Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa
Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik apabila ingin mendapatkan beasiswa. Terkadang dalam membuat surat rekomendasi ini tidak sedikit yang kesulitan bahkan keliru dan kemudian beasiswa yang diajukan juga ditolak.

Surat rekomendasi ini bisa dibilang mempunyai fungsi yang sama seperti cv beasiswa dan selalu menjadi syarat dalam pengajuan program beasiswa. Namun ternyata banyak yang sering kebingungan dalam membuat surat ini, padahal sebenarnya surat ini tidak sulit dibuat.

Pengertian Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa biasanya dibuat oleh guru, atasan, dosen atau peneliti yang bisa memberikan penilaian untuk pelamar beasiswa. Surat ini berisi tentang rekomendasi potensi diri pelamar.

Sehingga dalam rekomendasi tersebut dinyatakan bahwa pelamar beasiswa layak untuk mendapatkan beasiswa. Biasanya surat ini lebih menjelaskan tentang profil pelamar dari sudut pandang orang lain yang dibuat secara objektif.

Dengan surat rekomendasi anda bisa mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan beasiswa dan memudahkan tim seleksi untuk menjaring nama yang mengikuti program beasiswa. Maka dari itu surat ini bisa memberikan poin yang penting.

Cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa biasanya sudah disediakan format surat rekomendasi beasiswa pdf oleh universitas yang memberikan program beasiswa. Namun tidak semua universitas menyediakan format tersebut.

Biasanya format disediakan dengan poin-poin wajib berisi pertanyaan yang dianggap sebagai poin penting bagi data diri pelamar beasiswa. Poin tersebut menjadi acuan bagi universitas menetapkan standar pelamar beasiswa yang akan diterima.

Jika tidak ada format yang sudah ditentukan oleh universitas tujuan, maka anda bisa membuat surat secara mandiri. Atau bahkan ada universitas yang mewajibkan pelamar membuat surat rekomendasi secara mandiri sebagai salah satu syarat beasiswa.

Untuk membuat surat rekomendasi secara mandiri, anda harus berhati-hati dan mencari contoh penulisan surat yang baik dan benar. Atau anda bisa juga meminta bantuan dari orang yang sudah berpengalaman untuk membuat surat ini.

Penting juga untuk anda menentukan siapa yang akan diminta menulis rekomendasi untuk Anda. Akan lebih baik jika anda mendapatkan surat rekomendasi beasiswa dalam bahasa Inggris langsung dari referensi luar negeri.

Jenis-Jenis Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa terbagi dalam tiga jenis secara umum dan yang paling banyak dibuat atau digunakan. Simak berikut ini beberapa penjelasan jenis surat rekomendasi tersebut.

1.Employment Recommendation

Surat rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa jenis ini biasanya dibuat oleh atasan atau supervisor secara langsung menilai kinerja anda di perusahaan. Seperti namanya surat rekomendasi ini biasanya dibuat bagi anda yang sudah memiliki pengalaman dalam bekerja.

Biasanya surat rekomendasi ini juga dibuat untuk pekerja atau karyawan yang ingin melanjutkan kuliah atau ditugaskan untuk kuliah dari perusahaan. Biasanya surat rekomendasi Bank Indonesia bisa menjadi poin terbaik untuk lolos mendapat beasiswa.

2. Academic Recommendation

Surat ini adalah surat rekomendasi akademik yang diberikan oleh guru maupun dosen dengan melihat dari penilaian kemampuan akademis maupun non akademis. Surat ini diberikan setelah pelamar mengikuti kegiatan perkuliahan maupun pembelajaran di instansi pendidikan.

Biasanya di dalam surat rekomendasi akademik ini berisi bukan hanya kemampuan akademik saja namun ada juga bentuk kreativitas maupun keaktifan di organisasi. Contoh surat rekomendasi beasiswa dari dosen termasuk dalam jenis academic recommendation.

3. Character Reference

Rekomendasi ini biasanya dibuat oleh seseorang yang merupakan tokoh terkenal mempunyai hubungan personal terhadap pelamar beasiswa. Contohnya jika anda merupakan seorang aktivis tokoh politik maka tokoh tersebut bisa memberikan surat rekomendasi.

