucon dan tertawa bersama anak-anak Anda, tawa itu baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Orang tua sebagai teman:

Anda perlu memperlakukan anak Anda seperti seorang teman untuk mendapatkan kepercayaannya tidak peduli betapa sulitnya itu. Cara terbaik untuk terhubung dengan mereka adalah mengetahui kapan harus berperan sebagai orang tua dan kapan harus menjadi teman.