Stadion sepak bola terbesar di dunia

Stadion sepak bola Terbesar Di Dunia: Indonesia Masuk List!

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak digemari di dunia. Tak sedikit ajang sepak bola yang bergengsi dilaksanakan. Stadion sepak bola terbesar di dunia sering menjadi sorotan untuk ajang-ajang bergengsi, seperti liga champion dan lain sebagainya.

15 Stadion Terbesar Di Dunia

Stadion merupakan tempat untuk pertandingan olahraga, salah satunya sepak bola. Terdiri dari lapangan baik Sebagian atau seluruhnya dan dikelilingi oleh bangku penonton, setidaknya dalam satu negara memiliki stadion kebanggan dengan kapasitas tertentu.  

Besar dan kecilnya suatu stadion dipengaruhi oleh kapasitas penontonnya. Semakin banyak penontonnya maka semakin besar juga stadion tersebut. setidaknya stadion yang digunakan untuk sepak bola memiliki kapasitas 10.000 penonton.

Meski mungkin banyak orang tahu tentang sepak bola, nyatanya tak banyak orang tahu tentang stadion terbesar di dunia. Berikut beberapa stadion sepak bola terbesar di dunia:

1. Stadion Rungrado May Day

Stadion no 1 ini terletak di tempat yang bisa dibilang negara yang paling terisolasi di dunia, yakni Korea Utara, tepatnya di Pyongyang ibu kota Korea Utara. Memiliki kapasitas penonton terbanyak yakni 150.000 orang, stadion ini menjadi yang terbesar di dunia.

Sempat direnovasi pada tahun 2014, stadion Rungrado May Day dibuka Kembali pada tahun 2015. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah gelaran tahunan Olimpiade Arirang yang merupakan pertunjukan senam terbesar di dunia.

2. Stadion Stade Des Martyrs

Urutan ke 2 ada stadion Stade Des Martyrs yang memiliki kapasitas penonton maksimal sebanyak 125.000 orang, namun untuk kapasitas pertandingan internasional sebanyak 80.000. Stadion ini Terletak di kota Lingwala di Kinshasa, ibu kota Republik Demokratik Kongo.

Stadion ini merupakan kendang dari tim nasional Republik Demokratik Kongo dan dua klub ibu kota yakni DC Motema Pembe dan AS Vita Club.

3. Stadion AT&T

Stadion sepak bola terbesar di dunia selanjutnya adalah stadion AT&T. Merupakan tuan rumah dari tim sepak bola Amerika Dallas Cowboys, stadion ini memiliki kapasitas 105.000 penonton. Terletak di Arlington Texas, stadion ini atapnya bisa dibuka lho.

Tak hanya itu, stadion ini juga terdapat layer televisi berdefinisi tinggi yang merupakan terbesar di dunia. Tak heran jika stadion ini juga dijuluki sebagai stadion termahal di dunia.

4. Stadion Melbourne Criket Ground

Sesuai Namanya, stadion ini terletak di Melbourne Australia. Meski Namanya stadion criket, stadion ini juga sering dijadikan venue olahraga sepak bola. Pada tahun 1997, stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional pertama yang diakui FIFA. 

Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah pertandingan yang melibatkan klub besar Eropa, seperti Manchester United, Juventus, dan banyak lagi. Stadion yang sering disebut “The G” ini memiliki kapasitas penonton 100.024 orang.

5. Stadion Camp Nou

Merupakan kandang dari klub bola populer, FC Barcelona, Camp Nou merupakan salah satu stadion Eropa terbesar. Memiliki kapasitas sekitar 99.354 penonton, stadion ini berbasis di Barcelona, Spanyol.

Saat ini stadion Camp Nou sedang menjalani rekonstruksi besar-besaran dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2022 ini. 

6. Stadion Azadi

Stadion sepak bola terbesar di dunia satu ini merupakan markas dari timnas sepak bola Iran serta klub sepak bola Esteghlal FC dan Persepolis FC.

Pernah dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya Asian Games 1974, Azadi stadium mampu menampung 95.225 penonton. Terletak di kota Tehran, Iran, stadion ini juga menjadi stadion terbesar di Timur Tengah.

7. Stadion FNB

Selanjutnya stadion sepak bola terbesar di dunia yakni FNB Stadium. Merupakan salah satu stadion terbesar di Afrika, stadion ini terletak di kota Johannesburg, Afrika Selatan. Dikenal sebagai Soccer City, stadion ini pernah menjadi tuan rumah piala dunia FIFA 2010.