Biasanya rekomendasi ini dibuat secara pribadi antara pemberi referensi dengan penyedia beasiswa dari perguruan tinggi. Bahkan surat ini biasanya ditandatangani langsung oleh pemberi referensi dan dikirimkan dalam amplop tertutup, walaupun bisa juga melalui email.

Rekomendasi dari tokoh pemberi referensi ini bisa menjadi poin yang sangat menentukan anda mendapatkan beasiswa. Banyak juga contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP dari dosen yang termasuk dalam jenis character reference ini.

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Cara mendapatkan surat rekomendasi untuk bisa mendapat beasiswa bisa dibuat secara mandiri atau meminta rekomen kepada pemberi referensi. Jika anda ingin mendapatkan surat rekomendasi dari atasan atau manajer bisa langsung memohon surat rekomendasi.

Jika memang dari perusahaan tersebut sudah memberikan tugas kepada anda untuk berkuliah biasanya juga sudah diberikan surat rekomendasi. Jika anda ingin mendapatkan beasiswa dari tokoh terkenal bisa membuat surat permohonan pembuatan rekomendasi beasiswa.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan surat tersebut dengan membuatnya secara mandiri untuk diisi oleh kerabat maupun guru dan dosen. Untuk membuat surat rekomendasi mandiri anda hanya perlu menyiapkan surat untuk diisi oleh pemberi referensi.

Guru dari sekolah menengah biasanya juga memberikan surat rekomendasi untuk beasiswa, tapi ada juga yang tidak memberikan surat tersebut. Untuk mendapatkan surat rekomendasi dari guru anda bisa menghubungi pihak sekolah untuk meminta surat rekomendasi.

Jika memang dibutuhkan persyaratan sebaiknya anda melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan pihak sekolah untuk membuat surat rekomendasi. Dengan begitu proses pembuatan surat rekomendasi untuk beasiswa juga bisa cepat selesai.

Sebelum meminta rekomendasi anda juga bisa menyiapkan beberapa berkas seperti ijazah, CV dan transkrip nilai. Buatlah surat yang berisikan perkenalan pembuka tentang profil, jurusan, tahun dan angkatan lulus serta pengantar lainnya kepada pemberi referensi.

Biasanya pemberi rekomendasi juga bisa melakukan wawancara untuk bisa memberikan rekomendasinya. Maka dari itu anda harus mempersiapkan penjelasan mengenai alasan kenapa membutuhkan surat rekomendasi.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Sederhana

20 November 2022

Kepada

Yth. Koordinator Beasiswa

Universitas Gadjah Mada

di tempat

Dengan hormat,

Saya Rahmat adalah dosen fakultas ilmu budaya Universitas Galuh merekomendasikan Dadan Hidayat dalam program beasiswa Universitas Gadjah Mada. Saya telah mengenal Dadan Hidayat dalam 4 tahun terakhir.

Sebagai mahasiswa Dadan telah berhasil melakukan kewajibannya dan mengesankan dosen serta rekan-rekan lain dengan tekad, fokus dan semangatnya. Dadan juga mempunyai sikap proaktif dan tidak pernah memiliki keraguan untuk mendapatkan visi serta tujuannya.

Saya terkesan pada sikap Dadan yang mudah bergaul serta baik dan memiliki attitude yang sopan terhadap semua orang. Dadan juga sangat aktif dalam berbagai macam kegiatan keorganisasian selalu membantu organisasinya untuk mengatasi berbagai masalah.

Dadan juga merupakan pria yang cerdas secara akademis dan selalu termotivasi dalam melakukan pembelajaran sehari-hari. Dengan penjelasan tersebut saya percaya bahwa Dadan Hidayat layak untuk bisa mendapatkan beasiswa dari Universitas Gadjah Mada.

Apabila anda memiliki pertanyaan lain mengenai saudara Dadan Hidayat, anda bisa menghubungi saya melalui email rachmatramadan@hotmail.com atau telepon di nomor 08165789709.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat

Rahmat Ramadan

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara membuat surat rekomendasi beasiswa dan contohnya yang sederhana untuk membuat surat rekomendasi secara mandiri. Selain surat rekomendasi anda juga harus melampirkan berbagai persyaratan lain agar bisa lolos dalam tahapan seleksi.