Memiliki kapasitas sebesar 94.736 penonton, stadion ini sebenarnya baru selesai dibangun pada tahun 2009.

8. Stadion Rose Bowl

Terletak di Pasadena, California, stadion ini sebenarnya lebih terkenal sebagai stadion American football daripada sepak bola. Namun, stadion ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan dua putaran final piala dunia FIFA karena merupakan stadion terbaik.

Dibangun sekitar tahun 1933 dan sering direnovasi, saat ini stadion Rose Bowl memiliki kapasitas 92.542 penonton. Tak heran jika stadion ini merupakan salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia.

9. Stadion Wembley

Stadion kebanggaan masyarakat London Inggris ini berkapasitas 90.000 penonton. Dilansir merupakan salah satu stadion termegah, Wembley memiliki lengkungan raksasa yang berfungsi sebagai tiang utama, struktur penyangga atap.

Saking megahnya, stadion ini selalu menjadi venue final Piala Asosiasi sepak bola (FA). Pembangunan stadion ini berawal tahun 2002 dan selesai pada tahun 2007.

10. Stadion Gelora Bung Karno

Merupakan stadion kebanggaan masyarakat Indonesia, stadion Gelora Bung Karno menjadi salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia. Tak hanya itu, stadion ini juga merupakan salah satu stadion asia tenggara terbesar.

Awalnya stadion ini mampu menampung 120.000 penonton, namun karena mengalami renovasi maka kapasitas penontonnya dikurangi menjadi 90.000. Meski seperti itu stadion ini menjadi tempat paling berkesan ketika menonton sepak bola.

11. Stadion Estadio Azteca

Bertempat di Mexico City, stadion ini selesai di bangun pada tahun 1966. Dengan kapasitas penonton 87.523 orang, stadion ini memiliki ruang pribadi untuk menampung klien korporat besar. Setidaknya terdapat 856 ruang pribadi yang merupakan tempat duduk premium.

Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah piala dunia tahun 1970 dan 1986 serta banyak pertandingan bergengsi lainnya seperti Piala konfederasi FIFA dan Gold Cup.

12. Stadion Nasional Bukit Jalil

Salah satu stadion yang juga terletak di asia tenggara tepatnya di Malaysia ini juga merupakan salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia. Menjadi kendang dari tim nasional sepak bola Malaysia stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah kompetisi internasional.

Berkapasitas 87.411 penonton, menjadikan stadion ini terbesar di Asia tenggara.

13. Stadion Borg El Arab

Selesai dibangun tahun 2007, stadion yangberadi di Mesir ini mampu menampung penonton sebesar 86.000 orang. Menjadi stadion terbesar kedua di Afrika, awalnya dibangun untuk persiapan piala dunia 2010, namun sayangnya Mesir gagak menjadi tuang rumah piala dunia.

Namun pada tahun 2017, stadion ini pernah penuh sesak oleh penonton selama pertandingan kualifikasi piala dunia 2018 antara Mesir dan Kongo.

14. Stadion Australia

Stadion sepak bola terbesar di dunia selanjutnya adalah Stadion Australia. Biasa disebut Accor stadium, stadion ini memiliki kapasitas maksimal 83.500 penonton. Stadion ini sebenarnya sering digunakan untuk olahraga rugby, namun tak jarang juga digunakan untuk sepak bola.

15. Santiago Bernabeu

Stadion markas salah satu klub raksasa Spanyol Real Madrid ini menjadi salah satu stadion terbesar di dunia. Dengan kapasitas penonton 81.044 orang, stadion ini sudah menjadi rumah pertandingan kendang Real Madrid sejak 1947.

Stadion ini tak hanya terbesar di dunia, namun merupakan stadion terbesar ke-2 di Spanyol dan ke-3 di Eropa. Selain menjadi kendang Real Madrid, stadion ini juga sering menjadi tempat final Champions League bahkan Copa Libertadores.

Penutup

Itulah tadi beberapa stadion sepak bola terbesar di dunia. Untuk Anda pecinta sepak bola pasti ada salah satu dari stadion tersebut yang ingin Anda kunjungi. Jadi ingin mengunjungi yang mana nih? Semoga bermanfaat.